bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanBisakah Kucing Makan Sosis? Jangan Sembarangan, Ini Faktanya!

Oktober 14, 2022by HEWANIA0

Hewanians, pada dasarnya kucing merupakan hewan karnivora. Dengan fakta tersebut, apakah kucing bisa makan makanan apapun dengan bahan dasar daging termasuk sosis? Buat kamu yang penasaran tentang bisakah kucing makan sosis, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Bisakah Kucing Makan Roti? Ini Faktanya!

Bisakah Kucing Makan Sosis?

Secara natural, kucing memang merupakan hewan karnivora. Namun, kamu perlu tahu bahwa tidak semua makanan olahan daging yang biasa kita makan bisa aman dimakan kucing.

Meski tidak sepenuhnya bahaya, namun banyak ahli tidak merekomendasikan sosis untuk dimakan kucing. Hal ini karena sosis biasanya sudah diproses dan mengandung bumbu serta pengawet yang bisa jadi racun untuk kucing.

Selain itu, sosis juga bisa mengandung jumlah lemak yang tidak sehat bagi kucing. Bahkan dalam porsi kecil. Lemak trans ini juga bisa menyebabkan masalah pada pencernaan kucing.

Beberapa sosis juga punya kandungan garam yang tinggi, mengandung sulfit nitrat, dan pengawet lain yang bisa membuat kucing kamu keracunan. Tak hanya kandungannya saja, banyak sekali sosis yang diolah dengan tambahan bahan lain yang dapat berbahaya bagi kucing kamu.

Bahan-bahan seperti rempah-rempah, bawang merah, bawang putih, dan juga bahan tambahan lainnya dapat menjadi racun bagi kucing kamu.

Baca juga: Bisakah Kucing Minum Susu?

Adakah Pengecualian Untuk Memberikan Sosis untuk Kucing?

Jika sosis yang kamu berikan adalah murni daging tanpa pengawet dan bahan tambahan, kamu bisa memberikan makanan ini dalam sepotong kecil saja. Namun hal ini masih tidak direkomendasikan jika kucing kamu punya masalah dalam kelebihan berat badan.

Hal penting lainnya adalah, kamu harus memasak sosis tersebut dengan benar. Jangan pernah menyajikan sosis mentah untuk kucing kamu. Hal ini karena sosis tersebut bisa mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella.

Selain itu, kamu sebaiknya memotong-motong sosis tersebut dalam potongan kecil. Pastikan untuk melepas plastik yang biasanya membungkus sosis sebelum memberikannya pada kucing kamu. Plastik ini bisa membuat kucing kamu sulit untuk menelan dan dapat menyebabkan mereka tersedak. 

Baca juga: 5 Makanan yang Berbahaya untuk Kucing. Hati-hati!

Kesimpulan

Itulah jawaban bisakah kucing makan sosis. Sebelum memberi makanan pada kucing kamu, selalu pastikan kamu mengikuti saran dari dokter hewan. Tidak semua makanan yang ideal buat manusia bisa aman bagi kucing.

Sebelum memilih makanan yang tepat untuk kucing, kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online terlebih dahulu di aplikasi Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan solusi kebutuhan kesehatan hewan dalam satu genggaman.

Selain konsultasi dokter hewan, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya lewat aplikasi ini.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!