bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanBisakah Kucing Makan Telur? Ini Jawabannya!

Desember 13, 2022by HEWANIA0

Hewanians, telur dikenal sebagai salah satu makanan yang punya nutrisi yang baik bagi manusia. Lalu, bagaiamana dengan kucing kamu? Apakah mereka bisa memakan telur? Buat kamu yang penasaran, yuk simak penjelasan bisakah kucing makan telur di bawah ini!

Baca juga: Bisakah Kucing Makan Sosis? Jangan Sembarangan, Ini Faktanya!

Bisakah Kucing Makan Telur?

Sudah bukan rahasia umum jika protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing. Telur, makanan yang terkenal punya protein yang tinggi, mungkin jadi salah satu pilihan kamu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anabul.

Lalu, apakah telur aman untuk kucing? Bisakah kucing makan telur? Ya, ternyata kucing bisa makan telur! Faktanya, telur yang dimasak matang merupakan suguhan nutrisi yang baik bagi kucing kamu.

Telur memiliki kandungan nutrisi yang baik, seperti asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein dan mudah dicerna. Meski telur aman untuk kucing kamu, namun ada beberapa catatan yang harus kamu perhatikan.

Pertama, sebisa mungkin hindari garam atau bumbu lain pada saat menyajikan telur untuk kucing. Kedua, pastikan cangkang telur sudah bersih sebelum kamu memberikannya pada kucing.

Baca juga: Bisakah Kucing Makan Roti? Ini Faktanya!

Apakah Telur Baik untuk Kucing?

Kamu sudah mengetahui jawaban dari pertanyaan bisakah kucing makan telur. Pertanyaan selanjutnya adalah, apakah telur adalah makanan yang baik untuk kucing? 

Secara natural, kucing merupakan hewan karnivora wajib. Artinya, makanan utama mereka adalah protein daging. Putih telur sendiri mengandung banyak protein. Di sisi lain, kuning telur merupakan sumber lemak sehat yang baik bagi kucing kamu.

Nah, ternyata protein bukan cuma satu-satunya kandungan nutrisi yang baik untuk kucing loh! Kandungan telur lain yang baik untuk kucing adalah:

  • Asam Amino: Telur mengandung berbagai macam asam amino, termasuk taurin. Taurin memainkan peran yang penting  dalam meningkatkan penglihatan, pencernaan, fungsi jantung, kekebalan,  kehamilan yang sehat, dan perkembangan janin untuk kucing.
  • Lemak Sehat: Kucing membutuhkan lemak sehat dalam makanannya dan telur adalah sumber yang bisa mereka andalkan. Memberi kucing kamu sedikit telur akan memberinya lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan jantung, lemak tak jenuh ganda seperti asam lemak omega-3 dan omega-6 untuk kesehatan otak, sistem saraf, dan jantung. 
  • Vitamin: Selain asam amino dan lemak sehat, telur juga mengandung sejumlah vitamin yang baik, termasuk Vitamin A, B12, D, E, Biotin, Riboflavin, dan Tiamin. Masing-masing vitamin ini bermanfaat bagi kesehatan kucing kamu. Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan kucing dari vitamin termasuk, menyediakan energi, antioksidan untuk mendukung kekebalan tubuh, dan banyak lagi. 
  • Mineral: Besi, selenium, dan seng semuanya bisa ditemukan di dalam telur. Ketiganya masing-masing meningkatkan produksi hemoglobin, kesehatan kekebalan tubuh, dan sintesis kolagen.

Baca juga: Simak, Ini 7 Tips Memberikan Makanan untuk Kucing Hamil!

Apakah Telur adalah Makanan yang Baik untuk Kucing?

Meski punya segudang nutrisi yang baik, namun kucing bukanlah makanan yang tepat untuk kucing. Kamu tidak bisa hanya memberikan kucing kamu telur saja dalam sehari. Hal ini karena telur hanya mengisi sebagian dari kebutuhan nutrisi kucing.

Berapa Banyak Telur yang Aman untuk Kucing?

Kamu hanya bisa memberikan telur pada kucing dalam batas yang normal saja. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, telur tidak bisa meng-cover semua kebutuhan nutrisi kucing. Artinya makanan ini bukan makanan lengkap bagi kucing.

Saat kamu memberikan telur untuk kucing, anggaplah hal ini seperti memberikan cemilan. Jangan pernah memberikan telur secara berlebihan pada kucing kamu.Tidak boleh lebih dari 10% kalori harian kucing kamu. 

Bisakah Kucing Makan Telur Mentah?

Sayangnya hal ini tidak boleh. Telur mentah tidaklah cocok untuk tubuh kucing kamu. Ketika telur tidak dimasak atau bahkan setengah matang, makanan ini bisa mengandung bakteri salmonella.

Selain itu, putih telur yang mentah juga punya dampak buruk bagi kucing. Putih telur mengandung avidin, protein pengikat biotin. Protein ini dapat mencegah penyerapan vitamin B7 yang dapat membuat kucing kamu kekurangan vitamin.

Apakah Kucing Suka Telur?

Hal ini akan tergantung pada kucing kamu. Setiap kucing punya selera makanannya tersendiri. Artinya, tidak semua kucing suka dan cocok untuk memakan telur. Mereka juga terkenal sebagai hewan yang cukup pilih-pilih dalam hal makanan.

Untuk mengetahui secara pasti, lihat bagaimana reaksi kucing Anda terhadap sebagian kecil telur yang dimasak. Jika kucing kamu menyukai telur, coba perkenalkan mereka dengan nutrisi hewan peliharaan yang menyertakan telur sebagai bahan unggulan. 

Bisakah Anak Kucing Makan Telur? 

Ya, anak kucing dapat memiliki telur. Tetapi mengingat anak kucing tidak membutuhkan kalori yang banyak setiap hari, telur bukanlah pilihan terbaik. Sebagai gantinya, pastikan kamu memberi anak kucing nutrisi yang mereka butuhkan dengan makanan dan camilan yang dibuat khusus untuk tahap kehidupan mereka. 

Kamu bisa mengetahui makanan anak kucing yang paling cocok berdasarkan tahap kehidupannya disini!

Kesimpulan

Itulah penjelasan terhadap pertanyaan bisakah kucing makan telur. Masih penasaran dengan makanan apa saja yang baik bagi kucing kamu? Kamu bisa menanyakannya langsung pada dokter hewan di aplikasi Hewania.

Aplikasi Hewania menyediakan layanan konsultasi dokter hewan secara online. Selain layanan konsultasi dokter hewan online, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan yang menarik lainnya di aplikasi Hewania.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!