bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ini Cara Menghentikan Kucing Pipis Sembarangan!

February 7, 2024by Galih Primananda0

Kucing adalah hewan yang menggemaskan dan menyenangkan untuk dipelihara, tetapi terkadang mereka dapat memiliki kebiasaan yang kurang menguntungkan, seperti pipis sembarangan di dalam rumah. Perilaku ini bisa menjadi masalah besar bagi pemilik kucing, tapi dengan pemahaman yang tepat dan pendekatan yang benar, kamu  dapat menghentikan kebiasaan ini tanpa menimbulkan stres pada kucing kamu .

Yuk baca lebih lanjut cara menghentikan kucing pipis sembarangan pada arikel dibawah ini!

Mengapa Kucing Melakukan Pipis Sembarangan?

Kucing adalah hewan yang sangat teritorial dan mengandalkan penciuman mereka untuk menandai wilayah mereka. Pipis sembarangan adalah cara alami bagi kucing untuk menandai wilayah mereka dan menunjukkan dominasi. Selain itu, kucing juga bisa melakukan ini sebagai respons terhadap perubahan lingkungan atau stres.

Pipis sembarangan juga bisa dilakukan kucing untuk tujuan komunikasi. Istilah penyemprotan urin digunakan ketika urin diendapkan pada permukaan vertikal. Dalam kebanyakan kasus, jumlah urinnya sedikit. 

Postur kucing yang menyemprot dengan mundur ke permukaan, biasanya menggoyangkan ekornya, dan kemudian, dengan sedikit atau tanpa berjongkok, menyemprotkan urin ke permukaan. 

Meskipun “spraying” adalah jenis penandaan urin yang paling umum, beberapa kucing menandainya dengan buang air kecil pada permukaan horizontal. Kucing juga dapat menandai dengan membuang kotoran, menggaruk benda, dan menggosokkan wajahnya ke permukaan.

Pentingnya Menghentikan Kucing Pipis Sembarangan

Kebiasaan kucing pipis sembarangan harus dihentikan karena perilaku ini tidak hanya mengganggu bagi pemiliknya, tetapi juga dapat memiliki dampak negatif pada lingkungan sekitar dan kesehatan kucing itu sendiri. 

Pipis sembarangan tidak hanya mengganggu bagi pemilik kucing, tetapi juga bisa memiliki dampak negatif pada lingkungan dan kesehatan. 

Urin kucing mengandung bahan kimia yang dapat merusak permukaan rumah dan meninggalkan aroma yang tidak sedap. Selain itu, bakteri yang terdapat dalam urin kucing dapat menyebabkan masalah kesehatan jika tidak ditangani dengan benar.

Cara Menghentikan Kucing Pipis Sembarangan

Sediakan Bak Pasir yang Tepat

Pastikan kamu  memiliki cukup banyak bak pasir yang bersih dan terletak di lokasi yang mudah diakses oleh kucing.

Pahami Preferensi Kucing

Beberapa kucing lebih suka menggunakan bak pasir tertentu atau lokasi tertentu untuk buang air. Pahami preferensi kucing kamu  dan sesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Bersihkan Area yang Terkontaminasi

Membersihkan area yang terkontaminasi dengan pembersih yang aman untuk hewan peliharaan. Hindari menggunakan produk yang mengandung amonia karena bau amonia dapat menarik kucing untuk pipis di tempat yang sama lagi.

Konsultasi dengan Dokter Hewan

Jika masalah terus berlanjut, konsultasikan dengan dokter hewan untuk mencari penyebab yang mendasarinya seperti infeksi saluran kemih atau masalah kesehatan lainnya.

Hindari Menggunakan Box Baru

Kucing mungkin tidak suka menggunakan boks kucing yang baru karena mereka lebih suka boks yang telah mereka kenal sebelumnya.

Gunakan Feromon Sintetis

Feromon sintetis dapat membantu menenangkan kucing dan mengurangi stres yang mungkin memicu perilaku pipis sembarangan.

Konsisten dan Sabar

Konsistensi dalam memberikan perhatian dan perawatan kepada kucing sangat penting dalam mengubah perilaku mereka. Kesabaran juga merupakan kunci dalam menangani masalah ini dengan efektif.

Kesimpulan

Menghentikan kebiasaan pipis sembarangan pada kucing membutuhkan pemahaman yang baik tentang perilaku kucing dan konsistensi dalam pendekatan penanganannya. Dengan pengaturan lingkungan yang tepat dan kesabaran, kamu  dapat membantu kucing kamu  untuk beradaptasi dengan lingkungan rumah dengan lebih baik.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!