bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Mengenal Alergi Makanan pada Anjing. Dari Mulai Gejala hingga Cara Mengatasinya!

Hewanians, sebagai pemilik anjing, tidak ada yang lebih penting bagi kita daripada melihat teman empat kaki kita sehat dan bahagia. Namun, terkadang masalah kesehatan dapat menghampiri, dan salah satu masalah yang umum terjadi adalah alergi makanan pada anjing. 

Ketika anjing mengalami alergi makanan, pencernaan mereka tidak bisa mentoleransi atau merespons dengan baik terhadap makanan tertentu yang mereka konsumsi. Alergi makanan pada anjing dapat memunculkan berbagai gejala yang mengganggu, seperti muntah, diare, peradangan kulit, gatal-gatal, dan bahkan infeksi telinga yang berulang. Gejala ini dapat mempengaruhi kualitas hidup anjing dan juga menimbulkan kekhawatiran dan kebingungan bagi pemiliknya.

Yuk ketahui penjelasan tentang alergi makanan pada anjing. Dari mulai gejala, penyebab, hingga cara mengatasinya!

Apa Itu Alergi Makanan pada Anjing?

Dilansir dari VCA Hospitals, alergi makanan adalah salah satu alergi atau hipersensitivitas paling umum yang kerap menyerang anjing.  

Pada hewan peliharaan yang alergi, sistem kekebalan mereka menjadi protektif dan membuat antibodi melawan zat yang biasanya bisa ditolerir. Dalam alergi makanan, antibodi ini dihasilkan untuk melawan beberapa bagian makanan, seperti protein atau karbohidrat yang rumit. 

Karena butuh produksi antibodi agar  alergi berkembang, biasanya alergi makanan timbul ketika anjing melakukan mengkonsumsi makanan tertentu.

Gejala Alergi Makanan pada Anjing

Alergi makanan pada anjing dapat menimbulkan sejumlah gejala yang mengganggu. Salah satu gejala yang umum adalah kulit gatal yang berlebihan. Anjing mungkin akan terlihat sering menggaruk atau menggigit bagian kulit yang terasa gatal. Selain itu, infeksi telinga atau infeksi kulit juga bisa terjadi sebagai akibat dari alergi makanan.

Namun selain gatal-gatal, ada beberapa gejala alergi makanan pada anjing yang perlu kamu perhatikan:

  • Infeksi telinga/infeksi kulit 
  • Menjilat/mengunyah kaki 
  • Diare 
  • Muntah 
  • Penurunan berat badan 
  • Kejang-kejang

Penyebab Alergi Makanan pada Anjing

Protein seringkali menjadi alergen makanan paling umum yang memicu reaksi alergi pada anjing. Beberapa protein yang paling sering terkait dengan alergi makanan anjing meliputi susu, daging sapi, ayam, telur ayam, kedelai, dan gluten gandum. 

Ketika anjing mengonsumsi makanan yang mengandung protein-protein ini, sistem kekebalan tubuh mereka merespons dengan menghasilkan antibodi terhadap antigen tersebut, yang kemudian menyebabkan gejala alergi.

Meskipun protein adalah penyebab alergi paling umum, hampir semua bahan makanan memiliki potensi untuk menyebabkan alergi pada anjing. Beberapa anjing mungkin juga mengalami reaksi alergi terhadap zat atau aditif lain yang terkandung dalam makanan mereka. 

Oleh karena itu, penting bagi pemilik anjing untuk memperhatikan reaksi anjing terhadap berbagai bahan makanan yang dikonsumsi.

Cara Mengobati Alergi Makanan pada Anjing

Setiap anjing mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, oleh karena itu, penting untuk bekerja sama dengan dokter hewan untuk menemukan obat yang paling efektif dan aman untuk anjing Anda.

