bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Apakah Anjing Buta Warna? Ini Faktanya!

November 14, 2023by Galih Primananda0

Kecuali jika mereka memiliki cacat lahir, penyakit, atau pernah mengalami trauma yang memengaruhi penglihatannya, anjing memiliki penglihatan yang sangat baik. Tapi hanya karena mereka bisa melihat dengan baik bukan berarti mereka bisa melihat semua warna yang sama seperti yang bisa dilihat manusia. 

Banyak orang mengira anjing hanya bisa melihat hitam dan putih, padahal ternyata tidak benar lho. Yuk ketahui jawaban dari pertanyaan apakah anjing buta warna pada artikel dibawah ini!

Apa Itu Buta Warna?

Buta warna, atau disebut juga daltonisme, adalah kondisi penglihatan yang mempengaruhi kemampuan seseorang untuk membedakan warna dengan benar. Pada kebanyakan kasus buta warna, hal ini disebabkan oleh ketidaknormalan atau kekurangan pada pigmen dalam sel-sel mata yang disebut fotoreseptor, khususnya pada pigmen opsins yang peka terhadap warna.

Orang-buta warna mungkin mengalami kesulitan membedakan antara warna-warna tertentu, terutama warna merah dan hijau. Ada juga jenis buta warna lainnya, seperti ketidakmampuan membedakan antara warna biru dan kuning. Meskipun buta warna umumnya bersifat genetik dan diturunkan, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan atau cedera pada mata.

Penting untuk dicatat bahwa buta warna bukanlah bentuk kebutaan total, tetapi lebih merupakan ketidakmampuan untuk membedakan beberapa warna secara normal. Meskipun tidak dapat disembuhkan, kebanyakan orang-buta warna dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan memanfaatkan bantuan teknologi atau metode lainnya untuk membantu mengatasi tantangan sehari-hari yang berkaitan dengan penglihatan warna.

Apakah Anjing Buta Warna?

Apakah anjing buta warna? Jawabannya, anjing tidak buta warna sepenuhnya, tetapi penglihatan mereka berbeda dengan manusia. Manusia memiliki tiga jenis fotoreseptor warna atau sel kerucut (sensitif terhadap merah, hijau, dan biru) di mata, sedangkan anjing hanya memiliki dua (sensitif terhadap biru dan kuning). Oleh karena itu, manusia dapat membedakan lebih banyak warna daripada anjing.

Meskipun anjing tidak dapat melihat warna seperti manusia, mereka masih memiliki penglihatan yang cukup baik dalam kondisi cahaya rendah. Mereka memiliki lebih banyak batang, yang membantu dalam melihat dalam kegelapan. Anjing juga dapat mendeteksi gerakan dengan sangat baik.

Apa Warna yang Bisa Dilihat oleh Anjing?

Manusia biasanya memiliki tiga jenis kerucut—bagian mata yang memungkinkan melihat warna. Namun berbeda dengan manusia, anjing hanya memiliki dua jenis kerucut. Artinya, manusia memiliki kemampuan untuk melihat variasi yang lebih banyak dan warna yang lebih cerah dibandingkan anjing. 

Meski begitu, anjing tidak hanya melihat dalam warna hitam, putih dan abu-abu. Dua jenis kerucut yang dimiliki anjing memungkinkan mereka melihat warna kuning, biru, dan coklat di samping warna  hitam, putih, dan abu-abu. 

Kerucut ini tidak memungkinkan mereka melihat warna merah atau hijau, jadi anjing malah melihat warna merah dan hijau sebagai warna coklat atau abu-abu. Karena anjing tidak melihat warna merah dan hijau, pilihlah warna kuning dan biru saat memilih mainan untuk anjing. 

Warna-warna ini dapat dilihat sebagai corak aslinya, sehingga lebih menarik bagi anjing. Inilah salah satu alasan mengapa bola tenis kuning begitu populer di kalangan anjing, meskipun anjing tidak melihatnya secerah manusia.

Kesimpulan

Itulah jawaban dibalik pertanyaan apakah anjing buta warna. Meskipun anjing tidak dapat melihat warna merah dan hijau dengan jelas, mereka dapat membedakan berbagai tingkat kecerahan dan kontras. Oleh karena itu, meskipun tidak sepenuhnya buta warna, anjing melihat dunia dengan skala warna yang lebih terbatas daripada manusia.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!