bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ketahui Hepatitis pada Anjing: Ancaman Serius yang memerlukan perhatian medis!

January 15, 2024by HEWANIA0

Hewanian, kali ini kami akan membahas penyakit yang cukup serius pada anjing yang sangat berbahaya apabila tidak terdeteksi dini, yaitu hepatitis. Hepatitis pada anjing adalah penyakit yang mempengaruhi hati dan dapat disebabkan oleh infeksi virus atau zat toksik tertentu. Ini dapat mengakibatkan kerusakan hati yang serius. Pemilik anjing perlu mengetahui tentang hepatitis karena dapat mengancam nyawa dan memerlukan perawatan medis segera. Pencegahan dan deteksi dini adalah kunci untuk mengelola penyakit ini.

Baca Juga: 8 Jenis Anjing Apartemen. Cocok untuk Ruang Terbatas!

 

Gejala Penyakit: Tanda-tanda yang Perlu Diwaspadai

  • Muntah Berulang: Anjing yang menderita hepatitis seringkali mengalami muntah berulang, yang dapat menjadi tanda permasalahan pada hati.
  • Diare: Gejala diare yang persisten dapat muncul, mengindikasikan gangguan pada sistem pencernaan anjing.
  • Kehilangan Nafsu Makan: Anjing yang mengalami hepatitis cenderung kehilangan selera makan, yang dapat mengakibatkan penurunan berat badan yang signifikan.
  • Kuningnya Mata atau Gusi: Penumpukan bilirubin yang disebabkan oleh kerusakan hati dapat menyebabkan bagian mata atau gusi anjing berubah menjadi warna kuning.
  • Tanda-tanda Sakit Perut: Anjing dapat menunjukkan tanda-tanda sakit perut seperti perut yang membengkak atau terasa nyeri.
  • Perubahan Warna Urine: Warna urine yang lebih gelap atau terlihat lebih pekat dapat menjadi indikasi masalah hati.
  • Keterbatasan Gerakan atau Aktivitas: Anjing mungkin menunjukkan penurunan energi dan aktivitas, serta keterbatasan gerakan karena ketidaknyamanan atau lemahnya otot.
  • Perubahan dalam Tingkah Laku: Perubahan drastis dalam tingkah laku anjing, seperti kelesuan atau depresi, dapat menjadi gejala hepatitis.
  • Nafas yang Berbau Tak Sedap: Gangguan pada hati dapat menyebabkan perubahan pada bau napas anjing, yang mungkin menjadi lebih tidak sedap dari biasanya.
  • Dehidrasi: Anjing dapat mengalami dehidrasi akibat muntah dan diare berlebihan, yang dapat memperburuk kondisi kesehatannya.

Proses Diagnosa Hepatitis pada Anjing: Tes dan Pemindaian yang Diperlukan

  • Tes Darah Hematologi dan Biokimia Darah: Untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang kesehatan hati anjing, dokter hewan akan melakukan tes darah hematologi dan biokimia darah. Tes ini dapat memberikan informasi tentang jumlah sel darah merah dan putih, serta mengukur enzim hati dan parameter biokimia yang dapat mengindikasikan adanya kerusakan pada hati.
  • Ultrasonografi Hati: Pemindaian ultrasonografi digunakan untuk visualisasi hati dan organ-organ terkait. Ini membantu dokter hewan melihat apakah ada perubahan struktural pada hati, seperti perubahan ukuran atau adanya massa yang dapat mengindikasikan penyakit hati.
  • Biopsi Hati: Dalam beberapa kasus, dokter hewan mungkin merekomendasikan biopsi hati. Ini melibatkan pengambilan sejumlah kecil jaringan hati untuk dianalisis lebih lanjut di bawah mikroskop. Biopsi memberikan informasi rinci tentang jenis kerusakan hati dan tingkat keparahan penyakit.

Treatment yang Biasa Disarankan oleh Dokter Hewan:

Perawatan dapat melibatkan terapi suportif untuk memperbaiki fungsi hati, pemberian antibiotik, dan pengobatan simtomatik untuk mengatasi muntah dan diare.

Pencegahan Hepatitis pada Anjing: Langkah-langkah yang Dapat Diambil oleh Pemilik

Pencegahan merupakan langkah krusial dalam menjaga kesehatan anjing dari hepatitis. Vaksinasi merupakan cara efektif untuk melindungi anjing dari beberapa jenis virus hepatitis. Pemilik anjing sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan untuk menentukan jadwal vaksinasi yang sesuai dengan kebutuhan dan risiko anjing mereka.

Selain itu, memastikan lingkungan anjing bersih dan bebas dari zat toksik yang dapat merusak hati juga merupakan langkah penting. Hindari memberikan makanan atau bahan beracun kepada anjing dan pastikan bahwa anjing tidak memiliki akses ke bahan-bahan berbahaya.

Kesimpulan 

Hepatitis pada anjing memerlukan perhatian medis segera. Pemilik anjing dianjurkan untuk membawa anjing ke dokter hewan jika melihat tanda-tanda gejala. Diagnosa dini dan perawatan yang tepat dapat meningkatkan peluang kesembuhan dan mengurangi risiko komplikasi serius. Dalam merawat anjing, pendekatan holistik yang mencakup perawatan medis, perubahan gaya hidup, dan pencegahan adalah kunci keberhasilan. Pemilik anjing yang peduli akan kesehatan hewan peliharaan mereka diharapkan dapat bekerja sama dengan dokter hewan untuk memastikan kesejahteraan dan kebahagiaan anjing kesayangan mereka.

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung datang ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Talita Milani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!