bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Cara Mencegah Gingivitis dan Penyakit Gusi pada Kucing!

January 9, 2024by HEWANIA0

Pemilik kucing wajib tau soal penyakit ini! Cek gusi kucing kamu dan lihat apa ada tanda-tanda gingivitis yang menyebabkan kucing kamu kesulitan makan. Gingivitis pada kucing adalah peradangan pada gusi, yang jika tidak ditangani dengan baik, dapat berkembang menjadi penyakit gusi yang lebih parah. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh penumpukan plak bakteri pada gigi dan sekitar gusi. Penyakit gusi, atau gingivitis yang tidak diobati, dapat menyebabkan kerusakan permanen pada gigi, infeksi, dan bahkan masalah kesehatan yang lebih luas.

Baca Juga: Kucing Tidak Mau Makan: Penyebab dan Solusi

 

Gejala Penyakit:

Adanya gejala penyakit ini perlu menjadi perhatian serius bagi pemilik kucing. Gusi yang merah, bengkak, dan berdarah adalah tanda-tanda utama gingivitis. Selain itu, perhatikan bau napas yang tidak sedap, penurunan nafsu makan, dan kesulitan makan sebagai indikator potensial masalah oral pada kucing.

Tes yang Dilakukan Dokter Hewan:

Jika Anda mencurigai kucing Anda menderita gingivitis atau penyakit gusi, langkah pertama adalah menghubungi dokter hewan. Pemeriksaan oral oleh profesional adalah kunci untuk menilai tingkat keparahan penyakit. Terkadang, dokter hewan mungkin perlu melakukan tes tambahan atau bahkan pembersihan gigi profesional untuk mengatasi masalah dengan lebih efektif.

Treatment yang Disarankan oleh Dokter Hewan:

Perawatan gingivitis dan penyakit gusi pada kucing melibatkan langkah-langkah tertentu. Pembersihan gigi profesional untuk menghilangkan plak dan karang gigi adalah tindakan umum yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Pemberian antibiotik dan antiradang juga mungkin diperlukan untuk mengatasi infeksi. Selain itu, pemilik kucing perlu dilibatkan dalam perawatan dengan menjaga kebersihan mulut kucing di rumah.

Cara Mencegah:

Pencegahan adalah kunci untuk menjaga kesehatan gigi kucing. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan pemilik kucing:

  • Pemberian Makanan Khusus: Pilih makanan kucing yang dirancang khusus untuk kesehatan gigi. Makanan ini dapat membantu mengurangi pembentukan plak dan karang gigi.
  • Mainan Khusus untuk Gigi: Berikan mainan atau permainan yang dirancang khusus untuk membantu membersihkan gigi kucing. Mengunyah dapat membantu menghilangkan plak secara alami.
  • Pembersihan Gigi Rutin: Ajarkan kucing Anda untuk menerima pembersihan gigi. Gunakan sikat gigi khusus dan pasta gigi kucing yang disetujui dokter hewan dan sikat gigi kucing kamu 1x sehari atau minimal 3 kali dalam seminggu.
  • Periksa Gigi secara Rutin: Periksa gigi kucing secara berkala dan perhatikan adanya perubahan atau tanda-tanda masalah.

Kesimpulan:

Gingivitis dan penyakit gusi pada kucing dapat diatasi dengan baik jika ditangani secara dini. Pemilik kucing memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan gigi hewan peliharaan mereka. Penting untuk membawa kucing ke dokter hewan untuk pemeriksaan gigi rutin dan perawatan preventif. Dengan langkah-langkah pencegahan yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa kucing kesayangan tetap sehat dan bahagia. Jangan biarkan masalah kecil berkembang menjadi masalah besar – lindungi senyum kucing Anda dengan perawatan gigi yang baik.

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Talita Milani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!