bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Uncategorized7 Cara Merawat Anjing Border Collie Agar Makin Sehat dan Pintar!

Oktober 12, 2022by HEWANIA0

Hewanians, border collie merupakan salah satu jenis anjing yang menjadi favorit banyak orang. Penampilannya yang cantik serta kepintarannya yang tak dapat diragukan lagi menjadi alasan kenapa orang suka dengan border collie.

Anjing border collie sendiri dikenal sebagai anjing pekerja serta penggembala yang cakap. Mereka punya ukuran tubuh yang sedang, dengan tinggi 45 cm 55 cm dengan berat sekitar 25 hingga 65 pon.

Dengan segala keunikannya, lalu bagaimana cara merawat anjing border collie? Apakah mereka termasuk anjing yang rewel? Yuk simak informasinya di bawah ini!

Baca juga: 10 Fakta Unik tentang Border Collie. Pintar dan Penurut!

1. Mulai Latih Anjing Border Collie Kamu Sedini Mungkin

Seperti yang diketahui, anjing border collie termasuk salah satu anjing yang paling pintar di dunia. Meski secara natural punya tingkat intelegensi yang tinggi, namun kamu tetap harus melatih mereka dengan konsisten.

Selain itu, kepintaran ini ternyata membuat mereka cukup sulit untuk dilatih. Oleh karena itu, kamu harus bisa memberikan perintah yang detail dan presisi. Kamu juga harus memberikan perintah yang spesifik, dengan menggunakan nada suara yang sama atau melibatkan sinyal fisik setiap kamu melatihnya.

Untuk membuat mereka semakin semangat latihan, kamu harus memberikan imbalan positif terhadap border collie. Semisal, ketika mereka baru saja menuruti perintahmu, cobalah berikan reward positif.

2. Pahami Temperamen Khas Mereka

Setiap anjing punya tempramen khas nya sendiri, termasuk border collie. Mereka cenderung menjadi agresif saat takut. Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk memahaminya sejak mereka masih berusia puppy.

Selain itu, border collie juga termasuk anjing yang tidak suka untuk mendapatkan kontak fisik yang berkepanjangan. Jadi, cobalah untuk mengerti akan hal ini.

Perlu diperhatikan jika kamu jangan mendekati atau memegang mereka secara tiba-tiba dari belakang. Hal ini bisa membuat mereka bertindak agresif. 

3. Biasakan Mereka dengan Kebisingan

Anjing border collie mempunyai ketakutan ketika mereka mendengarkan suara yang bising. Akibat hahl ini, mereka bahkan bisa berubah menjadi lebih agresif. Border collie kamu mungkin akan menjadi mudah terkejut, menggonggong dengan keras, atau menjadi cemas.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melatih mereka dengan cara mengasosiasikan kebisingan dengan kesenangan. Caranya, kamu bisa menggunakan permainan ataupun memberikan cemilan ketika mereka berhasil melaluinya.

4. Beri Mereka Ruang Privat

Untuk membuat mereka nyaman, berikan ruangan sendiri untuk anjing border collie kamu. Hal sederhana seperti kandang anjing bisa mendukung hal ini. Ruangan ini bisa dijadikan mereka sebagai tempat untuk beristirahat dan melepaskan diri dari stress.

Untuk mengurangi stres, cobalah menyediakan mainan seperti mainan kunyah. Hal ini juga dapat membuat kesehatan gigi mereka terjaga.

Baca juga: Kenapa Anjing Melolong Seperti Serigala? Ini 5 Alasannya!

5. Lakukan Grooming Setiap Minggu 

Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anjing border collie kamu, cobalah untuk melakukan grooming secara reguler setiap minggunya. Mereka punya tiga jenis bulu yang berbeda: kasar, sedang, dan halus.

Agar bulu mereka selalu terawat, lakukanlah penyisiran bulu setiap harinya. Sisiran ini dapat membuat mereka terhindar dari kerontokan. Ketika mereka tidak keberatan melakukan hal ini, cobalah memberikan mereka hadiah sebagai imbalan perilaku baik.

Pastikan juga grooming dilakukan serta nyaman. Karena jika grooming ini membuat mereka sakit, anjing border collie akan menganggapnya sebagai aktivitas negatif dan akan menghindarinya di masa depan.

6. Ajak Mereka Exercise Minimal 2 Jam Sehari

Sebagai anjing gembala, tentu mereka membutuhkan waktu untuk bergerak dan melakukan aktivitas fisik. Kamu setidaknya butuh menyisihkan waktu untuk mengajak mereka exercise minimal 2 jam dalam sehari. 

Tak hanya melibatkan mereka secara fisik, kamu juga harus melibatkan otak mereka ketika bermain, Mungkin kamu bisa mengajak mereka untuk bermain ketangkasan. Latihan yang interaktif dapat melatih fisik dan mental mereka.

Meski begitu, hindari mengajak mereka melakukan lari jarak jauh sebagai olahraga. ASPCA mengatakan jika border collie sendiri dibuat untuk kecepatan dalam jangka pendek. Mereka juga rentan mengalami lecet pada kaki jika melakukan olahraga lari jarak jauh. 

Baca juga: Kaki Anjing Luka? Ini 5 Cara Mengobatinya di Rumah!

7. Perhatikan Penyakit Turunan dari Anjing Border Collie

Secara umum, anjing border collie merupakan anjing yang punya kesehatan baik. Namun, kamu harus memperhatikan penyakit keturunan dari ras anjing ini seperti:

  • Tuli
  • Penyakit mata
  • Kelainan retina
  • Epilepsi
  • Displasia pinggul
  • Cedera (karena sifatnya yang aktif)

Itulah beberapa cara merawat anjing border collie supaya mereka menjadi anjing yang sehat secara fisik dan mental. Masih punya pertanyaan tentang border collie? Kamu bisa menanyakannya langsung lewat konsultasi dokter hewan online di aplikasi Hewania.

Selain konsultasi dokter hewan online, aplikasi Hewania juga menyediakan artikel-artikel kesehatan hewan lainnya.

Tunggu apalagi? Yuk jaga kesehatan hewan kamu dengan men-download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!