Return and Refund Policy

bt_bb_section_bottom_section_coverage_image
  1. Aplikasi untuk pengembalian barang atau dana

Menurut syarat dan ketentuan dalam Kebijakan Pengembalian barang dan Pengembalian dana ini serta Syarat Layanan, Pembeli dapat mengajukan pengembalian barang yang dibeli dan/atau pengembalian uang sebelum berakhirnya masa jaminan Hewania sebagaimana tercantum dalam syarat layanan.

Jaminan Hewania adalah sebuah layanan yang disediakan oleh Hewania, dari permintaan Pengguna, untuk membantu Pengguna dalam menghadapi masalah tertentu yang dapat terjadi selama proses transaksi. Pengguna dapat mengkomunikasikan masalah dengan satu sama lain secara privat untuk menyelesaikan perbedaan atau menghubungi otoritas setempat terkait untuk membantu mereka mengatasi perselisihan apa pun sebelum, selama, atau setelah menggunakan Jaminan Hewania

  1. Aplikasi untuk mengembalikan barang

Pembeli hanya dapat mengajukan pengembalian barang dan/atau dana pada kondisi tertentu:

    • Barang belum diterima pembeli
    • Barang rusak, cacat, atau pecah selama pengantaran
    • Penjual telah mengirimkan barang yang tidak sesuai spesifikasi yang telah disetujui (contoh : salah ukuran, warna, dll) oleh pembeli
    • Barang yang telah dikirimkan kepada pembeli berbeda secara material dari deskripsi yang diberikan penjual pada penulisan barang
    • Persetujuan privat dengan penjual dan penjual harus mengirimkan konfirmasi kepada Hewania untuk mengkonfirmasi persetujuan yang telah dibuat.

Permohonan pembeli harus dikirim melalui e-mail hewania.id@gmail.com 10 hari kerja setelah permohonan pengembalian diajukan.

Pembeli yang telah memulai tindakan hukum terhadap Penjual, Pembeli dapat memberikan pemberitahuan resmi dari otoritas yang berwenang kepada Hewania untuk meminta agar Hewania tetap menahan uang pembelian sampai ada penetapan resmi. Hewania akan, atas kebijakannya sendiri dan mutlak, menentukan apakah perlu untuk terus menyimpan uang pembelian tersebut.

  1. Hak Penjual

Ketika Hewania menerima permohonan pengembalian barang dan/atau dana dari pembeli, Hewania akan memberi penjual notifikasi. Penjual harus memberikan respon sebelum hari ke-10 setelah permohonan pengembalian diajukan.

Jika Hewania tidak mendapatkan respon sebelum hari ke-10 setelah permohonan pengembalian maka Hewania akan berasumsi bahwa penjual tidak menjawab permohonan pembeli dan akan melanjutkan untuk memproses permohonan pembeli tanpa pemberitahuan lebih lanjut kepada Penjual. Hewania akan menilai setiap respon penjual berdasarkan kasus per kasus dan, atas kebijakannya sendiri, menentukan apakah permohonan Pembeli diproses sesuai dengan keadaan yang dinyatakan oleh Penjual.

  1. Kondisi barang yang dikembalikan

Untuk menghindari kejadian yang tidak menyenangkan selama pengembalian barang maka, pembeli harus memastikan bahwa barang termasuk barang komplimenter seperti aksesoris dikembalikan kepada penjual dalam kondisi yang sama seperti yang diterima ketika barang diantarkan. Kami akan merekomendasikan pembeli untuk mengambil foto barang dengan kuitansi.

  1. Kewajiban Biaya Pengiriman Produk dan Biaya Pengiriman Kembali
    • Apabila terjadi kesalahan tak terduga dari pihak penjual (contoh: produk rusak, cacat, atau salah dikirim ke pembeli), penjual akan menanggung biaya pengiriman selanjutnya dan biaya pengiriman pengembalian pembeli.
    • Apabila pembeli berubah pikiran, pemebeli harus mendapatkan persetujuan penjual sebelum permohonan pengembalian diajukan dan pembeli akan menanggung biaya pengiriman barang yang dikembalikan.
    • Apabila masing-masing penjual dan pembeli mempermasalahkan pihak yang bertanggung jawab atas biaya pengiriman barang selanjutnya dan biaya pengiriman kembali, Hewania atas kebijakannya sendiri akan menentukan pihak yang bertanggung jawab atas biaya pengiriman barang selanjutnya dan biaya pengiriman kembali.

Untuk menghindari keraguan, penjual harus bertanggung jawab atas biaya pengiriman pembeli dan biaya pengembalian barang apabila terjadi hal-hal seperti yang disebutkan diatas, penjual harus bertanggung jawab atas biaya pengiriman pembeli bahkan jika pembeli menggunakan kupon pengiriman gratis untuk pengiriman produk.

6. Pengembalian dana

Pengembalian dana hanya akan dilakukan setelah Hewania telah menerima konfirmasi dari penjual bahwa penjual telah menerima barang yang dikembalikan. Apabila Hewania tidak mendapatkan konfirmasi dari penjual dalam kurun waktu yang telah ditentukan maka, Hewania bebas untuk mengembalikan dana kepada pembeli tanpa pemberitahuan kepada penjual. Pengembalian dana akan dikirimkan kepada akun bank, kredit, atau debit penjual.

7. Komunikasi antara Pembeli dan Penjual

Hewania menyarankan Pengguna untuk mengkomunikasikan permasalahan yang terjadi selama transaksi. Hewania merupakan sebuah platform bagi Pengguna untuk melakukan perdaganagn, Pembeli harus menghubungi Penjual secara langsung apabila terdapat permasalahan yang berhubungan dengan barang yang dibeli.

hewania
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!