bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanCara Toilet Training Kucing yang Bisa Kamu Coba. Apakah Dianjurkan?

Januari 17, 2023by HEWANIA0

Hewanians, apakah kamu saat ini sedang mencari cara toilet training kucing? Meskipun sebenarnya hal ini tidak dianjurkan, namun kamu tetap bisa mencobanya jika dibutuhkan. Yuk ketahui cara toilet training kucing yang bisa kamu coba di rumah sekarang juga!

Alasan Kenapa Melatih Kucing Menggunakan Toilet Tidak Dianjurkan

Sebelum mengetahui cara toilet training kucing, perlu ketahui jika hal ini ternyata tidak dianjurkan loh. Ada beberapa alasan mengapa tidak dianjurkan untuk melatih kucing ke toilet:

  1. Kucing memiliki insting yang kuat untuk membersihkan diri, dan kotak litter adalah tempat yang sesuai untuk membersihkan diri. Melatih kucing untuk menggunakan toilet dapat menyebabkan kucing merasa tidak nyaman dan tidak dapat membersihkan diri dengan baik.
  2. Beberapa kucing mungkin tidak nyaman dengan suara atau sensasi dari flush toilet, yang dapat menyebabkan kucing merasa tidak nyaman dan enggan untuk menggunakan toilet.
  3. Kucing memiliki kebutuhan khusus dalam hal kebersigan, dan menggunakan toilet yang digunakan oleh manusia dapat menyebabkan masalah kesehatan pada kucing.
  4. Melatih kucing untuk menggunakan toilet dapat menjadi proses yang lama dan rumit, dan banyak kucing mungkin tidak dapat di latih.
  5. Selain itu, kotak litter yang dibersihkan secara teratur dapat menjaga lingkungan rumah kamu tetap bersih dan sehat.

Secara umum, melatih kucing untuk menggunakan toilet bukanlah hal yang diharuskan dan tidak dianjurkan, kotak litter yang dibersihkan secara teratur dan di tempatkan di tempat yang nyaman untuk kucing sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan hygiene kucing kamu.

Kenapa Kebersihan Kucing Penting

Kebersihan kucing sangat penting karena:

  1. Kucing memiliki insting yang kuat untuk membersihkan diri, dan jika kucing tidak dapat membersihkan diri dengan baik, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti infeksi kulit dan infeksi saluran kemih.
  2. Kebersihan kucing juga dapat membantu menjaga lingkungan rumah tetap bersih dan sehat. Kotak litter yang tidak dibersihkan secara teratur dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan menyebar kuman.
  3. Kebersihan kucing juga dapat membantu menjaga kesehatan kucing secara umum. Membersihkan kucing secara teratur dapat membantu mengenali masalah kesehatan seperti luka, benjolan atau kutu yang segera dapat diatasi.
  4. Kebersihan yang baik dapat meningkatkan kualitas hidup kucing, kucing yang merasa bersih dan sehat akan merasa lebih nyaman dan lebih bahagia.
  5. Kebersihan juga membantu dalam menjaga kondisi kulit kucing yang sehat dan menjaga rambut kucing agar tetap bersih dan berkilau.

Itu sebabnya, sangat penting untuk menjaga kotak litter kucing dibersihkan secara teratur dan memberikan perawatan kesehatan yang cukup pada kucing kamu.

Cara Toilet Training Kucing

Ada beberapa cara toilet training kucing yang bisa kamu coba, beberapa diantaranya adalah:

Untuk melatih kucing menggunakan toilet, kamu dapat mulai dengan membeli kotak litter dengan tepi yang rendah dan meningkatkan tepi tersebut secara bertahap. Tempatkan kotak litter di samping toilet dan pindahkan secara bertahap ke dekat toilet. Setelah kotak litter berada di atas toilet, buang litter dan letakkan sedikit litter di dalam toilet. 

Setelah kucing nyaman menggunakan litter di dalam toilet, hapus kotak litter secara total. Sangat penting untuk sabar dan konsisten dalam melatih, karena mungkin memerlukan waktu untuk kucing untuk menyesuaikan. Selain itu, kamu dapat menggunakan pujian atau makanan sebagai bentuk dorongan positif untuk mendorong kucing untuk menggunakan toilet.

Beri hewan peliharaan kamu hadiah! Menghargai kucing kamu untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik sangat penting untuk kesuksesan mereka.

Masih punya pertanyaan tentang cara toilet training kucing? Yuk tanyakan langsung pada dokter hewan di aplikasi Hewania.

Aplikasi Hewania menyediakan konsultasi dokter hewan online. Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!