bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Apakah Mata Kucing Berair Bisa Sembuh dengan Sendirinya?

Apakah mata kucing berair bisa sembuh dengan sendirinya? Ini adalah pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh para pemilik kucing. Mata kucing yang berair bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa kasus, terutama jika penyebabnya adalah iritasi ringan atau faktor lingkungan yang sementara. 

Namun, sangat penting untuk memperhatikan gejala yang muncul dan memastikan bahwa tidak ada masalah kesehatan yang lebih serius yang memerlukan perhatian medis. Dalam situasi seperti itu, berkonsultasi dengan dokter hewan adalah langkah terbaik untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang sesuai guna memastikan kesehatan mata kucing kita.

Yuk ketahui jawaban dibalik lebih dalam dibalik pertanyaan apakah mata kucing berair bisa sembuh dengan sendirinya pada artikel di bawah ini. Selain itu, kamu juga akan mengetahui penyebab dari salah satu masalah kesehatan yang cukup sering menimpang kucing ini.

Simak dibawah!

Kondisi Mata Kucing Berair

Selain berair, mata kucing mungkin akan terlihat kemerahan dan terkadang kerak terbentuk di sekitar mata. Jika mata kucing berair, kucing kamu akan terlihat seperti sedang menangis. 

Penyebabnya bisa banyak, termasuk iritasi. Penampilan yang tidak normal pada mata kucing dapat menandakan adanya  penyakit serius seperti rhinotracheitis virus pada  kucing. Penyakit ini dapat menyebabkan mata kucing iritasi, meradang, dan berair.

 “Epihora” adalah istilah yang digunakan untuk kotoran mata pada kucing. Cairan yang keluar mungkin bening dan berair, namun pada kasus peradangan bisa juga tampak berlendir, kecoklatan, atau kemerahan.

Penyebab Mata Kucing Berair

Kondisi mata kucing berair bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, diantaranya:

  • Udara dingin atau hangat dan sangat kering 
  • Pasir atau debu 
  • Kontak dengan semprotan dan gas 
  • Benda asing di mata seperti rambut kecil 
  • Kelopak mata bawah yang menggulung Infeksi yang disebabkan oleh jamur, virus atau bakteri 
  • Obstruksi saluran nasolakrimalis dan obstruksi aliran keluar air mata 
  • Peradangan atau luka pada kornea, misalnya setelah berkelahi dengan kucing lain
  • Glaukoma

Apakah Mata Kucing Berair Bisa Sembuh dengan Sendirinya?

Mata kucing yang berair bisa sembuh sendiri dalam beberapa kasus, terutama jika penyebabnya adalah iritasi sementara atau faktor lingkungan yang sementara. Namun, jika mata kucing terus-menerus berair atau ada gejala lain yang mengkhawatirkan, penting untuk memperhatikannya dan berkonsultasi dengan dokter hewan.

Mata berair pada kucing dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk alergi, infeksi, iritasi oleh benda asing, atau masalah kesehatan yang mendasarinya. Jika penyebabnya adalah iritasi sementara atau alergi ringan, gejala mungkin membaik dengan sendirinya ketika pemicu dihilangkan atau kucing mengatasi alergi tersebut.

Namun, dalam beberapa kasus, mata berair dapat menjadi tanda adanya masalah yang lebih serius, seperti infeksi bakteri atau virus. Jika mata kucing terus mengeluarkan air mata, ada sekresi berlebihan, peradangan, atau gejala lain seperti gatal, pembengkakan, atau kekeruhan pada mata, segeralah berkonsultasi dengan dokter hewan. Dokter hewan dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh untuk menentukan penyebabnya dan memberikan pengobatan yang sesuai.

Jadi, sementara mata kucing yang berair bisa sembuh sendiri dalam beberapa kasus, tetap penting untuk mengawasi gejala dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan, termasuk berkonsultasi dengan dokter hewan, untuk memastikan kesehatan mata kucing tetap optimal.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online lewat aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan berbagai fitur dan layanan yang membantu kamu merawat hewan peliharaan secara lebih baik.

Mulai dari penjadwalan kunjungan ke dokter hewan, memberikan saran tentang diet dan nutrisi yang tepat, hingga artikel kesehatan-kesehatan menarik yang membantu menjaga kesehatan hewan peliharaan kamu.

Jadi, tunggu apa lagi? Jadilah bagian dari komunitas Hewania dan nikmati kemudahan dalam merawat hewan peliharaan kamu dengan aplikasi yang tepat.

Unduh sekarang di Google Play atau App Store dan bergabunglah dengan ribuan pemilik hewan peliharaan yang merasa puas dengan aplikasi Hewania.

Jangan biarkan kesehatan hewan peliharaanmu terabaikan, mulailah merawat mereka dengan lebih baik hari ini!

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!