bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

AnjingFoodApakah Rawhide Aman Untuk Menjadi Pakan Anjing?

April 20, 2023by HEWANIA0

     Meskipun banyak pilihan makanan jenis gigit-gigitan, namun rawhide tetap menjadi pilihan saat diberikan untuk anjing kesayangan anda. Selain itu karena mereka sangat senang dan mengunyahnya dengan baik. Namun apakah rawhide aman untuk anjing?

Berikut penjelasan mengenai keamanan rawhide untuk anjing.

 

Apa itu rawhide? 

       Rawhide adalah kulit mentah bagian dalam yang terbuat dari kulit sapi yang dikeringkan dan dibentuk seperti tulang.

Rawhide dipisahkan dari hewan dengan proses:

  1. Kulit dicelupkan ke dalam air garam dengan kadar tinggi untuk memperlambat pembusukan sehingga rasanya menjadi sangat asin.
  2. Kulit dicuci dengan detergen dan hidrogen peroksida agar berwarna putih.
  3. Menghilangkan bulu yang menempel dengan rendaman air kimia keras.
  4. Ditambah jeruk untuk memisahkan lapisan kulit.
  5. Ditambah perasa dan dibentuk menjadi tulang dengan lem.

        Itulah tahapan atau proses pembuatan rawhide sehingga dapat dikunyah oleh anjing anda. Terkadang saat anda membuka rawhide dari bungkusnya tercium bau tidak enak? Hal itu terjadi karena lemak pada kulit tidak dipisahkan dari lapisannya. Selain itu warna putih dari rawhide berasal dari perendaman dengan bahan beracun untuk anjing. Sehingga banyak diantara mereka mengalami muntah, diare, penurunan nafsu makan.

Baca Juga: Pentingnya Cat Grooming untuk Kucing! Dan kapan waktu yang tepat? Ini Jawabannya

4 resiko rawhide untuk anjing

  1. Menyebabkan obstruksi

         Kulit mentah bukan untuk dikunyah ataupun dimakan. Jika sampai anjing anda menelan rawhide nya kemungkinan menimbulkan penyumbatan pada saluran pencernaannya dan menimbulkan diare dan muntah. Bahkan kerusakan yang serius bisa mengancam nyawa.

2. Tersedak

       Saat potongan besar tersangkut di tenggorokan bisa menimbulkan tersedak pada anjing anda. Tindakan operasi mungkin akan diperlukan jika potongan tersebut sulit untuk dikeluarkan. 

3. Merusak gigi

       Banyak yang mengira memberikan rawhide bisa membantu membersihkan giginya, namun hal tersebut ternyata salah. Bagian keras yang melindungi gigi kita ataupun gigi anjing disebut sebagai enamel. Ketebalan enamel anjing hanya seperempat dari ketebalan enamel kita. Yang berarti saat mereka menggigit sesuatu yang sangat keras kemungkinan besar giginya akan patah. Dan anjing sangat pandai, mereka akan menyembunyikan rasa sakitnya sehingga anda akan mengira hal tersebut baik-baik saja.

4. Kontaminasi

     Rawhide tidak dipungkiri memiliki resiko menularkan bakteri salmonella / E.coli pada anjing anda. Dan kontaminasi ini juga bisa menular kepada anda dan keluarga.

 

Alternatif rawhide untuk anjing

     Banyak alternatif lain rawhide untuk anjing anda yang jauh lebih aman. Seperti :

  1. Uji jalar. Ubi jalar dikeringkan bisa anda gunakan sebagai pengganti.
  2. Toy Kong. Mainan jenis ini juga bisa membantu untuk membersihkan gigi anjing anda.
  3. Berbagai macam dental chew seperti pedigree dentastix, purina dentalife, virbac C.E.T. oral chew, greenies denta treats, atau berbagai produk denta chew yang ada di pet supply kota anda.

     Sekarang menjadi keputusan anda untuk tetap memberikannya rawhide atau menggantinya menjadi denta chew lain yang lebih aman untuk anjing anda. Jika ditilik dari keefektifan fungsinya untuk menjaga kebersihan gigi tergantung dari berapa lama anjing anda mengunyahnya. Namun jika anjing anda gulper (makan tergesa-gesa atau rakus) tidak akan membantu untuk mencegah penyakit periodontal. Jika ditanya apakah rawhide aman untuk anjing? Maka jawabannya ada dua, sisi positifnya rawhide sangat menyenangkan untuk dikunyah oleh anjing anda, dan mungkin juga bisa membantu membersihkan giginya. Serta akan mengurangi kegiatan anda scaling dengan dokter hewan. Sedangkan sisi negatifnya, saat memakan rawhide tidak dipungkiri adanya paparan toksin berbahaya, tersedak hingga sumbatan pada saluran pencernaannya. Jika ini terjadi mungkin anjing anda memerlukan pencabutan gigi hingga tindakan operasi yang membutuhkan biaya yang jauh lebih besar. 

      Jika memang anda akan tetap memberikan rawhide pastikan anda mengawasi kegiatan anjing anda. Konsultasikan pada dokter hewan anda jika anda menemukan gangguan pada anjing anda setelah mengkonsumsi rawhide. Konsultasi pakan anjing sehari-hari dapat dikonsultasikan dengan Download Aplikasi Hewania atau melalui website Hewania sekarang! Konsultasi Online

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!