bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Cara Merawat Luka Akibat Berkelahi pada Anjing!

January 15, 2024by HEWANIA0

Pertarungan antar anjing bukan hanya membahayakan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit, terutama penyakit rabies. Oleh karena itu, merawat luka yang timbul akibat pertarungan tidak hanya melibatkan langkah-langkah fisik tetapi juga penting untuk memastikan bahwa anjing Anda tetap terlindungi dari bahaya penyakit yang serius.

Baca Juga: Flea Allergy Dermatitis: Cara Mengatasi Masalah Kulit pada Hewan Peliharaan!

 

 1. Tenangkan Anjing Anda

Setelah pertarungan, anjing mungkin mengalami tingkat stres yang tinggi. Memastikan bahwa lingkungan sekitarnya tenang dan nyaman adalah langkah pertama yang krusial. Hindari menegur atau menghukum anjing Anda, dan berikan perhatian serta keamanan untuk membantunya pulih dari kecemasan.

 

 2. Amankan Anjing

Setelah pertarungan, pastikan anjing terisolasi dari anjing lain untuk mencegah pertarungan lebih lanjut. Memberikan ruang dan ketenangan bagi anjing untuk beristirahat adalah kunci. Pada saat yang sama, hindari kontak langsung dengan luka anjing untuk menghindari risiko infeksi.

 

 3. Periksa Luka dengan Teliti

Pemeriksaan menyeluruh terhadap luka setelah pertarungan sangat penting. Perhatikan dengan seksama apakah ada goresan, luka gigitan, atau lecet. Jangan abaikan luka kecil, karena mereka dapat menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani dengan baik.

 

 4. Hentikan Pendarahan

Jika ada pendarahan, hentikan darah dengan menggunakan kain bersih atau plester steril. Tekan lembut pada area yang berdarah dan tahan tekanan selama beberapa menit. Jika pendarahan tidak berhenti, segera bawa anjing ke dokter hewan untuk perawatan lebih lanjut.

 

 5. Bersihkan Luka dengan Lembut

Membersihkan luka secara menyeluruh membantu mencegah infeksi. Gunakan larutan antiseptik seperti povidone-iodine atau klorheksidin untuk membersihkan luka dengan hati-hati. Hindari penggunaan hidrogen peroksida, karena dapat merusak jaringan dan memperlambat penyembuhan.

 

 6. Gunakan Kompres Dingin (jika perlu)

Jika ada pembengkakan atau memar, gunakan kompres dingin dengan hati-hati untuk membantu mengurangi peradangan dan nyeri. Pastikan untuk membungkus es dengan kain untuk melindungi kulit anjing.

 

 7. Oleskan Salep atau Krim Antibiotik

Setelah membersihkan luka, gunakan salep atau krim antibiotik yang direkomendasikan oleh dokter hewan. Ini tidak hanya membantu mencegah infeksi tetapi juga mempercepat proses penyembuhan. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh dokter hewan.

 

 8. Pentingnya Vaksin Rabies

Dalam kasus pertarungan antar anjing, risiko penularan penyakit rabies menjadi sangat tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa anjing Anda telah divaksinasi dengan vaksin rabies yang terkini. Rabies adalah penyakit yang fatal dan dapat ditularkan kepada manusia melalui gigitan atau luka terbuka. Konsultasikan dengan dokter hewan mengenai status vaksinasi anjing Anda dan pastikan untuk mengikuti jadwal vaksinasi yang disarankan.

 

 9. Pergi ke Dokter Hewan untuk Pemeriksaan Lebih Lanjut

Meskipun Anda dapat memberikan perawatan pertama pada luka anjing di rumah, membawa anjing ke dokter hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut sangat penting. Dokter hewan dapat memberikan evaluasi menyeluruh terhadap luka, memberikan vaksin rabies tambahan jika diperlukan, dan memberikan saran lebih lanjut mengenai perawatan yang diperlukan.

 

 10. Pantau Perkembangan Luka

Setelah pemeriksaan oleh dokter hewan, pantau perkembangan luka secara berkala. Jika terdapat tanda-tanda infeksi atau perubahan yang mencurigakan, segera hubungi dokter hewan. Perawatan yang konsisten dan pemantauan yang baik adalah kunci untuk pemulihan yang cepat dan efektif.

 

Kesimpulan

Merawat luka akibat pertarungan pada anjing melibatkan perhatian yang intensif terhadap luka fisik dan perlindungan dari penyakit seperti rabies. Penting untuk mengambil langkah-langkah preventif seperti vaksinasi rabies secara teratur dan memastikan bahwa anjing Anda tetap dalam kondisi kesehatan yang baik. Dengan memberikan perawatan yang tepat dan memahami pentingnya vaksinasi, Anda dapat membantu anjing Anda pulih dengan cepat dan memastikan kesehatannya dalam jangka panjang. Tetaplah berkomunikasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik sesuai dengan kondisi anjing Anda.

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Talita Milani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!