bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Mengenal Kucing British Shorthair, Si Lucu dari Inggris Berharga Belasan Juta!

Kucing British Shorthair, atau sering disingkat BSH, adalah salah satu ras kucing yang paling populer di dunia. Kucing ini memiliki ciri khas bulu pendek, postur tubuh yang tegap, dan kepala yang bulat dengan pipi yang besar. Selain itu, warna bulu kucing BSH juga sangat bervariasi, mulai dari warna putih, hitam, biru, merah, hingga perak.

Buat kamu yang mau pelihara ras kucing ini, yuk simak penjelasannya pada artikel di bawah. Dari mulai sejarah, diet, hingga harganya!

Sejarah Kucing British Shorthair

Sejarah kucing BSH dapat ditelusuri hingga abad ke-19, di mana kucing ini pertama kali dikenal sebagai kucing domestik Inggris. Kucing ini dikenal karena sifatnya yang tenang dan ramah, sehingga banyak digunakan sebagai kucing peliharaan.

Meski awalnya kucing BSH hanya dikenal di Inggris, namun seiring waktu, popularitas ras kucing ini merambah ke seluruh dunia. Hal ini tidak lepas dari keunikan dan keindahan fisik kucing BSH, serta sifatnya yang ramah dan mudah diasuh.

Pada tahun 1871, British Shorthair pertama kali diperkenalkan di acara pameran kucing di Crystal Palace di London. Pada awalnya, ras kucing ini dikenal sebagai British Blue karena warna bulunya yang biru. Namun, pada tahun 1901, nama ras tersebut diubah menjadi British Shorthair.

Selama Perang Dunia I dan II, populasi kucing BSH menurun drastis di Inggris karena kekurangan makanan dan perhatian yang kurang pada hewan peliharaan. Setelah perang, peternak memulai program pemuliaan untuk mengembalikan ras kucing BSH ke kejayaannya.

Pada tahun 1960-an, kucing BSH menjadi sangat populer di seluruh dunia. Kucing ini dikenal karena kepribadian yang ramah dan santai serta bulu yang tebal dan lembut. Kucing BSH juga sering digunakan sebagai model untuk produk iklan dan kartu pos.

Hari ini, kucing British Shorthair tetap menjadi salah satu ras kucing yang paling populer di seluruh dunia. Mereka dikenal sebagai kucing yang sehat dan tenang dengan kepribadian yang ramah dan mudah dilatih. Kucing BSH juga sering dijadikan hewan peliharaan karena 

Ciri-ciri Kucing British Shorthair

Ukuran tubuh

Kucing BSH merupakan kucing yang besar dan berotot. Tubuh mereka bulat dan gemuk dengan kaki yang pendek dan padat. Bobot kucing BSH jantan biasanya antara 5-9 kg, sedangkan betina beratnya sekitar 4-7 kg.

Bentuk kepala

Kucing BSH memiliki kepala bulat yang besar dengan pipi yang lebar. Mata mereka bulat dan besar, terletak jauh dari hidung. Hidung kucing BSH pendek dan lebar, memberikan tampilan yang menyenangkan dan lucu.

Bulu

Bulu kucing BSH pendek dan tebal dengan tekstur yang lembut dan halus. Warna bulu kucing BSH bervariasi, termasuk biru, hitam, putih, coklat, krim, abu-abu, merah, dan kuning. Ada juga kucing BSH dengan bulu bercorak.

Temperamen

Kucing BSH terkenal dengan temperamen yang tenang dan ramah. Mereka sangat toleran terhadap anak-anak dan hewan peliharaan lainnya. Kucing BSH mudah diatur dan sangat mudah dilatih.

Kesehatan

Kucing BSH termasuk kucing yang sehat dan kuat. Namun, mereka juga rentan terhadap beberapa penyakit tertentu, seperti obesitas, masalah jantung, dan masalah ginjal. Oleh karena itu, perawatan dan diet yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kucing BSH.

Kepribadian

Kucing BSH dikenal sebagai kucing yang tenang, santai, dan penyayang. Mereka senang berada di dekat pemiliknya dan suka beristirahat di tempat yang nyaman. Kucing BSH juga memiliki kebiasaan menggonggong seperti anjing.

Kucing British Shorthair memiliki karakteristik yang unik dan menarik. Mereka sangat cocok sebagai hewan peliharaan karena temperamen yang ramah dan tenang serta mudah dilatih. Perawatan dan diet yang tepat dapat menjaga kesehatan kucing BSH dan membuat mereka tetap aktif dan bahagia.

