bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

5 List Makanan yang Anjing kamu harus hindari saat Liburan Natal!

January 23, 2024by HEWANIA0

Hello Hewanians! Natal adalah saat yang penuh kegembiraan dan kebersamaan, di mana keluarga dan teman-teman berkumpul untuk merayakan momen spesial. Bagi banyak orang, anggota keluarga tidak hanya terbatas pada manusia, tetapi juga mencakup sahabat setia berkaki empat kita, yaitu anjing. Meskipun perayaan ini penuh kebahagiaan, kita harus tetap waspada terhadap potensi bahaya bagi kesehatan hewan peliharaan kita, terutama berkaitan dengan makanan yang lazim tersedia selama Natal.

Baca Juga: Pankreatitis pada Anjing: Hindari Pemberian Makanan berikut!

 

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan adalah jenis makanan yang diberikan pada anjing selama perayaan Natal. Beberapa makanan yang mungkin terlihat tidak berbahaya bagi manusia bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan anjing. Oleh karena itu, berikut adalah daftar lima makanan yang sebaiknya dihindari agar anjing tetap sehat selama perayaan Natal:

  1. Coklat: Meskipun coklat menjadi salah satu camilan favorit manusia, namun ini termasuk makanan yang sangat berbahaya bagi anjing. Coklat mengandung senyawa teobromin yang dapat meracuni sistem saraf anjing. Gejala yang mungkin timbul akibat konsumsi coklat termasuk muntah, diare, dan bahkan masalah jantung. Oleh karena itu, hindari memberikan coklat kepada anjing Anda.
  2. Kismis dan Anggur: Meskipun kismis dan anggur sering dianggap sebagai camilan sehat, namun bagi anjing, keduanya dapat menjadi racun. Senyawa-senyawa tertentu pada kismis dan anggur dapat merusak sistem pencernaan anjing dan menyebabkan masalah seperti muntah, diare, dan gangguan ginjal. Pastikan untuk menjauhkan makanan yang mengandung kismis dan anggur dari jangkauan anjing Anda.
  3. Bawang dan Bawang Putih: Kedua bahan ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada anjing. Zat-zat yang terdapat dalam bawang dan bawang putih dapat merusak sel darah merah anjing, menyebabkan anemia. Bahkan jumlah kecil bawang bisa berakibat fatal. Oleh karena itu, pastikan hidangan Natal Anda bebas dari bawang dan bawang putih.
  4. Alkohol: Minuman beralkohol dapat meracuni anjing dengan sangat cepat. Efeknya termasuk muntah, kesulitan bernapas, hingga koma. Hindari memberikan minuman beralkohol pada anjing, dan pastikan untuk menjaga agar anjing Anda tidak dapat mengakses minuman beralkohol yang mungkin berada di sekitar rumah.
  5. Daging Berlemak Tinggi: Sisa lemak pada hidangan panggang Natal mungkin terlihat menggoda bagi anjing, tetapi daging berlemak tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan serius seperti pankreatitis. Pankreatitis adalah peradangan pankreas yang dapat menyebabkan rasa sakit dan muntah pada anjing. Pastikan untuk membuang sisa-sisa makanan berlemak tinggi dengan aman agar anjing tidak dapat mengonsumsinya.

Pemilik hewan harus sadar akan potensi bahaya ini dan bertanggung jawab untuk menjaga agar makanan berbahaya tidak dapat diakses oleh anjing. Sebaiknya, berikan camilan khusus untuk hewan peliharaan yang telah disetujui dan aman dikonsumsi. Selain itu, pastikan agar tamu yang datang juga mengetahui larangan memberikan makanan tertentu pada hewan peliharaan. Dengan langkah-langkah preventif ini, kita dapat memastikan bahwa perayaan Natal tetap menyenangkan dan aman bagi seluruh anggota keluarga, termasuk anjing kesayangan kita

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Talita Milani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!