bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

5 Alasan Kenapa Kucing Suka Mengikutiku? Ini Jawabannya!

June 5, 2023by HEWANIA0

      Kucing terkenal sebagai hewan individual dan suka sekali menyendiri. Tapi ketika mereka tiba-tiba suka sekali membuntuti anda, mungkin anda cukup bingung dibuatnya. Mungkin di awal mereka membuntuti anda, anda merasa senang tapi mungkin lama kelamaan anda merasa risih. Saat mengikuti anda biasanya diikuti dengan suara mereka yang vokal. Jadi kenapa ya kucing membuntuti kita?. Berikut adalah penjabaran yang dapat kami simpulkan tentang perilaku kucing anda ini.

Baca Juga: Mengenal Kucing American Bobtail, Si Ekor Pendek dari Amerika

 1. Kucing anda lapar

        Kucing anda akan mengikuti kemanapun anda pergi kemungkinan karena mereka sedang lapar. Mereka berpikir bahwa saat ini adalah waktunya mereka makan. Biasanya mereka akan mengikuti anda dengan diikuti suara mengeong yang nyaring. Dan momen saat anda menyajikan makanan mereka adalah momen mengasyikkan bagi mereka sehingga mereka tidak mau ketinggalan. 

 2. Kucing anda kangen

     Beberapa kucing saat anda tinggal pergi bekerja atau hangout bersama teman anda akan murung, dan saat anda pulang mereka akan mengikuti kemanapun anda pergi. Hal ini terjadi karena mereka tidak nyaman saat anda pergi meninggalkan mereka sendirian. Pada kucing dengan kondisi kecemasan yang parah mereka bisa menolak makan, dan semakin tertekan saat anda pergi menjauh darinya. Biasanya terjadi saat kucing anda baru anda titipkan di penitipan yang baru. 

 3. Kucing anda gabut

     Jika kucing anda tiba bisa menggaruk-garuk tiang mainannya, atau tidak ada mainan yang menarik. Biasanya mereka akan mulai mengikuti anda untuk menghindari rasa bosannya! Selain itu, mereka berharap anda akan membuka pintu rumah dan mereka bisa bermain bebas di luar rumah. Tidak seorangpun suka dengan bosan, begitu pula kucing anda! Jadi anda bisa memberikannya mainan untuk mengasah kuku serta aktivitas berburunya.

 4. Kucing anda mencari perhatian anda

    Bisa jadi kucing anda mengikuti anda kemanapun karena ingin meminta bantuan. Mungkin mereka akan mengeong dan mulai mengikuti kemanapun anda pergi, bahkan mereka mengisyaratkan agar anda mengikutinya. Kemudian hal lain yang mereka lakukan saat mengikuti anda adalah mencari perhatian anda karena kondisinya yang tidak sehat. Terkadang beberapa kucing lebih sering menyendiri dan tidak menunjukkannya kepada anda atau bahkan mereka hanya tertidur seharian tanpa beraktivitas sedikitpun. Saat anda melihat perubahan pada kucing anda ini, anda perlu mencurigai adanya kondisi yang tidak sehat pada kucing anda.

Jika anda mendapati kucing anda mengikuti anda dan terlihat tidak sehat, segeralah konsultasikan dengan dokter hewan anda.

 5. Kucing anda senang didekat anda

      Beberapa ras kucing seperti ragdoll, sphynx, atau bahkan maine coon memiliki kepribadian seperti anjing. Mereka senang jika berada didekat anda dan senang bersosialisasi dengan anda. Pastikan anda sering mengelus, memeluk, dan mengajaknya bermain karena hal tersebut akan memperkuat ikatan anda bersama kucing anda! 

 

Tapi bagaimana jika diikuti kucing liar (stray cat)?

        Bagi stray cat atau kucing liar, anda tentu memiliki bau yang khas. Terutama jika anda dirumah memiliki kucing peliharaan! Mereka akan merasa nyaman saat dekat dengan anda dan memanfaatkannya untuk mendapatkan perhatian anda. Mengikuti anda berarti mereka sedang dalam kondisi lapar, atau ingin dielus. Anda bisa memberikan mereka makanan atau sekedar camilan untuk dicicipi!

          Jadi itulah beberapa alasan kenapa kucing anda suka sekali mengikuti anda kemanapun anda pergi. Sekarang anda tidak perlu kebingungan lagi kenapa kucing anda tiba-tiba mengikuti anda, karena anda sudah tahu alasannya! 

Selain itu pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke Hewania Vet Clinic secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!