bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ketahui ciri Reverse Sneezing pada Anjing!

August 30, 2023by HEWANIA0

    Mungkin anda sering mendengar anjing anda mengalami bersin. Bersin biasanya muncul karena adanya partikel, debu atau alergen sehingga memicu hidung gatal dan akhirnya muncul bersin. Pada dasarnya bersin merupakan respon alami tubuh pada makhluk hidup termasuk pada anjing. Namun apa jadinya jika anjing anda mengalami reverse sneezing atau bersin terbalik. Kejadian ini mungkin jarang terjadi namun anda perlu mengetahui lebih dalam mengenai reverse sneezing ini untuk dapat menghentikan reverse sneezing yang mungkin muncul pada teman berbulu anda. Berikut sedikit penjelasannya. 

Baca Juga: Hati-hati! ini Penyakit yang Bisa Sebabkan Kucing Kurus!

 

Apa itu reverse sneezing?

    Reverse sneezing atau bersin terbalik merupakan refleks pernapasan yang terjadi secara tiba- tiba dan tidak disengaja. Kejadian ini dapat terjadi jika langit- langit mulut anjing yang lunak terjadi iritasi. Iritasi tersebut menyebabkan otot langit- langit lunak mulut menjadi kejang dan menyebabkan penyempitan trakea sementara. Anjing akan menjulurkan lehernya saat mencoba melebarkan dadanya untuk bernapas, tetapi saluran trakea yang menyempit akan menyulitkan anjing untuk bernapas sepenuhnya. Lalu anjing akan menarik napas dengan paksa melalui hidungnya dan menyebabkan anjing tersebut mengalami reverse sneezing. 

    Reverse sneezing sendiri dapat terjadi pada semua jenis anjing, namun akan lebih sering terjadi pada anjing brachycephalic seperti boxer, bulldog, pug, dan shih tzu. Meskipun reverse sneezing terdengar mengkhawatirkan namun kejadian ini bukanlah kondisi yang membahayakan atau menyakitkan.  Reverse sneezing yang hanya terjadi sekali atau jarang merupakan kondisi medis yang normal atau bukanlah gangguan kesehatan, namun jika sering terjadi pada anjing anda maka anda perlu mendiskusikannya dengan dokter hewan anda. Selain itu jika reverse sneezing diikuti dengan gejala pernapasan lainnya seperti batuk, ingus, tersedak, atau kesulitan bernapas maka anda juga perlu segera membawanya ke dokter hewan terdekat.

 

Seperti apa reverse sneezing pada anjing?

     Reverse sneezing ini terdengar seperti anjing benar- benar menghirup bersin mereka (terdengar seperti suara mendengus yang keras dan terkadang seperti angsa yang membunyikan klakson atau seperti ada sesuatu yang menyangkut di hidung atau tenggorokan anjing. Jika anda baru pertama kali mendengar anjing anda mengalami reverse sneezing mungkin anda akan kaget namun tidak ada salahnya mem- video saat kejadiannya berlangsung dan mendiskusikannya dengan dokter hewan anda.

 

Berapa lama reverse sneezing terjadi?

     Kejadian reverse sneezing sendiri biasanya hanya berlangsung sebentar sekitar 30 detik atau kurang. Meskipun saat kejadian berlangsung anda akan merasakan waktu berjalan begitu lama. Jika reverse sneezing berhenti anjing akan berperilaku normal seperti tidak terjadi apa- apa.

 

Apa penyebab reverse sneezing?

      Sama seperti batuk atau bersin normal lainnya, anjing mengalami reverse sneezing untuk mengeluarkan iritannya. Bersin secara normal akan membantu mengeluarkan iritasi di rongga hidung. Sedangkan batuk secara normal akan membantu mengeluarkan iritasi yang terletak jauh di bawah saluran trakea. Reverse sneezing sendiri merupakan cara tubuh untuk mengeluarkan iritasi sedikit lebih jauh di bawah nasofaring (area dekat langit- langit lunak mulut). Berikut adalah beberapa penyebab iritasi pada reverse sneezing :

  1. Alergi
  2. Produk rumah tangga seperti deterjen, pembersih lantai, kaca, penyegar udara
  3. Intoleransi olahraga 
  4. Over exciting
  5. Terdapat benda asing di tenggorokan
  6. Ada tungau di hidung

 

Bagaimana pengobatan dan cara menghentikan reverse sneezing?

    Reverse sneezing secara umum tidak memerlukan obat- obatan atau perawatan medis, karena kejadiannya hanya berlangsung sebentar saja dan tidak membahayakan. Namun jika reverse sneezing sering terjadi pada anjing anda, mungkin anda perlu mengkonsultasikannya dengan dokter hewan anda untuk mendapatkan saran yang tepat berdasarkan penyebab yang mendasari. Jika penyebabnya diakibatkan karena ada tungau maka dokter hewan akan memberikan perawatan dengan obat anti parasit. 

         Untuk menghentikan reverse sneezing sendiri dapat dilakukan dengan meniup wajahnya selama beberapa detik untuk membuat anjing anda menelan yang dapat menghentikan bersinnya. Selain itu langkah lain yang dapat anda coba adalah menutup mulut anjing anda, lalu tutup salah satu hidung hingga bersin berhenti. Pilihan lainnya yaitu dengan membuka mulut anjing anda dan menekan lembut lidahnya sampai ia menelan. Atau anda dapat memijat tenggorokannya untuk menghentikan reverse sneezing.

Namun jika reverse sneezing sering terjadi maka konsultasikan dengan dokter hewan anda. Anda juga bisa membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!