bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ketahui Kematian neonatal pada puppy!

December 22, 2023by HEWANIA0

Fading syndrome atau kematian neonatal pada anak anjing atau puppy atau puppy    anak anjing atau puppy atau puppy yang baru lahir dilahirkan dengan sistem kekebalan tubuh yang perlu dibangun seiring dengan berjalannya waktu, yang dimulai dari air susu induknya. Karena organ dan sistem tubuhnya yang belum matang maka anak anjing atau puppy atau puppy rentan terhadap berbagai gangguan termasuk infeksi, nutrisi dan metabolisme. Selain itu, hewan muda yang belum memiliki pengaturan suhu tubuh yang kuat, dan suhu tubuh mereka sangat fluktuatif sebagai respon terhadap perubahan suhu dan kelembaban lingkungan. Kontrol glukosa juga mungkin buruk dan kadar glukosa darah mungkin turun di bawah kisaran normal jika terjadi gangguan nutrisi yang dapat menimbulkan keadaan hipoglikemia. Kematian neonatal atau sindrom fading melibatkan kematian anak anjing atau puppy atau puppy sejak lahir hingga usia dua minggu. Sindrom ini lebih sering terjadi pada anak anjing atau puppy atau puppy.

Baca Juga: Tanda-tanda Anjing Nyaman

 

Berikut gejalanya

  1. Lemas
  2. Berat badan rendah
  3. Penurunan berat badan
  4. Kegagahan menambah berat badan
  5. Aktivitas menurun
  6. Nafsu makan menurun
  7. Vokalisasi yang konstan
  8. Dan gelisah di fase awal, namun anak anjing atau puppy mungkin menjadi tidak aktif dan pendiam pada tahap selanjutnya
  9. Menjauh dari induknya
  10. Diare
  11. Suhu tubuh rendah

 

Penyebab

  1. Faktor indukan seperti mengalami sulit melahirkan, masalah dengan keluarnya air susu, cedera, nutrisi tidak memadai.
  2. Faktor lingkungan seperti suhu dan kelembaban ekstrim, sanitasi buruk.
  3. Faktor anak anjing atau puppy seperti cacat bawaan, adanya infeksi.

 

Diagnosa

    Anda perlu memberikan riwayat menyeluruh mengenai kesehatan anak anjing atau puppy anda termasuk riwayat gejala dan informasi latar belakang apapun mengenai teman berbulu anda. Setelah melakukan anamnesis lengkap, dokter hewan anda akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap dan mungkin pemeriksaan laboratorium meliputi pemeriksaan darah lengkap atau CBC, profil biokimia dan urinalisis. Tes darah dapat mengetahui adanya anemia, perubahan jumlah leukosit atau sel darah putih, termasuk rendahnya jumlah trombosit atau faktor pembekuan darah, dan peningkatan jumlah sel darah putih yang biasanya terlihat dalam infeksi. Profil biokimia mungkin menunjukkan kadar glukosa rendah yang tidak normal atau hipoglikemia dan perubahan lainnya. Serta bergantung pada organ mana yang terkena dampaknya. Urinalisis dapat mengetahui adanya hemoglobin atau komponen sel darah merah yang membawa oksigen dalam urin. Yang menunjukkan adanya bakteri di dalam urin. Yang mengindikasikan adanya infeksi pada saluran kemih. Serta mungkin dokter hewan anda akan melakukan pemeriksaan feses untuk mengetahui adanya parasit. 

 

Treatment

    Pada anakan yang baru lahir jika mengalami suhu   rendah maka dokter hewan akan menghangatkan anakan anjing secara perlahan ke suhu tubuh normal selama beberapa jam untuk menghindari kejutan pada sistem organnya. Suplemen oksigen akan diberikan jika diperlukan dan terapi cairan intravena juga bisa diberikan untuk memperbaiki defisit cairan. 

   Pada kasus dengan glukosa darah rendah atau hipoglikemia, cairan dengan glukosa akan dipilih untuk terapi cairan. anak anjing atau puppy tidak diperbolehkan makan jika suhu tubuhnya jauh lebih rendah dari biasanya dan tidak memiliki reflek menyusui. Namun setelah dihangatkan, menyusui akan dianjurkan. Dan mungkin akan diberikan terapi antibiotik jika terdapat infeksi bakteri. 

 

Manajemen perawatan

Pastikan anda tidak memberikan makan untuk anak anjing atau puppy anda bila mereka tidak mau menyusu pada puting induknya dengan benar. Periksa anak anjing atau puppy anda setiap hari untuk mengetahui status hidrasinya dengan memeriksa warna urinnya dan melihat ke dalam mulutnya untuk mencari adanya kekeringan. Mulut kering dan urin berwarna kuning tua menunjukkan bahwa anak anjing atau puppy anda mengalami dehidrasi. Maka konsultasikan dengan dokter hewan anda untuk mendapatkan pertolongan yang tepat. Selain itu pantau berat badannya setiap hari dan pastikan induknya menyusui anak anjing atau puppy dengan benar. Perawatan di rumah yang baik akan memberikan anak anjing anda peluang terbaik untuk sembuh dengan cepat dan efektif. 

Penting bagi anda untuk mengikuti semua pedoman untuk memastikan pengobatan dan pemberian makanan yang tepat di rumah. Jangan menghentikan atau mengubah dosis pengobatan sendiri karena perubahan kecil dalam dosis pemberian obat dapat mengganggu kesembuhan anak anjing atau puppy anda. 

 

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan dengan Dokter Hewan! Kamu juga bisa membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!