Di sisi lain, pemilihan obat yang tepat dapat menjadi langkah krusial dalam mengelola dan meredakan gejala yang ditimbulkan. Berikut ini rekomendasi dokter hewan Hewania untuk obat alergi makanan pada anjing:

1. Happy Dog Sensible Africa

Sumber protein yang sangat unik dan jarang digunakan dalam industri pet food yaitu dari ostrich (burung unta) membuat sensible africa ini sangat direkomendasikan oleh dokter hewan untuk anjing yang alergi makanan atau intoleransi terhadap beberapa protein

Tak hanya itu, Happy Dog Sensible Africa juga mengandung sumber karbohidrat dari kentang sehingga sangat aman untuk anjing yang intoleransi terhadap biji-bijian.  Poduk juga tersedia untuk anjing ras kecil/mini dengan ukuran dibawah 10kg,

Beli produknya disini

2.Happy Dog Sensible India

Komposisi vegetarian, protein full dari nabati, direkomendasikan oleh dokter hewan untuk hewan yang hipersensitif (intoleransi terhadap banyak protein hewani). Happy Dog Sensible India mengandung sumber protein nabati dari kacang polong dan beras. Obat ini juga bebas gandum dan gluten-free

Beli produknya disini

3.Happy Dog Sensible Montana 

Happy Dog Sensible Montana yang menawarkan sumber protein yang sangat unik dan jarang digunakan dalam industri makanan hewan. Mereka menggunakan daging kuda sebagai sumber protein utama dalam formula makanan mereka. 

Keunikan ini menjadikan Happy Dog Sensible Montana sebagai pilihan yang sangat direkomendasikan oleh dokter hewan, terutama untuk anjing yang menderita alergi makanan atau intoleransi terhadap beberapa protein tertentu. Selain itu, Happy DogSensible Montana juga merupakan makanan yang bebas dari biji-bijian (grain-free) dan gluten. Poduk juga tersedia untuk anjing ras kecil/mini dengan ukuran dibawah 10kg,

Beli produknya disini

4. Happy Dog Sensible Pure

Happy Dog Sensible Pure (Wet Food) adalah pilihan makanan yang dapat dijadikan alternatif bagi mereka yang menerapkan pola makan BARF (Biologically Appropriate Raw Food) untuk anjing mereka. 

Makanan ini diformulasikan dengan bahan-bahan yang terbuat dari 100% protein hewani, Selain itu, Happy Dog Sensible Pure (Wet Food) juga merupakan makanan bebas biji-bijian (grain-free) yang menghilangkan kandungan gandum dan juga diperkaya dengan vitamin E.

Beli produknya disini

5. Happy Dog Vet Hypersensitivity

Happy Dog Vet Hypersensitivity adalah pilihan makanan yang sangat tepat bagi anjing yang saat ini mengalami alergi atau intoleransi terhadap makanan. Dengan menggunakan pendekatan “single protein” dan “single carbohydrate”, makanan ini dirancang khusus untuk mengurangi risiko reaksi alergi atau intoleransi pada hewan peliharaan.

Dalam Happy DogVet Hypersensitivity , protein yang digunakan berasal dari burung puyuh, yang dianggap sebagai sumber protein tunggal. Dengan menggunakan satu sumber protein yang terpilih, makanan ini membantu membatasi anjing dari paparan protein lain yang dapat memicu reaksi alergi atau intoleransi makanan.

Selain itu, karbohidrat dalam makanan ini berasal dari Italian sweet chestnut atau biji kenari, yang juga dianggap sebagai sumber karbohidrat tunggal. Dengan menggunakan satu sumber karbohidrat, Happy Dog Vet Hypersensitivity membantu menghindari paparan terhadap berbagai jenis karbohidrat yang mungkin memicu reaksi alergi atau intoleransi pada anjing.

Makanan ini juga sangat cocok untuk digunakan dalam elimination diet. Happy Dog Vet Hypersensitivity juga bebas biji-bijian (grain-free) dan bebas gluten.  Selain itu, makanan ini mengandung skin-active nutrients yang secara khusus dirancang untuk mendukung kesehatan kulit anjing.  Sebaiknya digunakan atas rekomendasi dokter hewan atau dalam pengawasan dokter hewan, mengingat produk ini tidak digunakan secara harian, melainkan hanya saat hewan memerlukan perawatan atau diet khusus.

 

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!