 

Diet Kucing British Shorthair

Diet kucing British Shorthair merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan kucing BSH tetap sehat dan aktif. Kucing BSH cenderung memiliki kecenderungan untuk gemuk, sehingga pemilik kucing perlu memperhatikan asupan makanan yang diberikan kepada kucing mereka.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan diet kepada kucing British Shorthair:

Jumlah porsi makanan

Pemilik kucing BSH perlu memperhatikan jumlah porsi makanan yang diberikan pada kucing mereka. Kucing BSH yang kurang aktif memerlukan jumlah makanan yang lebih sedikit daripada kucing yang lebih aktif. Sebaiknya, pemilik kucing BSH membagi porsi makanan menjadi beberapa kali sehari, dan memberikan jumlah makanan yang tepat untuk berat badan dan tingkat aktivitas kucing mereka.

Jenis makanan

Pemilik kucing BSH perlu memilih jenis makanan yang tepat untuk kucing mereka. Ada dua jenis makanan kucing yaitu makanan basah dan makanan kering. Sebaiknya, pemilik kucing BSH memberikan makanan basah yang mengandung protein dan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan kucing mereka. Selain itu, pemilik kucing BSH juga dapat memberikan makanan kering sebagai camilan atau untuk membersihkan gigi kucing.

Nutrisi

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kucing BSH. Pemilik kucing BSH perlu memilih makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kucing mereka. Sebaiknya, pemilik kucing BSH memilih makanan kucing yang diformulasikan khusus untuk ras kucing British Shorthair, karena makanan ini mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan kucing BSH.

Air minum

Air minum juga sangat penting bagi kesehatan kucing BSH. Pemilik kucing BSH perlu menyediakan air minum yang segar dan bersih setiap hari. Pastikan kucing BSH selalu memiliki akses ke air minum, terutama saat cuaca panas atau saat mereka makan makanan kering.

Dalam memberikan diet kucing British Shorthair, perlu diingat bahwa setiap kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya pemilik kucing BSH berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menentukan jenis makanan dan jumlah porsi yang tepat untuk kucing mereka. Dengan memberikan diet yang tepat, kucing BSH dapat tetap sehat dan aktif selama hidup mereka.

Sejarah Kucing British Shorthair

Sejarah kucing British Shorthair (BSH) dapat ditelusuri kembali ke abad ke-1 Masehi ketika Romawi membawa kucing ke Inggris. Namun, ras kucing ini baru mulai diakui pada pertengahan abad ke-19 ketika kucing domestik Inggris dikawinkan dengan kucing Persia, sehingga menghasilkan kucing dengan bulu yang lebih tebal dan wajah bulat yang lebih menarik.

British shorthair adalah salah satu ras yang dipamerkan di pameran kucing pertama di Inggris pada tahun 1871. Saat itu, ras ini disebut British Blue, karena warna bulunya yang biru (abu-abu).

Harga Kucing British Shorthair

Harga kucing British Shorthair (BSH) di Indonesia bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti usia, jenis kelamin, warna bulu, kualitas, dan tempat pembelian. Umumnya, harga kucing BSH di Indonesia berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 15 juta.

Kucing BSH dengan kualitas yang lebih baik dan kelahiran dari induk dengan riwayat kesehatan yang baik, biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi. Warna bulu tertentu seperti biru dan coklat juga dapat memengaruhi harga kucing BSH.

Namun, harga kucing BSH yang tinggi bukanlah jaminan bahwa kucing tersebut memiliki kualitas yang baik. Penting untuk memastikan bahwa kucing tersebut sehat dan berasal dari peternak yang bertanggung jawab.

Sebelum membeli kucing BSH, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang peternak atau toko hewan yang menjual kucing tersebut. Pastikan bahwa kucing tersebut berasal dari peternak yang memiliki reputasi baik dan memastikan bahwa kucing tersebut telah diberi vaksin dan mendapatkan perawatan kesehatan yang cukup sebelum dijual.

Kesimpulannya, kucing British Shorthair adalah ras kucing yang sangat populer di dunia, karena keunikan dan keindahan fisiknya, serta sifatnya yang ramah dan mudah dirawat. Namun, seperti halnya dengan semua kucing, perlu diperhatikan pola makan dan aktivitas fisik kucing BSH, untuk memastikan kesehatan kucing tetap terjaga.

Masih penasaran dengan kucing Brtisih Shorthair? Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di aplikasi Hewania. Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih di aplikasi ini. Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!