bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

5 Ras Anjing Terkecil di Dunia. Mana Favoritmu?

February 13, 2024by Galih Primananda0

Hewanians, anjing adalah salah satu hewan peliharaan paling populer di dunia. Menurut American Pet Products Association (APPA), sekitar 65,1 juta rumah tangga di Amerika Serikat memiliki anjing pada tahun 2023-2024.

Terdapat berbagai macam ras anjing di dunia ini. Mulai dari yang sangat besar seperti Great Dane, hingga yang berukuran kecil seperti Chihuahua. Lalu, apa saja ras anjing terkecil di dunia ini? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

2. Chihuahua

Tinggi rata-rata: 12 – 20 cm

Berat rata-rata: 1.6 – 2.7 kg

Chihuahua adalah salah satu ras anjing terkecil di dunia. Chihuahua berasal dari Meksiko dan sering kali dianggap sebagai ras anjing terkecil di dunia berdasarkan berat dan tinggi tubuhnya. Chihuahua memiliki berat yang sangat ringan dan tinggi tubuh yang kecil, membuatnya menjadi salah satu pilihan populer sebagai hewan peliharaan bagi orang-orang yang mencari anjing dengan ukuran kecil dan portable.

3. Pomeranian

Tinggi rata-rata: 18 – 30 cm

Berat rata-rata: 1.4 – 3.5 kg

Pomeranian adalah salah satu ras anjing terkecil di dunia. Pomeranian berasal dari Jerman dan dikenal karena ukuran tubuhnya yang kecil, berbulu tebal, dan ekor yang menggelantung di atas punggung. Anjing Pomeranian biasanya memiliki berat antara 1,4 hingga 3,5 kilogram dan tinggi sekitar 18-30 cm saat dewasa. Karena ukurannya yang kecil dan sifat yang ramah, Pomeranian sering kali menjadi pilihan populer sebagai hewan peliharaan di berbagai belahan dunia.

4. Yorkshire Terrier

Tinggi rata-rata: 18 –  23 cm

Berat rata-rata: 2 – 3.2 kg

Yorkshire Terrier merupakan salah satu ras anjing terkecil di dunia. Anjing ini berasal dari Inggris dan dikenal karena ukuran tubuhnya yang kecil dan bulu panjang yang halus. Yorkshire Terrier biasanya memiliki berat antara 2 hingga 3,2 kilogram dan tinggi sekitar 18-23 cm saat dewasa. Karena ukurannya yang kecil dan sifat yang ceria, Yorkshire Terrier sering menjadi pilihan populer sebagai hewan peliharaan di berbagai tempat di dunia.

5. Maltese

Tinggi rata-rata: 20  – 25 cm

Berat rata-rata:  1.8 – 3.6 kg

Maltese adalah salah satu ras anjing terkecil di dunia. Anjing Maltese berasal dari Malta dan dikenal karena ukuran tubuhnya yang kecil dan bulu putih panjang yang indah. 

Maltese biasanya memiliki berat antara 1,8 hingga 3,6 kilogram dan tinggi sekitar 20-25 cm saat dewasa. Karena ukurannya yang kecil dan sifat yang ramah, Maltese sering menjadi pilihan populer sebagai hewan peliharaan di banyak tempat di seluruh dunia.

Tips Merawat Ras Anjing Kecil

Berikut beberapa tips untuk merawat anjing kecil:

  • Pemeriksaan Rutin: Bawa anjing kecil kamu ke dokter hewan untuk pemeriksaan rutin dan vaksinasi yang diperlukan.
  • Pemeliharaan Bulu: Sikat bulu anjing kecil kamu secara teratur untuk menghindari kekusutan dan menjaga kebersihan bulunya.
  • Pemberian Makanan Berkualitas: Berikan makanan berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi anjing kecil kamu. Pastikan untuk memberikan porsi makanan yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.
  • Aktivitas Fisik: Meskipun kecil, anjing kecil juga membutuhkan aktivitas fisik yang cukup. Berikan waktu untuk bermain dan berjalan-jalan bersama anjing kecil kamu setiap hari.
  • Pelatihan: Berikan pelatihan dasar seperti housetraining dan perintah dasar seperti duduk, diam, dan lainnya. Konsistensi dan kesabaran sangat penting dalam proses pelatihan.
  • Perhatian dan Kekasih: Berikan banyak perhatian dan kasih sayang kepada anjing kecil kamu. Mereka membutuhkan interaksi sosial dengan pemiliknya untuk merasa bahagia dan aman.
  • Kesehatan Gigi: Bersihkan gigi anjing kecil kamu secara teratur dengan sikat gigi dan pasta gigi khusus anjing untuk mencegah masalah kesehatan gigi.
  • Pemantauan Kesehatan: Perhatikan tanda-tanda kesehatan yang tidak normal seperti muntah, diare, kehilangan nafsu makan, atau perilaku yang aneh. Jika kamu melihat gejala-gejala ini, segera bawa anjing kecil kamu ke dokter hewan.

Dengan perawatan yang tepat dan kasih sayang yang cukup, anjing kecil kamu akan menjadi anggota keluarga yang bahagia dan sehat.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

 

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!