bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

11 Ciri-ciri Anjing Cacingan dan Cara Mengatasinya!

Hewanians, ciri-ciri anjing cacingan dapat menjadi petunjuk penting untuk mengetahui apakah hewan peliharaan kamu menderita infeksi cacing. Ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan untuk mengidentifikasi kondisi ini

Berikut ini beberapa ciri-ciri anjing cacingan serta cara mengatasinya!

11 Ciri-Ciri Anjing Cacingan

Meskipun setiap parasit mempengaruhi anjing secara berbeda, ada beberapa ciri-ciri anjing cacingan yang paling umum. Dilansir dari American Kennel Club, beberapa ciri-ciri anjing cacingan adalah: 

  1. Diare 
  2. Sakit perut 
  3. Penurunan berat badan 
  4. Muntah 
  5. Penampilan mantel yang buruk 
  6. Penampilan perut buncit 
  7. Kelesuan 
  8. Dehidrasi 
  9. Kekurangan nutrisi dan anemia 
  10. Penyumbatan usus atau pneumonia 
  11. Darah dalam tinja (baik merah terang atau ungu tua) 

Apakah Cacingan pada Anjing Berbahaya?

Cacingan pada anjing dapat berbahaya bagi kesehatan mereka. Infeksi cacing pada anjing dapat mengganggu fungsi organ internal dan sistem kekebalan tubuh mereka.

Beberapa bahaya dan komplikasi yang mungkin terjadi akibat infeksi cacing pada anjing termasuk:

  • Gangguan pencernaan: Cacing yang menghuni saluran pencernaan anjing dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare, muntah, dan penurunan nafsu makan. Hal ini dapat menyebabkan dehidrasi, malnutrisi, dan penurunan berat badan.
  • Penyumbatan saluran pencernaan: Dalam kasus infestasi cacing yang parah, cacing dapat menyebabkan penyumbatan saluran pencernaan anjing. Ini dapat menyebabkan gejala serius seperti muntah berulang, perut kembung, dan bahkan obstruksi usus yang mengancam nyawa.
  • Anemia: Beberapa jenis cacing, seperti cacing tambang, dapat menyebabkan anemia pada anjing. Cacing tersebut dapat mengisap darah dari saluran pencernaan anjing, yang dapat mengakibatkan penurunan jumlah sel darah merah dan menyebabkan kelemahan, letargi, dan penurunan berat badan.
  • Gangguan organ: Cacing hati dan cacing jantung pada anjing dapat menginfeksi organ-organ vital seperti hati, jantung, dan paru-paru. Infeksi tersebut dapat menyebabkan kerusakan organ, gangguan fungsi, dan bahkan gagal organ.
  • Penularan pada manusia: Beberapa jenis cacing yang menginfeksi anjing juga dapat ditularkan kepada manusia. Ini disebut sebagai penyakit zoonosis. Misalnya, cacing pita Echinococcus dapat menimbulkan risiko serius bagi kesehatan manusia.

Cara Mengatasi Cacingan pada Anjing

Cara mengatasi anjing cacingan yang paling ampuh adalah dengan menyerahkan hal ini pada dokter hewan. Langkah-langkah yang diambil adalah:

  • Berkonsultasi dengan dokter hewan: Penting untuk membawa anjing kamu ke dokter hewan untuk diagnosis yang akurat dan rekomendasi pengobatan yang tepat. Dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin melakukan tes tinja atau tes darah untuk mengidentifikasi jenis cacing yang menginfeksi anjing kamu.
  • Obat cacing: Dokter hewan akan meresepkan obat cacing yang sesuai untuk anjing kamu. Ada berbagai jenis obat cacing yang digunakan untuk mengatasi infeksi cacing pada anjing, tergantung pada jenis cacing yang terdeteksi. Penting untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang diberikan oleh dokter hewan dan memberikan dosis yang tepat sesuai dengan berat badan anjing.
  • Perawatan berulang: Biasanya, pengobatan cacing harus dilakukan secara berulang sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh dokter hewan. Beberapa cacing memiliki siklus hidup yang kompleks, dan perawatan yang berulang diperlukan untuk mengatasi semua tahap siklus hidup cacing.
  • Kebersihan dan sanitasi: Penting untuk menjaga kebersihan lingkungan anjing kamu. Bersihkan kandang, tempat tidur, dan area di sekitar anjing secara teratur. Juga, pastikan untuk menghindari kontak dengan feses anjing yang terinfeksi cacing.
  • Pencegahan: Untuk mencegah infeksi cacing berulang, dokter hewan mungkin merekomendasikan program pencegahan yang melibatkan penggunaan obat cacing profilaksis secara teratur. Ini membantu mencegah infeksi ulang dan menjaga kesehatan anjing kamu.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!