bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanCara Merawat Kucing Anggora Agar Sehat dan Cantik

Desember 15, 2022by HEWANIA0

Hewanians, apakah kamu saat ini sedang memelihara kucing anggora? Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk membuat mereka tetap sehat. Yuk ketahui cara merawat kucing anggor pada artikel di bawah ini!

Cara Merawat Kucing Anggora

Untuk merawat kucing anggora, pertama-tama kamu perlu memastikan bahwa mereka mendapatkan makanan yang berkualitas tinggi dan tepat sesuai dengan kebutuhan nutrisi mereka. 

Kucing anggora juga perlu mendapatkan cukup minum setiap hari untuk menjaga kesehatan mereka. Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa mereka grooming yang baik agar bulu mereka tetap bersih dan indah. 

Jika kamu tidak yakin tentang cara merawat kucing anggora, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan seorang ahli hewan peliharaan atau dokter hewan untuk mendapatkan saran dan panduan yang tepat.

Baca juga: Mirip dengan Persia, Ini Ciri-ciri Kucing Anggora!

Mengenal Sedikit tentang Kucing Anggora

Menurut CFA, kucing anggora adalah salah satu jenis kucing yang paling ramah dan penuh cinta. Kucing ini memiliki sejarah yang menarik dan dianggap sebagai karya nasional di negara asalnya.

Kucing anggora sangat dicintai di negara asalnya, Turki. Selama beberapa tahun terakhir, kucing anggora sangat banyak dikawin silangkan untuk membangun ras persia. Perkawinan silang ini bahkan hampir membuat ras ini punah.

Tak hanya cantik, kucing anggora punya bulu yang indah serta otak yang cerdas. Hal inilah yang membuat orang-orang sangat cinta dengan kucing anggora.

Makanan Terbaik untuk Kucing Anggora

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, makanan merupakan faktor yang sangat penting bagi kucing anggora kamu. Untuk memberikan makanan yang baik bagi kucing anggora, pertama-tama kamu perlu memilih makanan kucing berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi mereka. 

Kucing anggora memiliki kebutuhan nutrisi yang unik, sehingga mereka perlu makanan yang kaya protein dan lemak, serta memiliki kandungan taurin yang cukup. Kamu juga perlu memastikan bahwa makanan yang kamu berikan tidak mengandung bahan pengawet atau zat aditif yang merugikan kesehatan kucing. 

Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa kucing kamu mendapatkan cukup air setiap hari untuk menjaga kesehatan mereka. Jika kamu masih ragu tentang cara memberikan makanan yang baik bagi kucing anggora, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan seorang ahli dokter hewan untuk mendapatkan saran dan panduan yang tepat.

Tips Melakukan Grooming pada Kucing Anggora

Untuk merawat bulu kucing anggora, pertama-tama kamu perlu memastikan bahwa mereka mendapatkan perlakuan bulu yang baik. 

Hal ini dapat dilakukan dengan rutin melakukan penyisiran bulu, terutama pada bagian yang sering tersentuh benda-benda asing seperti di sekitar telinga, ekor, dan kaki. kamu juga perlu memastikan bahwa bulu kucing kamu tidak terkena bahan kimia atau bahan-bahan yang dapat merusak bulunya. 

Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa kucing kamu mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan bulunya. Jika kamu masih ragu tentang cara merawat bulu kucing anggora, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan seorang ahli hewan peliharaan atau dokter hewan untuk mendapatkan saran dan panduan yang tepat.

Baca juga: 3 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Perlu Kamu Ketahui!

Penyakit yang Dialami Kucing Anggora

Beberapa masalah kesehatan yang sering dialami kucing anggora antara lain:

  • Gangguan lambung dan usus: Kucing anggora cenderung mudah terkena gangguan lambung dan usus seperti diare, muntah, dan obstruksi usus.
  • Infeksi saluran kemih: Kucing anggora cenderung mudah terkena infeksi saluran kemih, yang dapat menyebabkan nyeri saat buang air kecil dan sering buang air kecil.
  • Infeksi mata: Kucing anggora cenderung mudah terkena infeksi mata, yang dapat menyebabkan mata menjadi merah, bengkak, dan berair.
  • Penyakit jantung: Kucing anggora cenderung mudah terkena penyakit jantung, yang dapat menyebabkan nafas tersengal-sengal, sesak nafas, dan kelelahan.

Untuk menjaga kesehatan kucing anggora, sebaiknya Anda memperhatikan makanan yang mereka konsumsi, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan berkala, dan segera mengunjungi dokter hewan jika menemukan gejala-gejala yang mencurigakan.

Ciri-ciri Kucing Anggora yang Sehat

Beberapa ciri-ciri kucing anggora yang sehat antara lain:

  • Memiliki bulu yang bersih dan indah: Kucing anggora yang sehat biasanya memiliki bulu yang bersih, tidak kusut, dan indah.
  • Berat badan yang ideal: Kucing anggora yang sehat biasanya memiliki berat badan yang ideal sesuai dengan umur dan jenis kelaminnya.
  • Aktif dan gembira: Kucing anggora yang sehat biasanya terlihat aktif dan gembira, bermain dan berinteraksi dengan orang-orang di sekitarnya.
  • Tidak mengalami masalah kesehatan: Kucing anggora yang sehat biasanya tidak mengalami masalah kesehatan seperti diare, muntah, atau infeksi saluran kemih.
  • Menunjukkan tingkah laku normal: Kucing anggora yang sehat biasanya menunjukkan tingkah laku normal seperti makan, minum, dan buang air kecil secara teratur.

Baca juga: Tips Memilih Makanan Kucing Anggora Agar Cepat Gemuk. Simak!

Kesimpulan

Itulah beberapa cara merawat kucing anggora yang harus kamu perhatikan. Masih penasaran dengan ras kucing cantik ini? Yuk konsultasikan langsung dengan dokter hewan secara online di Hewania. Hewania adalah aplikasi yang menyediakan layanan konsultasi dokter hewan secara online.

Tak hanya itu, aplikasi Hewania juga menyediakan artikel-artikel kesehatan hewan lainnya yang bisa kamu nikmati dengan mudah. Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!