bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Apa itu Catnip? Bagaimana fungsinya dan apakah aman untuk Kucing?

January 26, 2024by HEWANIA0

Banyak orang yang familiar dengan catnip, namun tidak semua orang mengetahui jenis tanamannya atau ilmu pengetahuan di balik pengaruhnya terhadap suasana hati dan perilaku kucing.

Artikel ini akan memberi Anda beberapa wawasan tentang cara kerja catnip, mengapa kucing tergila-gila padanya, dan apakah kucing terlalu banyak mengonsumsi catnip.

Baca Juga: Apa itu Anafilaksis pada Kucing? Simak Penjelasannya!

Apa itu Catnip?

Catnip, atau Nepeta cataria, adalah ramuan umum yang merupakan anggota keluarga mint. Ini adalah tanaman yang mudah tumbuh di Amerika Utara dan memiliki dedaunan hijau muda seperti bulu dengan bunga lavender.

Daun catnip sebenarnya telah digunakan untuk membuat teh, dan bunganya dikatakan dapat meredakan batuk. Ini juga merupakan bahan utama dalam beberapa semprotan serangga alami.

 

Apa yang Dilakukan Catnip pada Kucing? Bagaimana Cara Kerja Catnip?

Kucing memiliki organ penciuman ekstra yang disebut kelenjar vomeronasal di langit-langit mulutnya. Jalur khusus ini memungkinkan aroma yang terkumpul di hidung dan mulut dibawa ke otak.

Nepetalactone adalah minyak yang ditemukan di dalam daun tanaman catnip yang dapat menyebabkan perubahan perilaku pada kucing. Agar kucing bisa terkena zat ini, mereka harus mencium bau catnip.

Catnip meniru hormon seks kucing, jadi kucing yang menyukai zat ini seringkali menunjukkan perilaku yang mirip dengan kucing betina yang sedang birahi (meskipun kucing jantan dan betina dapat mengalami efeknya). Perilaku ini dapat mencakup tanda-tanda kasih sayang, relaksasi, dan kebahagiaan yang jelas. Kucing lain akan menunjukkan perilaku aktif, seperti main-main atau bahkan agresif.

Bagi kucing yang memiliki pengalaman positif dengan catnip, catnip dapat membantu mengurangi kecemasan bahkan menghilangkan rasa sakit.

Beberapa dokter hewan merekomendasikan penggunaan catnip untuk membantu mengatasi kecemasan akan perpisahan jika kucing Anda akan berada di rumah sendirian untuk waktu yang lama.

 

Apakah Catnip Berfungsi pada Semua Kucing?

Tidak semua kucing akan merespon senyawa aktif dalam catnip. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa sekitar 60% kucing akan mengalami reaksi perilaku terhadap catnip. Jika kucing Anda tidak bereaksi terhadap catnip, Anda bisa mencoba tanaman anggur perak.

Terdapat juga bukti bahwa respon kucing terhadap catnip merupakan sifat dominan yang didasarkan pada genetika.

 

Berapa Lama Catnip Bertahan?

Efek Catnip akan bervariasi lamanya, tergantung kucingnya. Biasanya, perilaku yang berhubungan dengan mencium catnip akan berlangsung sekitar 10 menit dan kemudian hilang secara bertahap. Diperlukan waktu 30 menit tanpa mencium bau catnip agar kucing rentan terhadap efeknya lagi. Catnip memang kehilangan keampuhannya seiring berjalannya waktu, jadi disarankan untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk kesegaran maksimal.

 

Bisakah Anak Kucing Memiliki Catnip?

Catnip tidak berbahaya bagi anak kucing, namun sebagian besar kucing tidak akan bereaksi terhadap catnip hingga mereka berusia 6 bulan hingga 1 tahun. Beberapa kucing mungkin merupakan pengecualian terhadap aturan ini, karena sensitivitasnya akan meningkat secara perlahan selama bertahun-tahun.

 

Bolehkah Kucing Makan Catnip? Apakah Ini Aman?

Kucing dapat menelan catnip, dan bahkan mungkin bermanfaat untuk saluran pencernaannya.

Tanaman catnip sebenarnya telah digunakan oleh manusia karena sifat antidiarenya. Oleh karena itu, penting untuk mencegah kucing Anda menelan catnip dalam jumlah besar, karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan.

 

Bisakah Kucing Overdosis pada Catnip?

Catnip yang terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada kucing, seperti muntah, diare, pusing, atau kesulitan berjalan. Gunakan sedikit demi sedikit, dan Anda selalu dapat mendiskusikan jumlah yang tepat untuk kucing Anda dengan dokter hewan.

Catnip segar lebih kuat dibandingkan catnip kering, jadi Anda tidak perlu memberi kucing Anda terlalu banyak. Disarankan juga untuk menghindari minyak catnip yang sangat pekat karena potensinya.

 

Cara Menggunakan Catnip

Catnip tersedia dalam berbagai bentuk:

  1. Catnip segar (menanam tanaman catnip Anda sendiri)
  2. Tanaman catnip kering
  3. Semprotan atau gelembung Catnip
  4. Mainan diisi dengan catnip kering

Semprotan catnip adalah pilihan yang baik untuk kucing yang sakit perut karena menelan tanaman tersebut. Anda bisa menyemprotkan mainan kesukaan kucing, pohon kucing, atau alat cakaran kucing. Anda juga bisa menaburkan catnip kering pada pohon kucing, tiang garukan, atau alat penggaruk karton, atau Anda bisa menggulung mainan di dalamnya.

    Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!