bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Alergi Sengatan Lebah: Ini Gejala dan Cara Mengatasinya

December 12, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, Sengatan lebah pada kucing dapat menjadi berbahaya, terutama jika kucing mengalami reaksi alergi terhadap bisa lebah. Beberapa kucing dapat mengalami reaksi lokal ringan seperti pembengkakan, kemerahan, dan gatal-gatal di area yang terkena. Namun, pada beberapa kasus, kucing bisa mengalami reaksi alergi yang lebih serius.

Gejala reaksi alergi yang serius terhadap sengatan lebah pada kucing melibatkan pembengkakan yang lebih parah, kesulitan bernafas, dan bahkan lidah atau gusi yang berubah menjadi biru. Reaksi alergi yang parah dapat menyebabkan anafilaksis, suatu kondisi yang mengancam jiwa.

Jika kucing kamu disengat lebah dan menunjukkan gejala reaksi alergi, segera hubungi dokter hewan. Reaksi lokal dapat diatasi dengan menghilangkan sengatnya dan memberikan perawatan lokal, tetapi reaksi alergi yang serius memerlukan perhatian medis segera.

Apa Itu Alergi Sengatan Lebah?

Dengan sekitar 20.000 spesies lebah tersebar di seluruh dunia, makhluk penyerbuk ini memegang peran krusial dalam sistem pangan kita, mendukung reproduksi tanaman dan menyokong pertumbuhan berbagai tanaman seperti mentimun, brokoli, labu, apel, dan madu. Meskipun kontribusi positifnya terhadap lingkungan, lebah seringkali dianggap mengganggu karena memiliki alat penyengat, yang dapat menimbulkan potensi ancaman bagi manusia dan hewan. Meskipun sengatan lebah bisa menyakitkan, namun umumnya merupakan respons defensif, terutama ketika koloni lebah merasa terancam. Penting untuk dicatat bahwa hanya lebah betina yang dapat menyengat, sedangkan tawon dan tabuhan, meskipun memiliki sengatan yang menyakitkan, tidak meninggalkan alat penyengatnya. Sengatan dari lebah atau tawon dapat menyebabkan reaksi alergi ringan hingga parah pada kucing akibat respons negatif mereka terhadap bisa.

Apa Gejala Sengatan Lebah pada Kucing?

Jika kucing kamu terkena sengatan lebah, segera lakukan upaya terbaik untuk menghilangkan sengatnya. Mulailah dengan menenangkan area yang terkena menggunakan pasta yang terbuat dari soda kue dan air untuk meminimalkan rasa sakit. Gejala alergi terhadap sengatan lebah pada kucing mencakup:

  • pembengkakan pada lokasi iritasi, 
  • kemerahan, 
  • perilaku menggaruk atau menjilat lokasi terkena, 
  • agitasi, gangguan pernafasan (reaksi serius), 
  • lidah biru (reaksi serius), 
  • bekas luka dan gatal-gatal, 
  • wajah bengkak, 
  • denyut jantung cepat (reaksi serius jika berkepanjangan), 
  • serta pernapasan cepat (reaksi serius jika berkepanjangan).

Cara Mengatasi Alergi Sengatan Lebah pada Kucing

Dokter hewan akan mendiagnosis alergi sengatan lebah setelah mengevaluasi lokasi sengatan dan efek samping yang terjadi pada kucing. Selanjutnya, pengobatan akan segera dimulai, dan tergantung pada tingkat keparahan gejala, pendekatan pengobatan dapat bervariasi antara kucing satu dan lainnya. Beberapa metode pengobatan melibatkan merawat area sengatan dengan oatmeal atau pasta soda kue untuk menenangkannya, serta penggunaan kompres es untuk mengatasi pembengkakan.

Dokter hewan mungkin memberikan obat sesuai dengan gejala kucing, seperti kortikosteroid atau epinefrin untuk reaksi serius, atau antihistamin seperti Benadryl untuk reaksi ringan hingga sedang. Cairan IV digunakan untuk merehidrasi kucing, memulihkan elektrolit yang hilang, dan dapat mencakup penambahan obat ke dalamnya. Pemantauan dapat dilakukan oleh dokter hewan selama beberapa malam jika reaksi kucing sangat parah, dan penyesuaian dosis obat serta pemantauan tkamu-tkamu vital kucing akan dilakukan secara rutin.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!