bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanMirip dengan Persia, Ini Ciri-ciri Kucing Anggora!

Desember 15, 2022by HEWANIA0

Hewanians, apakah kamu saat ini sedang ingin memelihara kucing Anggora? Sebagai salah satu kucing paling cantik di dunia, banyak orang memilih kucing Anggora sebagai peliharaannya. Buat kamu yang ingin mengadopsi kucing anggora, yuk ketahui ciri-ciri kucing anggora terlebih dahulu pada artikel di bawah ini!

Baca juga: 3 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Perlu Kamu Ketahui!

Sejarah Kucing Anggora

Kucing Anggora Turki adalah kucing berukuran sedang. Mereka memiliki tubuh yang ramping dan berotot dengan tulang yang halus.

Selain itu, mereka juga memiliki telinga yang tinggi dan mata yang sedikit memiring, serta kaki belakang yang lebih tinggi dari kaki depan. Bulu mereka berukuran sedang dan tidak memiliki lapisan dasar, sehingga cukup mudah untuk dirawat.

Bulu ini mungkin berubah-ubah sesuai musim, tetapi seharusnya tetap lembut, halus, dan terlihat indah saat kucing bergerak. Kucing Angora Turki merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia, dan berasal dari kota Angora (sekarang dikenal sebagai Ankara) di Turki. 

Kucing ini dikenal telah ada sejak zaman Yunani Kuno, dan dianggap sebagai kucing kerajaan di Turki selama berabad-abad. Kucing Angora Turki juga dibawa ke Eropa oleh penjelajah asing pada abad ke-17, dan kemudian dibawa ke Amerika Serikat pada abad ke-19. 

Pada awalnya, kucing Angora Turki dianggap sebagai kucing yang tuli, namun ternyata hal tersebut tidak benar. Kucing Angora Turki hampir punah pada abad ke-20 karena banyak digunakan untuk persilangan dengan ras Persia untuk membangun ras Persia, namun kemudian mulai dibesarkan kembali dan kini telah menjadi ras yang populer di seluruh dunia.

Baca juga: Tips Memilih Makanan Kucing Anggora Agar Cepat Gemuk. Simak!

Ciri-ciri Kucing Anggora Secara Umum

Kucing Anggora biasanya memiliki bentuk tubuh yang sama dengan kucing Persia, dengan badan yang panjang dan lebar serta ekor yang panjang dan melengkung. Kucing Anggora juga memiliki mata yang besar dan bulat serta telinga yang lebar dan pendek. 

Beberapa ciri-ciri kucing Anggora antara lain:

  • Memiliki bulu yang panjang dan halus: Kucing Anggora memiliki bulu yang panjang dan halus, yang terlihat indah dan berkilau.
  • Berwarna terang dan cantik: Kucing Anggora dapat ditemukan dalam berbagai warna, termasuk putih, coklat, abu-abu, dan biru. Mereka juga dapat memiliki motif dan pola warna yang unik dan menarik.
  • Tubuh yang ramping dan proporsional: Kucing Anggora memiliki tubuh yang ramping dan proporsional, dengan ekor yang panjang dan tinggi, serta kaki yang pendek dan kokoh.
  • Memiliki mata yang besar dan bulat: Kucing Anggora memiliki mata yang besar dan bulat, yang memberikan tampilan yang lembut dan bersahaja.
  • Tingkah laku yang aktif dan cerdas: Kucing Anggora dikenal sebagai kucing yang aktif dan cerdas, yang senang bermain dan menjelajahi lingkungannya. Mereka juga dapat belajar trik dan perintah dengan mudah.

Ciri-ciri Kucing Anggora Berdasarkan Warna Bulunya

Anggora adalah salah satu jenis kucing yang memiliki bulu yang sangat halus dan lembut. Warna bulu kucing Anggora bisa bervariasi, mulai dari putih, abu-abu, cokelat, hingga hitam. Namun, yang paling sering ditemui adalah warna putih atau krem. Beberapa kucing Anggora juga memiliki bulu berwarna campuran, misalnya putih dengan sedikit warna cokelat atau hitam.

Baca juga: Cara Melakukan Grooming Anak Kucing Persia

Ciri-ciri Kucing Anggora Berdasarkan Sifatnya

Kucing Anggora biasanya memiliki sifat yang sangat lembut dan penyayang. Mereka suka diajak bermain dan sering kali akan memanjakan pemiliknya dengan tingkah laku yang manja dan menggemaskan. 

Selain itu, mereka  juga terkenal akan ketenangannya, sehingga biasanya tidak mudah terkejut atau terprovokasi oleh hal-hal yang dianggap mengganggu. Mereka juga cukup pintar dan mudah diajak untuk mempelajari berbagai trick.

Harga Kucing Anggora

Harga kucing Anggora bisa bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti umur, jenis kelamin, warna bulu, dan kualitas bulunya. Umumnya, harga kucing Anggora berkisar antara Rp 2 juta hingga Rp 10 juta. 

Namun, jika kamu ingin membeli kucing Anggora berkualitas tinggi dengan warna bulu yang langka, harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Sebelum membeli kucing Anggora, sebaiknya kamu mempertimbangkan kemampuan finansial dan kemampuan untuk merawat kucing tersebut dengan baik.

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri-ciri kucing Anggora yang harus kamu ketahui. Masih penasaran dengan ras kucing cantik ini? Yuk konsultasikan langsung dengan dokter hewan secara online di Hewania. Hewania adalah aplikasi yang menyediakan layanan konsultasi dokter hewan secara online.

Tak hanya itu, aplikasi Hewania juga menyediakan artikel-artikel kesehatan hewan lainnya yang bisa kamu nikmati dengan mudah. Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!