bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Jangan Khawatir, Ini Pertolongan Pertama Saat Kucing Keracunan!

December 12, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, mengetahui pertolongan pertama saat kucing mengalami keracunan sangat penting untuk memberikan perawatan yang cepat dan tepat. Keracunan dapat sangat berbahaya bagi kucing dan dapat menyebabkan efek yang bervariasi tergantung pada zat atau bahan yang dikonsumsi.

Yuk ketahui pertolongan pertama saat kucing mengalami keracunan pada artikel dibawah ini! 

Baca Juga: 8 Cara Mengatasi Kucing Keracunan Racun Tikus

Tanda-tanda Keracunan pada Kucing

Tanda-tanda keracunan pada kucing bergantung pada bahan aktif yang dikandung toksin tersebut, namun sebagian besar racun akan menyebabkan gangguan pencernaan, perubahan neurologis, dan gejala gangguan pernapasan. Beberapa tanda-tanda keracunan pada kucing yang lain adalah:

  • Muntah (dengan atau tanpa darah) 
  • Diare (dengan atau tanpa darah) 
  • Air liur berlebihan (ngiler) 
  • Batuk 
  • Nafas sesak 
  • Bersin 
  • Nafas cepat 
  • Pembengkakan atau peradangan kulit 
  • Depresi
  •  Rangsangan Inkoordinasi atau gaya berjalan tidak stabil 
  • Gemetar 
  • Kejang 
  • Koma 
  • Anemia
  • Demam 

Apakah Keracunan pada Kucing Berbahaya?

Ya, keracunan dapat sangat berbahaya bagi kucing dan dapat menyebabkan efek yang bervariasi tergantung pada zat atau bahan yang dikonsumsi. Beberapa gejala umum keracunan pada kucing meliputi:

  • Muntah dan Diare: Ini adalah respons alami tubuh untuk mencoba membersihkan zat beracun dari sistem pencernaan.
  • Lesu: Kucing yang mengalami keracunan seringkali menjadi lemah dan cenderung tidak aktif.
  • Perubahan Perilaku: Kucing dapat menunjukkan perubahan dalam perilaku mereka, seperti kegelisahan atau kecemasan yang tidak biasa.
  • Gangguan Pernafasan: Beberapa zat beracun dapat menyebabkan masalah pernapasan pada kucing.
  • Gangguan Saraf: Keracunan dapat memengaruhi sistem saraf, menyebabkan kejang atau perubahan perilaku yang mencolok.
  • Masalah Pada Organ-organ Internal: Beberapa zat beracun dapat merusak organ-organ internal seperti hati, ginjal, atau jantung.
  • Dehidrasi: Muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat memperburuk kondisi kucing.
  • Gangguan Jantung: Beberapa zat beracun dapat memengaruhi fungsi jantung, menyebabkan detak jantung yang tidak normal.
  • Kematian: Jika tidak ditangani dengan cepat, keracunan dapat menyebabkan kematian pada kucing.

Zat beracun yang umum pada kucing termasuk beberapa jenis tanaman, obat-obatan manusia, bahan pembersih rumah tangga, makanan tertentu (seperti cokelat dan bawang), antifreeze, dan pestisida. Kucing memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap berbagai zat, dan jumlah yang relatif kecil dari suatu zat dapat berpotensi berbahaya.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Kucing Kejang Keracunan

Pertolongan Pertama Saat Kucing Keracunan

Pertolongan pertama saat kucing mengalami keracunan melibatkan langkah-langkah yang cepat dan tepat guna meminimalkan risiko serta mendapatkan bantuan medis secepat mungkin. Berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan:

Hubungi Dokter Hewan

Langkah pertama yang paling penting adalah menghubungi dokter hewan atau klinik hewan segera. Berikan informasi sebanyak mungkin tentang zat atau bahan yang mungkin telah dikonsumsi kucing.

Jangan Memberikan Obat Sendiri

Hindari memberikan obat atau bahan lain kepada kucing tanpa petunjuk dokter hewan. Beberapa zat yang aman bagi manusia dapat berbahaya bagi kucing.

Identifikasi Zat Beracun

Jika mungkin, identifikasi zat beracun yang mungkin dikonsumsi oleh kucing. Ini membantu dokter hewan memberikan perawatan yang lebih efektif.

Cuci Mulut atau Hidung (Jika Disarankan)

Hanya lakukan ini jika disarankan oleh dokter hewan. Beberapa zat beracun dapat dicuci dari mulut atau hidung kucing dengan menggunakan air bersih atau larutan garam ringan.

Simpan Sampel Bahan (Jika Mungkin)

Jika memungkinkan, simpan sampel dari bahan yang diduga menjadi penyebab keracunan (seperti muntahan atau kotoran) sebagai referensi untuk dokter hewan.

Pertahankan Kucing Agar Tenang

Hindari stres tambahan pada kucing. Pertahankan lingkungan sekitar yang tenang dan hentikan pemberian makan atau minum sampai mendapatkan petunjuk lebih lanjut dari dokter hewan.

Pantau Gejala

Amati gejala-gejala keracunan seperti muntah, diare, kelemahan, kejang, atau perubahan perilaku. Berikan informasi ini kepada dokter hewan.

Bawa Kucing ke Dokter Hewan

Segera bawa kucing ke dokter hewan atau klinik hewan. Semakin cepat kucing mendapatkan perawatan, semakin baik prognosisnya. Ingatlah bahwa pertolongan pertama tidak dapat menggantikan perawatan media profesional.

Kucing yang mengalami keracunan memerlukan perhatian segera dari dokter hewan untuk diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai. Jangan ragu untuk mencari bantuan medis segera jika kamu mencurigai kucing kamu telah terpapar zat beracun.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!