bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ketahui tentang Sindrom Gemetar pada puppy!

December 25, 2023by HEWANIA0

   Banyak hal yang menyebabkan anak anjing atau puppy atau puppy atau puppy anda gemetar atau menggigil. Bisa karena kegembiraan yang berlebih saat anda berada di rumah atau bisa juga karena telah menelan racun. Namun bagaimana bila kejadian ini terjadi semenjak anak anjing atau puppy atau puppy anda lahir? Apakah pengobatan dapat memulihkan dia kembali?

Baca Juga: 8 Cara Merawat Kucing Anggora: Tips Perawatan Bulu dan Kesehatan

 

Apa itu sindrom gemetar pada puppy atau anak anjing atau puppy?

     Sindrom gemetar pada anak anjing atau puppy atau puppy atau juga disebut dengan hipomielinasi merupakan kondisi dimana mempengaruhi sistem saraf pusat atau perifer anjing muda dan melibatkan seluruh tubuh. Mielin merupakan selubung pelindung lemak yang menutupi setiap saraf di tubuh. Jika selubung pelindung ini terlalu tipis, seperti pada hipomielinasi, impuls listrik dapat hilang di antara saraf dan menyebabkan saraf dan otot terkait tidak berfungsi.

 

Apa gejala bila anak anjing atau puppy atau puppy mengalami sindrom gemetar?

      Pada sindrom gemetar anak anjing atau puppy, tremor dimulai segera setelah lahir, tremor dimulai segera setelah lahir, dengan gejala dimulai sejak usia 2 minggu. Selain gemetar, anak anjing atau puppy atau puppy juga mungkin mengalami kesulitan berjalan, masalah keseimbangan dan koordinasi, dan kaki mereka mungkin terlihat lebih lebar sebagai upaya untuk menstabilkan dirinya. Kegembiraan dapat membuat getarannya semakin hebat, dan anak anjing atau puppy atau puppy cenderung lebih gemetar saat makan, dan getarannya mereda saat istirahat. Secara mental, anak- anak anjing atau puppy atau puppy tampak baik- baik saja. 

 

Penyebab hipomielinasi

    Hipemielinasi bersifat turun- temurun dan ras tertentu cenderung mengalami kondisi ini. Yang paling umum adalah springer spaniel, australian silky terrier, weimaraner, golden retriever, catahoula cur, dalmatian, chow chow, welsh springer spaniel, vizsla, samoyed, dan bernese mountain dog. Ras lain dan ras campuran juga dapat menderita kelainan ini dan anjing jantan lebih rentan, terkena sindrom gemetar dibandingkan anak anjing atau puppy atau puppy betina.

    Golden retriever mewarisi bentuk sindrom gemetar pada anak anjing atau puppy atau puppy yang melibatkan sistem saraf tepi, bukan sistem saraf pusat, menyebabkan mereka mengalami semua gejala hipomielinasi lainnya kecuali gemetar. Kelainan ini muncul pada golden biasanya pada usia 5 sampai 7 minggu.

    Pada anak anjing atau puppy springer spaniel jantan paling menderita hipomielinasi karena bentuk penularan genetik pada ras ini berbeda. Pada anak anjing atau puppy atau puppy betina akan sembuh dari penyakit ini, sedangkan pada anak anjing atau puppy jantan seringkali tidak. Mereka biasanya meninggal pada usia 6 bulan, baik karena tingkat keparahan atau karena pemilik memilih untuk menidurkannya saja karena gemetar yang sangat parah dan hebat.

 

Mendiagnosa hipomielinasi

    Diagnosis hipomielinasi umumnya dilakukan dengan menyingkirkan semua potensi gangguan atau masalah lainnya. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik menyeluruh, dan mengumpulkan riwayat ekstensif, termasuk pengetahuan tentang riwayat keluarga anak anjing atau puppy anda. Pemeriksaan neurologis menyeluruh juga akan dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan kerusakan pada sumsum tulang belakang atau saraf kranial. Tes akan direkomendasikan untuk menganalisa kimia darah dan memeriksa adanya fungsi organ atau bukti toksisitas. Radiografi dada dan punggung akan dianalisis untuk menyaring tumor atau kerusakan lain pada sistem kerangka, dan sampel cairan di sekitar sumsum tulang belakang dapat dikumpulkan untuk dianalisis. Tes dapat dilakukan untuk mendeteksi mutasi genetik yang bertanggung jawab atas hipomielinasi, meskipun beberapa anjing dapat menjadi pembawa cacat genetik tanpa gejala. Prosedur lainnya yang mungkin dilakukan untuk menyingkirkan kondisi lain seperti CT scan, elektromiografi, MRI, atau myelography. Diagnosis yang paling pasti adalah menggunakan sumsum tulang belakang hewan yang terkena secara mikroskopis setelah kematiannya.

 

Bagaimana cara mengobati sindrom gemetar ini?

    Tidak ada pengobatan sebenarnya untuk hipomielinasi. Untungnya sebagian besar anaj anjing atau puppy yang terkena kelainan ini akan sembuh dan menjadi normal pada usia 1 hingga 1,5 tahun. Pada anak anjing yang terkena dampak tidak terlalu parah biasanya akan kembali normal pada usia 3- 4 bulan. Meskipun sebagian anak anjing yang selamat dari sindrom gemetar akan tetap mengalami tremor ringan pada kedua tungkai belakangnya seumur hidup.

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda juga bisa membawa ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!