bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

5 Cara Membuat Kucing berhenti Membawa Tikus Mati sebagai Hadiah!

June 20, 2023by HEWANIA0

   Sebagai pemilik kucing outdoor, anda pasti sering mendapati kucing anda pulang bermain dan membawa tikus mati kepada anda. Bahkan tidak hanya tikus mati, tapi bisa laba-laba, burung, tupai, atau bahkan tikus got besar! Sebagian dari mereka akan memakannya di depan anda atau bahkan hanya membawanya untuk diperlihatkan di depan anda. Dan mungkin mereka sering melakukan kegiatan tersebut saat dengan anda atau bahkan menjadi rutinitasnya. Mungkin anda berpikir karena makanan yang anda berikan kurang sehingga mereka berburu atau membawa tikus mati di hadapan anda, tapi saat anda sudah memberikan makanan yang lebih ternyata mereka masih melakukan kegiatan berburu tikus mati itu. Kira-kira apa ya alasan kucing melakukannya? Berikut sedikit penjelasan mengenai hal tersebut.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Induk Kucing Memindahkan Anaknya

Kenapa kucing suka membawa hewan mati?

     Jawaban sederhananya, karena kegiatan berburu atau membawa hewan mati adalah naluri alami bertahan hidup kucing. Tanpa anda sadari teman berbulu anda adalah seekor predator kecil meskipun mereka telah dijinakkan selama ribuan tahun. Tapi naluri atau insting berburu mereka tidak akan hilang meskipun sudah dijinakkan, karena di alam liar naluri mereka berguna untuk bertahan hidup dan biasanya induk kucing akan mengajari anaknya berburu. 

      Seiring berjalannya waktu, banyak pemilik kucing yang menginginkan kucingnya untuk di steril (baik jantan maupun betina) hal tersebut menyebabkan kucing tidak memiliki anak dan pada akhirnya mereka tidak dapat meneruskan pengetahuan berburunya. Sehingga kucing akan menganggap anda juga sebagai kucing besar dan mengajari anda layaknya anak kucingnya sendiri.

    Menurut seorang cat behaviourist Anita, membawa tikus atau hewan mati berarti seekor kucing sedang melakukan pujian, ingin berbagi tangkapannya dengan keluarganya karena keluarganya adalah tempat yang aman dan nyaman. Dan perilaku tersebut menurut Anita adalah normal. 

 

Bagaimana cara menghentikan kucing membawa tikus mati kedalam rumah?

          Berburu sudah menjadi naluri alamiah kucing anda. Namun ternyata kucing berburu menimbulkan efek yang cukup besar. Seperti di beberapa negara 4 musim, misalnya London mengalami penurunan populasi burung yang cukup tinggi karena perburuan kucing. Cukup mengejutkan bukan? Nah dibawah ini adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mencegah kucing anda membawa burung atau hewan mati lainnya didepan anda. 

 1. Pakaikan kalung berlonceng

      Dengan memasangkan kalung berlonceng dapat mencegah kucing anda berburu. Karena lonceng akan berbunyi saat kucing bergerak lalu tikus atau burung yang mendengarnya menjadi kaget dan akhirnya dapat melarikan diri.

 2. Letakkan burung ditempat yang tinggi

         Jika anda memiliki burung didalam sangkar pastikan untuk meletakkannya ditempat yang tinggi dan susah dicapai oleh kucing anda agar mereka tidak dengan mudah menggapai dan memangsa burung anda.

 3. Batasi jam keluar mereka

          Batasi jam keluar kucing anda, terutama pada malam dan pagi hari. Karena mulai senja hingga pagi dini hari adalah waktu efektif mereka berburu dan biasanya malam menjadi waktu yang rentan untuk beberapa hewan seperti burung.

 4. Alihkan energinya dengan bermain

         Anda dapat mengajak kucing anda bermain dengan bebas untuk mengalihkan fokus berburunya. Selain itu anda juga dapat membelikan mainan tikus kecil untuk mereka ajak bermain.

 5. Jadikan kucing indoor

            Cara paling jitu membuat kucing anda tidak suka membawa hewan mati atau berburu hewan mati dan membawanya di depan mata anda adalah dengan membuat mereka menjadi kucing indoor. Dengan teman berbulu anda selalu berada dirumah hal tersebut tentu akan menghilangkan kebiasaannya dalam berburu atau membawa hewan mati kehadapan anda. Namun sebelum anda memutuskan kucing anda menjadi bagian dari anda dirumah sebaiknya pastikan vaksinasi dan obat cacingnya rutin dilakukan untuk menghindari adanya penyakit lain yang mungkin dapat menginfeksi anda. Jadi sebelum membiarkannya dirumah secara full pastikan anda mengunjungi dokter hewan untuk mendapatkan saran yang tepat.

     Jadi kesimpulannya berburu memang naluri alamiah seekor kucing, namun anda dapat mengalihkan fokus berburunya dengan keempat langkah diatas. Namun jika kucing anda tetap mencuri-curi kesempatan untuk berburu, pastikan anda selalu mengawasi kondisi tubuhnya dan rutin melakukan pengecekan seperti kutu dan pemberian obat cacing. Anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter hewan anda jika anda menemukan perubahan pada kucing anda!

Masih bingung mau beli hewan kurban dimana? Beli Hewan kurban berkualitas dan terpercaya dengan mengisi form melalui website Kurban Hewania!

 

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!