bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanSebelum Memelihara Kucing, Yuk Ketahui Apa Saja Perawatan yang Diperlukan

Januari 2, 2023by HEWANIA0

ucing merupakan salah satu hewan yang sangat disukai untuk dipelihara dirumah. Penting bagi kita untuk mengetahui perawatan atau cara merawat kucing dengan baik dan menjaganya agar terhindar dari penyakit yang dapat membahayakan nyawanya.

  • Pemilihan makanan yang tepat

Berilah makanan yang terbaik dan tepat untuk kucing, makanan yang sesuai dengan usianya dan dengan nutrisi yang tepat agar mendukung pertumbuhan dan daya tahan tubuhnya, sehingga dapat mengurangi resiko penyakit dan meningkatkan kualitas kesehatan

  • Pemberian obat cacing

Cacingan atau helminthiasis adalah salah satu penyakit yang perlu diperhatikan pada kucing. Cacing yang menginfeksi dapat menyerap nutrisi yang masuk ke tubuh kucing akibatnya bulu kucing terlihat kusam.

Infeksi parasit cacing dapat menyebabkan radang selaput usus dan rasa sakit di bagian perut yang mengakibatkan nafsu makan kucing menurun (bisa menyebabkan muntah pada kucing dan penurunan berat badan yang sangat cepat)

Maka dari itu lakukan pemberian obat cacing untuk kucing sebagai upaya pencegahan terhadap hal-hal tersebut.

  • Pemberian obat kutu

Pemberian obat kutu sangat penting dilakukan untuk menjaga kucing dari gangguan kutu yang berkembangbiak yang dapat menyebabkan gangguan pada kulit, seperti bulu rontok, menggaruk/ menggigit area tertentu, kulit kering, menjilat secara berlebihan dan bau yang menyengat dari kulit serta dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih serius.

  • Vaksinasi

Vaksin adalah mikroorganisme yang dapat berupa virus maupun bakteri yang telah dilemahkan atau dimatikan dan dimasukkan secara sengaja kedalam tubuh untuk menggertak sistem kekebalan tubuh.

Vaksinasi dapat mencegah tingkat kesakitan dan kematian yang tinggi pada hewan kesayangan akibat terserang infeksi penyakit virus maupun bakteri. Kucing yang telah divaksin memiliki sistem imun yang lebih kuat dibandingkan dengan yang belum divaksin karena telah terbentuk antibodi spesifik terhadap penyakit-penyakit yang terdapat dalam vaksin.

Persyaratan dilakukannya vaksinasi meliputi: hewan wajib dalam keadaan sehat (tidak ada respon demam/muntah/diare/kutu/jamur dan sejenisnya), usia dan berat badan sudah memenuhi syarat untuk diberikan vaksinasi, sebaiknya sebelum dan sesudah vaksinasi diberikan vitamin dan nutrisi yang baik (untuk meminimalisir efek samping dari vaksin.

  • Memandikan kucing/ grooming serta menyisir bulu kucing secara teratur

Hal ini diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu kucing sehinggat dapat mengurangi jumlah bulu rontok dan menjaga bulu kucing agar tetap bersih serta dapat menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel pada bulunya.

Writer: drh. Elza Savitri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!