bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

6 Macam Sisir Kucing untuk Grooming

May 15, 2023by HEWANIA0

    Menyisir merupakan kegiatan yang perlu anda lakukan sehari-hari dengan kucing berbulu panjang, tentu saja untuk menghindari bulu yang menggumpal. Namun apakah anda tahu manfaat lain dari menyisir bulu kucing? Berikut adalah manfaat lain saat anda rutin menyisir bulu kucing anda :

  1. Mengurangi bulu kusut atau menggumpal
  2. Mencegah kucing terkena kutu
  3. Mengurangi rontok bulu
  4. Bonding antara anda dan teman berbulu anda
  5. Mengetahui kelainan atau penyakit pada kulit kucing

Baca Juga: Manfaat Steril Kucing Jantan

Bulu kucing ternyata berbeda- beda, sehingga setiap jenis bulu kucing saat grooming dapat memilih sisir khususnya sendiri. 4 jenis bulu kucing yang umumnya ditemui yaitu :

  1. Long haired cat : adalah jenis kucing dengan bulu yang panjangnya dari 2 hingga 5 inchi. Jenis bulu ini yang sangat mudah kusut dan rontok. Jenis kucing yang memiliki bulu panjang ini adalah maine coon, persia, dan siberian.
  2. Short haired cat : adalah kucing dengan bulu pendek dengan panjang sekitar 2 inchi. Kucing dengan jenis bulu ini lebih mudah dirawat karena tidak mudah rontok. Contoh kucing dengan bulu pendek yaitu american shorthair, bengal, russian blue.
  3. Curly haired cat : jenis kucing dengan bulu ini juga mudah dirawat karena tidak mudah rontok. Kucing jenis ini memiliki bulu keriting karena rekayasa genetik. Contohnya kucing devon rex, laperm dan selkirk rex.
  4. Hairless cat : pada kucing jenis ini mereka tidak memiliki bulu tapi bukan berarti mereka botak namun bulunya halus menyerupai suede. 

Kucing pada umumnya akan merasa stres saat anda menggrooming bahkan hingga memberontak saat menyisirnya. Pastikan anda perlu melakukan pendekatan untuk mengurangi resiko stres sehingga proses grooming dapat berjalan maksimal. 

Berikut adalah tips memilih sisir kucing sesuai dengan kebutuhan.

1. Pilih tipe sisir sesuai kebutuhan. Di pasaran banyak dijual berbagai macam jenis sisir untuk kucing anda, yaitu :
  1. tipe karet dan mitt brush. Biasanya digunakan untuk kucing yang susah disisir, namun sisir jenis ini jangan digunakan pada kucing dengan bulu kusut karena tidak dapat membantu menguraikan bulunya yang kusut. Mitt brush akan berbentuk seperti sarung tangan yang memiliki tonjolan di seluruh permukaannya dengan bahan silikon. Dengan sisir jenis ini kucing anda akan lebih nyaman dan tidak merasa terganggu bahkan mereka akan merasa sedang anda belai.
  2. tipe bristle. Biasanya digunakan untuk kucing berbulu panjang agar tampak berkilau dan halus. Namun tidak bisa menjangkau kulit kucing (undercoat). Pada kucing berbulu panjang sisir ini sangat cocok anda gunakan, namun anda juga harus memberikan suplemen rambut untuk menjaga kilau bulu kucing anda. Sedangkan pada tipe kucing dengan bulu pendek anda bisa mencari sisir halus dengan panjang gigi yang sama rata.
  3. tipe undercoat. Biasanya digunakan saat kucing sedang masa shedding dan dapat menjangkau bagian dalam (undercoat). Hati-hati jika anda menggunakannya terlalu sering bisa menyebabkan rontok pada top coat bulu kucing. Meskipun kucing dapat menghilangkan bulu rontok dengan sendirinya atau dengan grooming. Namun dengan sisir ini anda dapat menjangkau undercoat yang lebih dalam saat anda menyisir.
  4. tipe womb. Biasanya digunakan untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan dan mampu mengurai bulu yang kusut. Namun lakukan perlahan karena dapat melukai kulit mereka.
  5. tipe pin brush. Sisir ini juga mampu untuk mengurai bulu kusut dan perhatikan penggunaannya agar tidak melukai kulit kucing.
  6. tipe slicker brush. Tipe sisir ini sama dengan pin brush ataupun tipe womb, namun pastikan anda menyisir perlahan agar tidak melukai kulitnya ya!
2. Pilih sisir yang mudah digunakan, agar anda tidak mengalami kesulitan saat menyisir bulu kucing anda dan mereka merasa nyaman saat disisir.
3. Pilihlah sisir dengan kemampuannya yang efektif. Sisir yang efektif adalah sisir yang mampu menghilangkan semua bulu yang tidak diinginkan bahkan bisa menarik kutu hingga telurnya jika kucing anda berkutu.

    Setelah anda mengetahui jenis-jenis sisir untuk kucing anda, sekarang anda dapat memilih sisir yang lebih efektif untuk kucing anda! Karena sisir pada umumnya memiliki fungsi yang sama, namun kenyamanannya sendiri ditentukan dari bentuk dan fungsinya serta kebutuhan dari kucing anda. Jika memang kucing anda memiliki masalah lebih dari satu, tidak ada salahnya untuk memiliki sisir lebih dari satu kan!

Selain dapat grooming di Hewania anda juga bisa mengkonsultasikan kesehatan anabul di klinik Hewania! Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

   Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!