bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Alasan Kenapa Anjing Berketombe! Ternyata Bisa disebabkan Ras juga

May 18, 2023by HEWANIA0

     Tidak hanya manusia yang bisa berketombe, ternyata anjing juga bisa berketombe. Ketombe terjadi ketika serpihan kulit mati pada anjing mulai rontok dan muncul bulu atau dimanapun pada tubuh anjing. Biasanya ketombe pada anjing tampak seperti serpihan putih kering yang mengelupas saat digaruk. Bahkan muncul dipermukaan bulu sepanjang punggung hingga ekor. 

    Dan ketombe pada anjing berarti terdapat masalah yang perlu diselesaikan. Meskipun tidak mengkhawatirkan, jika dibiarkan masalah ini bisa menimbulkan permasalahan-permasalahan lain pada kulitnya. Jadi, sebenarnya apakah ketombe pada anjing? Berikut penjelasan mengenai ketombe pada anjing.

Baca Juga: Waspada GDV pada Anjing! Ketahui Gejala awalnya

Apa Penyebab Anjing Berketombe?

      Kulit anjing memiliki kelenjar sebasea (keringat) yang menghasilkan sebum (minyak) yang berfungsi untuk menjaga kelembaban dan elastisitas kulit. Namun, ketika kelenjar sebasea menghasilkan terlalu banyak sebum maka menyebabkan ketidakseimbangan kulit dan menyebabkan ketombe atau dikenal sebagai dermatitis seboroik. Dermatitis seboroik dibagi menjadi dua yaitu dermatitis seboroik sicca (kering) dan dermatitis seboroik oleosa (basah). 

Penyebabnya antara lain :

  • Diet pakan tidak sehat

   Sama seperti manusia, nutrisi juga memiliki peran penting untuk anjing. Jika mereka tidak mendapatkan vitamin, air atau asam lemak (omega-3 dan omega-6) yang penting untuk kesehatan kulitnya maka bulu mereka tampak kusam sehingga dapat memicu timbulnya ketombe. 

Jadi pastikan beri pakan berkualitas untuk anjing kesayangan anda dan  konsultasikan dengan dokter hewan anda jika ingin mengganti pakannya.

 
  • Jarang menggrooming atau sering menggroming

      Anda pasti senang melihat teman berbulu anda dalam keadaan bersih dan wangi. Grooming merupakan salah satu langkah untuk menjaga kebersihan anjing anda. Namun, perlu anda waspadai grooming yang terlalu sering dapat membuat bulu anjing anda kering dan kulit tidak sehat. Terlalu sering mengajaknya grooming sangat tidak baik untuk kesehatan kulit anjing anda, apalagi anda jarang mengajaknya ke salon untuk grooming! Hal ini juga tidak baik, karena kulit yang kotor dapat memicu pertumbuhan bakteri yang berlebih sehingga menimbulkan ketombe.

  • Kelembaban udara rendah

       Cuaca dingin atau iklim dingin tidak baik untuk anjing anda karena dapat merusak bulunya. Kelembaban udara yang rendah menyebabkan kulit anjing menjadi kering dan banyak lapisan kulit yang akhirnya terkelupas menjadi ketombe.

  • Alergi cuaca atau lingkungan

      Jika anjing anda masih muda atau puppy dan tidak ada gejala lain selain ketombe. Anda perlu mengecek apakah puppy anda mengalami alergi cuaca ataukah alergi di lingkungan tertentu. Anda dapat mengkonsultasikan hal tersebut dengan dokter hewan anda. 

 
  • Infeksi bakteri dan jamur

       Ketombe pada anjing juga bisa muncul akibat adanya infeksi bakteri ataupun jamur. Dan anda perlu mengkonsultasikan dengan dokter hewan anda untuk mendapatkan penyebabnya.

  • Gangguan hormonal

     Penyakit seperti cushing sindrom atau hipotiroid pada anjing juga dapat menyebabkan perubahan pada kulitnya. Imunitas tubuh yang lemah dapat menimbulkan infeksi sekunder. 

 

Apa saja gejala yang paling sering muncul?

  Ketombe sangat mudah diketahui kemunculannya. Perhatikan anjing anda saat pertama kali terserang ketombe, maka awasi dan perhatikan gejala yang muncul :

  1. Menjilat
  2. Menggaruk atau mencakar
  3. Menggigit
  4. Kemerahan pada kulitnya
  5. Bau tidak sedap
  6. Bulu rontok
  7. Muncul keropeng
  8. Perasaan tidak nyaman

     Jika gejala diatas muncul, maka segera konsultasikan dengan dokter hewan anda, karena kemungkinan adanya gangguan lain yang menyertai. 

Ras apa yang rentan terkena ketombe?

     Berikut adalah beberapa anjing yang rentan akan kemunculan ketombe :

  1. Golden retriever
  2. Cavalier king charles spaniels
  3. Yorkshire terrier
  4. Jack russell terrier
  5. Norfolk terrier

Apa pengobatan yang dapat dilakukan?

       Perawatan ketombe yang dapat anda lakukan dirumah antara lain :

  1. Menyisir bulu

      Menyisir bulu anjing secara rutin juga dapat membantu mengangkat bulu mati pada anjing. Selain itu dengan menyisir, dapat meratakan minyak kulit berlebih keseluruh tubuh. Selain itu anda dapat memberikan semprotan pewangi pada tubuh anjing anda. 

 2. Grooming

      Biasanya dokter hewan anda akan memberikan resep shampo untuk anjing anda mandi setelah melakukan pemeriksaan. Penggunaan shampo perlu anda ikuti sesuai dengan petunjuk dan arahan dari dokter hewan. 

 3. Suplemen

    Dokter hewan anda akan memberikan suplemen vitamin asam lemak omega-3 dan omega-6. Perhatikan pemberiannya sesuai dengan anjuran dokter hewan anda. Vitamin ini berfungsi untuk membantu mempercepat regenerasi sel kulit matinya dan menjaga kesehatan kulitnya.

 4. Pakan tepat

    Pemilihan pakan yang tepat dengan kandungan nutrisi yang tepat dan diet seimbang sangat penting untuk anjing anda. Makanan dengan nutrisi yang tepat sebagai penunjang tahapan kehidupan anjing anda. 

 

      Jangan lupa konsultasikan pada dokter hewan anda untuk mencegah ketombe semakin parah. Pengobatan dan pencegahan yang tepat serta rutin bisa meningkatkan kualitas kesehatan anjing anda.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

 

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!