bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ketahui Semua tentang Feline Lower Tract Disease (FLUTD) pada Kucing

January 8, 2024by HEWANIA0

Halo Hewanian! Artikel kali ini penting sekali untuk dibaca oleh semua pemilik kucing. Kali ini kami akan membahas Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD), yaitu kondisi yang dapat mempengaruhi kesehatan saluran kemih kucing, termasuk kandung kemih dan uretra. Kondisi ini mencakup sejumlah masalah, mulai dari batu kandung kemih hingga peradangan dan sumbatan uretra. Pemilik hewan peliharaan perlu memahami FLUTD karena dapat menyebabkan ketidaknyamanan serius pada kucing, bahkan dapat membahayakan nyawa mereka. Kesadaran tentang gejala awal dan langkah-langkah pencegahan dapat membantu pemilik merawat kucing mereka dengan lebih baik.

Baca Juga: Payudara Kucing Bengkak: Ini Penyebab dan Gejalanya

 

Gejala FLUTD yang Perlu Diwaspadai

Gejala FLUTD bisa bervariasi, tetapi beberapa tanda umum melibatkan masalah saluran kemih yang perlu diwaspadai. Beberapa di antaranya termasuk:

  • Sulit Buang Air Kecil: Kucing mungkin menunjukkan kesulitan atau ketidaknyamanan saat mencoba buang air kecil.
  • Berkemih Sering: Kucing dapat terlihat sering pergi ke bak pasir, mencoba buang air kecil tanpa hasil yang memuaskan.
  • Darah dalam Urine: Adanya darah dalam urine bisa menjadi tanda peradangan atau adanya batu kandung kemih.
  • Perilaku Menjilat Berlebihan: Kucing yang terkena FLUTD mungkin menjilat area genitalnya secara berlebihan, mencoba meredakan ketidaknyamanan.

Tes yang Dilakukan Dokter Hewan

Jika pemilik mencurigai kucingnya mengalami FLUTD, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter hewan. Beberapa tes yang mungkin dilakukan dokter hewan melibatkan pemeriksaan urine dan pengecekan kondisi kantung kemih lewat ultrasound dan juga XRAY. Pemeriksaan urine dapat memberikan informasi penting tentang kemungkinan infeksi atau adanya kristal yang dapat menyebabkan masalah saluran kemih.

Treatment yang Disarankan

Perawatan FLUTD bervariasi tergantung pada penyebabnya. Namun, beberapa langkah umum yang dapat diambil termasuk:

  • Manajemen Rasa Sakit: Pemberian obat pengurang rasa sakit mungkin diperlukan untuk mengurangi ketidaknyamanan kucing.
  • Antibiotik: Jika terdapat infeksi bakteri, dokter hewan mungkin meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi.
  • Terapi Khusus: Untuk kasus-kasus yang melibatkan batu kandung kemih, terapi khusus mungkin diperlukan untuk mengatasi masalah ini seperti pemasangan kateter urin pada kasus sumbatan saluran kencing. 

Cara Mencegah FLUTD pada Kucing

Pencegahan adalah kunci untuk menjaga kesehatan saluran kemih kucing. Beberapa langkah yang dapat diambil oleh pemilik kucing untuk mencegah FLUTD meliputi:

  • Pemberian Makanan dengan Nutrisi Seimbang: Pemilihan makanan kucing yang memiliki nutrisi seimbang sangat membantu untuk mencegah terbentuknya kristal di urin pada kucing yang sehat. Pastikan makanan kucing kamu merupakan makanan kucing yang berkualitas, sudah teruji aman untuk kucing, dan memiliki kandungan nutrisi yang seimbang, 
  • Pemberian Air yang Cukup: Pastikan kucing memiliki akses yang cukup kepada air bersih. Ini membantu menjaga agar urine tetap terencer dan mengurangi risiko pembentukan kristal.
  • Perhatian terhadap Perubahan Perilaku: Pemilik harus selalu memperhatikan perubahan perilaku atau gejala yang mungkin menunjukkan masalah saluran kemih.
  • Kunjungan Rutin ke Dokter Hewan: Pemeriksaan rutin oleh dokter hewan dapat membantu mendeteksi masalah sejak dini dan mencegah perkembangan yang lebih serius.

Kesimpulan

Feline Lower Urinary Tract Disease (FLUTD) merupakan kondisi serius yang dapat memengaruhi kesehatan kucing. Pemilik kucing perlu meningkatkan kesadaran tentang gejala FLUTD dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai. Pemantauan kesehatan secara rutin dan perhatian terhadap perubahan perilaku dapat membantu mencegah dan mengelola FLUTD dengan lebih baik. Jika pemilik mencurigai kucingnya mengalami masalah saluran kemih, segera berkonsultasi dengan dokter hewan untuk diagnosis dan perawatan yang tepat adalah langkah penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kucing kesayangan mereka.

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh, Talita Milani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!