bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanApakah Susu Beruang Aman untuk Anak Kucing?

Januari 17, 2023by HEWANIA0

Sterilized milk atau susu steril (merek dagang Bear Brand), atau biasa disebut dengan susu beruang memberikan banyak manfaat kesehatan untuk manusia, baik setelah sakit atau sekedar meningkatkan imunitas. 

Jika diberikan secara rutin untuk manusia dapat memberikan manfaat lainnya yaitu mempertahankan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, membersihkan aliran darah, membantu membersihkan toksin di dalam tubuh, baik untuk diet, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Dengan banyaknya manfaat yang diberikan susu beruang kepada manusia, apakah susu beruang juga memberikan manfaat yang sama jika diberikan kepada kucing?

Mengenal lebih dalam Susu Beruang

Susu beruang bukan diambil dari beruang, melainkan nama merek dagang. Susu beruang merupakan 100% murni susu yang diambil dari sapi yang telah disterilisasi. 

Membutuhkan waktu 30 menit untuk mensterilisasi susu agar terhindar dari bakteri patogen yang berbahaya bagi tubuh, memperlambat masa kadaluarsa, dan menciptakan rasa yang lebih sesuai dengan lidah manusia. Proses sterilisasi dilakukan pada saat susu sapi telah dimasukkan ke dalam kaleng sehingga terjamin keamanan produk di dalamnya.

Apa Saja Zat yang Terkandung Dalam Susu Beruang?

Dalam satu kaleng susu beruang terdapat 120 kkal energi total, 25 milligram kolesterol, 5 gram lemak jenuh, 6 gram protein, 9 gram laktosa, dan 95 miligram natrium.

Efek Samping yang Ditimbulkan Jika Memberikan Susu Beruang kepada Kucing

 Sebagian besar kitten dan kucing dewasa memiliki lactose intolerant. Apa itu lactose intolerant pada kucing?

Lactose intolerant pada kucing merupakan kondisi dimana kucing tidak dapat mentoleransi atau mendigesti gula yang terkandung dalam susu.

Gejala yang ditimbulkan dari lactose intolerant pada kucing yaitu muntah, diare, tidak nafsu makan, lemas, dehidrasi dan rasa tidak nyaman pada bagian perut sampai anus. Tetapi gejala-gejala ini tidak akan langsung muncul setelah memberikan susu. Setelah 8-12 jam gejala-gejala tersebut baru mulai muncul pada kucing.

Di dalam susu beruang terdapat 9 gram laktosa, dimana dalam jumlah ini kucing sudah tidak dapat mentoleransi nya. Jika tetap diberikan kepada kucing, gejala-gejala yang disebutkan di atas akan timbul.

Susu Apa Saja yang Boleh Diberikan Kepada Kucing?

Susu yang tidak menimbulkan efek samping jika diberikan kepada kucing diantaranya susu kambing. Per 100 gram susu kambing mengandung 3,3 gram protein dan 68,8 kkal kalori. Kalori ini bermanfaat pada kucing yang baru lahir dan tidak memiliki induk atau new born kitten. Secara keseluruhan susu kambing boleh diberikan kepada kucing pada semua umur dan tidak menimbulkan efek samping.

Konsultasikan dengan dokter hewan mengenai dosis yang tepat untuk kucing peliharaan kalian. Semoga informasi yang diberikan dapat bermanfaat untuk pet owners.

Writer: By Drh Nisrina Asri Nabila

Editor: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!