bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Bolehkah Kucing Dewasa Makan Makanan Kitten? Ini Aturannya!

Hewanians, kucing dewasa memiliki kebutuhan gizi yang berbeda dengan kucing anak-anak atau kitten. Kucing dewasa membutuhkan asupan nutrisi yang tepat agar tetap sehat dan aktif.

Namun, beberapa pemilik kucing mungkin bertanya-tanya apakah kucing dewasa makan makanan kitten berbahaya atau tidak. Artikel ini akan membahas apakah kucing dewasa boleh makan makanan kitten dan apa dampaknya bagi kesehatan kucing.

Yuk ketahui pada artikel di bawah ini!

Baca Juga: Step by Step Memilih Makanan Yang Sesuai dengan Anak Kucing!

Apa Itu Makanan Kitten?

Makanan kitten adalah makanan khusus yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing yang masih dalam masa pertumbuhan.

Makanan ini kaya akan protein dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan kucing yang masih muda untuk tumbuh dan berkembang.

Selain itu, makanan kitten biasanya juga mengandung lebih banyak lemak dan kalori daripada makanan dewasa, karena kucing kitten membutuhkan lebih banyak energi untuk tumbuh dan bermain.

Bisakah Kucing Dewasa Makan Makanan Kitten?

Meskipun kucing dewasa sebenarnya membutuhkan nutrisi yang berbeda dari kitten, namun secara umum kucing dewasa dapat memakan makanan kitten dalam jangka waktu singkat.

Namun, kucing dewasa sebaiknya tidak mengonsumsi makanan kitten secara teratur, karena makanan ini mengandung jumlah protein dan kalori yang lebih tinggi daripada yang diperlukan oleh kucing dewasa.

Anak kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dari kucing dewasa, sehingga mereka membutuhkan makanan anak kucing untuk mendukung kebutuhan tersebut. Namun, jika label makanan mengatakan itu diformulasikan “untuk semua tahap kehidupan“, itu berarti aman untuk dimakan anak kucing dan kucing dewasa.

Makanan kitten dapat memicu kucing dewasa mengalami obesitas dan masalah kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara teratur.

Apa Dampak dari Kucing Dewasa Makan Makanan Kitten?

Jika kucing dewasa mengonsumsi makanan kitten dalam jumlah yang sedikit, maka dampaknya mungkin tidak signifikan. Namun, jika kucing dewasa mengonsumsi makanan kitten secara teratur, maka dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti:

  • Obesitas: Makanan kitten mengandung lebih banyak kalori daripada makanan dewasa, sehingga jika dikonsumsi secara teratur oleh kucing dewasa dapat menyebabkan obesitas.
  • Masalah Pencernaan: Kucing dewasa yang makan makanan kitten secara teratur dapat mengalami masalah pencernaan, seperti diare atau muntah, karena tubuh mereka tidak dapat mencerna makanan yang mengandung protein dan nutrisi yang lebih tinggi dari yang diperlukan oleh kucing dewasa,
  • Masalah Ginjal: Makanan yang terlalu tinggi protein dapat membebani ginjal kucing, sehingga konsumsi makanan kitten secara teratur dapat memicu masalah ginjal pada kucing dewasa. Salah satu obat yang ampuh dalam menangani ginjal pada kucing adalah Yochito – Suplemen untuk Kesehatan Ginjal Anjing dan Kucing. Obat ini adalah suplemen makanan untuk kesehatan ginjal anjing dan kucing.  Yochito dapat membantu mengikat phospor dan mengurangi azotemia untuk menjaga kesehatan ginjal pada kucing. Beli obatnya disini.

Kesimpulan

Secara umum, kucing dewasa tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kitten secara teratur.

Meskipun kucing dewasa dapat mengonsumsi makanan kitten dalam jumlah yang sedikit, namun terlalu banyak mengonsumsi makanan ini dapat memicu masalah kesehatan pada kucing dewasa, seperti obesitas, masalah pencernaan, dan masalah ginjal.

Oleh karena itu, pemilik kucing sebaiknya memberikan makanan yang sesuai dengan umur dan jenis kucing.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!