bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanMudah, Ini 9 Cara Membersihkan Telinga Kucing di Rumah!

Januari 6, 2023by Galih Primananda0

Hewanians, meskipun kucing sangat suka membersihkan dirinya sendiri, namun kita juga tetap bisa membantu mereka dalam beberapa hal. Salah satu hal yang bisa kita bantu adalah dengan membersihkan telinga mereka. 

Berikut ini cara membersihkan telinga kucing yang bisa kamu lakukan!

Baca juga: Cara Melakukan Grooming Anak Kucing Persia

Kenapa Grooming pada Kucing Penting?

Membersihkan telinga termasuk salah satu kegiatan grooming pada kucing. Sebagai hewan yang sangat suka membersihkan diri, ternyata grooming itu penting bagi kucing loh!

Grooming adalah kegiatan membersihkan dan merawat bulu kucing. Ini merupakan kegiatan yang penting bagi kucing karena membantu mereka menjaga kebersihan, kesehatan, dan kesejahteraan. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa grooming penting bagi kucing:

  1. Menjaga kebersihan: Kucing menggunakan lidahnya untuk membersihkan bulu mereka sendiri, tetapi tidak selalu cukup. Grooming dapat membantu membersihkan kotoran, debu, atau serangga yang terjebak di bulu kucing.
  2. Mencegah kelebihan bulu: Kucing memiliki bulu yang sangat panjang dan tebal, yang dapat menyebabkan kelebihan bulu apabila tidak dibersihkan dengan baik. Grooming dapat membantu mencegah kelebihan bulu yang dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kelebihan panas atau iritasi kulit.
  3. Menjaga kesehatan kulit: Grooming dapat membantu menjaga kulit kucing sehat dengan membersihkan kotoran, debu, dan kelebihan bulu yang dapat menyebabkan iritasi kulit.
  4. Meningkatkan interaksi: Grooming merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi kucing dan dapat meningkatkan interaksi antara kucing dan pemiliknya. Ini juga dapat membantu menciptakan ikatan yang lebih kuat antara kucing dan pemiliknya.
  5. Membantu mengenali masalah kesehatan: Selama proses grooming, kamu dapat mengamati kucing kamu secara dekat dan menemukan tanda-tanda masalah kesehatan seperti luka, iritasi kulit, atau kelenjar yang membesar. Ini dapat membantu kamu segera mengatasi masalah kesehatan tersebut.

Jadi, grooming adalah kegiatan yang penting bagi kucing karena membantu menjaga kebersihan, kesehatan, dan kesejahteraan mereka. Jika kamu merasa tidak mampu melakukan grooming sendiri, kamu dapat meminta bantuan dokter hewan atau groomer profesional untuk membantu kamu.

Baca juga: Sebelum Memelihara Kucing, Yuk Ketahui Apa Saja Perawatan yang Diperlukan

Yang Kamu Butuhkan untuk Membersihkan Telinga Kucing

Untuk membersihkan telinga kucing, kamu akan membutuhkan beberapa alat sebagai berikut:

  1. Cotton balls atau cotton swabs: Alat ini digunakan untuk membersihkan bagian luar telinga kucing dan menghapus kotoran yang terjebak di sana. Jangan menggunakan cotton swabs yang terlalu dalam ke dalam telinga kucing karena dapat merusak telinga mereka.
  2. Solusi pembersih telinga: Solusi ini digunakan untuk membersihkan bagian dalam telinga kucing. Pastikan untuk menggunakan solusi yang dirancang khusus untuk kucing dan tidak menggunakan air atau produk lain yang tidak sesuai.
  3. Kain lembut: Kain ini digunakan untuk menghapus kelebihan solusi pembersih telinga dari telinga kucing setelah membersihkannya.
  4. Gunting bulu telinga: Gunting ini digunakan untuk memotong bulu telinga yang terlalu panjang atau kusut di sekitar telinga kucing. Pastikan untuk menggunakan gunting yang tepat dan tidak memotong terlalu dalam ke dalam telinga kucing.

9 Cara Membersihkan Telinga Kucing

Terdapat beberapa cara membersihkan telinga kucing yang bisa kamu lakukan di rumah:

  1. Persiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti cotton balls atau cotton swabs, solusi pembersih telinga, kain lembut, dan gunting bulu telinga (jika diperlukan).
  2. Letakkan kucing kamu di atas meja atau tempat yang nyaman dan mudah dijangkau. Pastikan kucing kamu merasa aman dan nyaman selama proses grooming.
  3. Buka telinga kucing dengan lembut dengan menggunakan jari kamu. Jangan menarik telinga kucing dengan keras atau memaksa telinga mereka terbuka terlalu lebar.
  4. Bersihkan bagian luar telinga kucing dengan menggunakan cotton balls atau cotton swabs. Usapkan ke bagian luar telinga kucing secara lembut untuk menghapus kotoran yang terjebak di sana.
  5. Tuangkan sedikit solusi pembersih telinga ke dalam telinga kucing. Biarkan solusi tersebut bekerja selama beberapa detik untuk membantu mengeluarkan kotoran yang terjebak di dalam telinga.
  6. Bersihkan bagian dalam telinga kucing dengan menggunakan cotton balls atau cotton swabs yang dibasahi dengan solusi pembersih telinga. Usapkan secara lembut ke bagian dalam telinga kucing untuk membersihkannya.
  7. Keringkan telinga kucing dengan kain lembut. Usapkan kain lembut ke bagian dalam telinga kucing untuk menghapus kelebihan solusi pembersih telinga.
  8. Potong bulu telinga yang terlalu panjang atau kusut di sekitar telinga kucing dengan gunting bulu telinga (jika diperlukan). Pastikan untuk tidak memotong terlalu dekat ke dalam telinga kucing.
  9. Bersihkan alat-alat yang digunakan dengan baik setelah selesai membersihkan telinga kucing.

Ingat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan telinga kucing kamu. Jika kamu merasa tidak yakin cara membersihkan telinga kucing dengan benar, sebaiknya meminta bantuan dokter hewan atau groomer profesional. Membersihkan telinga kucing yang tidak tepat dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di aplikasi Hewania. Terdapat berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan yang menarik lainnya lewat aplikasi Hewania.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!