bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Healthy and No More Skinny Cat! Simak 7 Tips Menggemukan Kucing

July 17, 2023by HEWANIA0

Apakah kucing anda suka sekali makan namun tetap terlihat sangat kurus? Ataukah saat anda memeluknya anda merasakan tulang- tulangnya begitu menonjol? Mungkin beberapa dari anda bahkan tidak menyadari jika kucing anda terlalu kurus karena bulunya yang begitu lebat dan panjang. Kucing yang kurus tentu tidak sedap dipandang bahkan anda sebagai owner pasti mengkhawatirkan gangguan- gangguan yang mungkin saja terjadi.

 Baca Juga: Jangan Panik! Ini yang harus dilakukan jika Kucing Kejang

Bagaimana mengetahui jika kucingku terlalu kurus?

Untuk mengetahui kucing anda termasuk dalam golongan kurus atau tidak tentu gampang- gampang sulit. Berikut ada 2 metode yang dapat anda gunakan untuk menentukan berat badan kucing anda apakah terlalu kurus, terlalu gemuk atau bahkan cukup:

 1. Body scoring

   Dokter hewan anda mungkin akan menggunakan body scoring index untuk mengevaluasi berat badan kucing anda. Body scoring index ini terdapat bagan yang dapat membantu menentukan apakah kucing anda terlalu kurus ataukah gemuk.

 2. Pemeriksaan fisik

Pada pemeriksaan fisik anda bisa menggunakan tangan anda untuk meraba sebagai acuan kondisi tubuh kucing anda. Anda dapat merasakan tulang rusuknya. Jika setelah anda raba, tulang rusuknya seperti punggung tangan anda (tulang rusuknya teraba namun masih terasa daging) berarti kucing anda berada dalam berat badan normal. Namun jika anda meraba tulang rusuk kucing anda dan teraba seperti buku- buku maka berat badan kucing anda sangat kurus. Sedangkan saat anda merasa tulang rusuknya namun anda tidak merasakan tulangnya atau rasanya seperti ajda memegang telapak tangan anda, perlu anda waspadai jika kucing anda mengalami kelebihan berat badan.

 

Apa penyebab penurunan berat badan pada kucing kurus?

   Penyebab kucing kurus terdapat 2 hal yaitu terjadi entah karena mereka tidak cukup makan atau mereka mengeluarkan lebih banyak kalori daripada makanan yang dikonsumsi. Mereka mungkin saja tidak cukup makan karena stres, sakit/ infeksi pada gigi, atau mungkin mual dan beberapa alasan yang lain. Selain itu kucing dengan gangguan atau penyakit tertentu perlu mengonsumsi lebih banyak kalori untuk mempertahankan berat badannya. Meskipun demikian terkadang kekurusan ini merupakan genetik sehingga berkembang sejak dini.

Penurunan berat badan juga dapat disebabkan oleh penurunan fungsi pencernaan pada kucing geriatrik (senior). Alasan lainnya karena kurangnya akses ke makanan. Jika anda menemukan seekor kucing yang sangat kurus anda bisa membawakan ke dokter hewan untuk mengetahui penyebab turunnya berat badannya. Penurunan berat badan yang berlangsung cepat atau drastis biasanya bisa menjadi tanda awal penyakit ginjal. Apalagi jika kucing tidak makan selama berhari- hari dapat dicurigai adanya perlemakan hati atau lipidosis hati yang dapat mengancam jiwanya. Oleh karena itu pemeriksaan rutin ke dokter hewan dapat membantu deteksi dini adanya penyakit.

 

Apa tips agar kucingku bisa gemuk?

  Jika anda ingin kucing anda bisa gemuk maka langkah pertama yang dapat anda lakukan adalah membawa kucing anda ke dokter hewan untuk memastikan tidak ada kondisi atau gangguan medis yang mendasarinya sehingga dapat dikesampingkan. Berikut adalah tips untuk membantu kucing anda menjadi gemuk:

  1. Berikan pakan lebih banyak atau akses ke makanan keringnya mudah sehingga dapat menambah berat badannya. Kucing lebih suka “merumput” atau makan dalam porsi kecil sepanjang hari. Sehingga menjadi aman dan tenang.
  2. Jika kucing anda penakut pastikan jangan menaruh tempat makan atau mangkoknya dekat dengan AC, pipa berisik, atau anjing yang menggonggong.
  3. Berikan pilihan lain selain pakan kering untuk kucing anda, misalnya pakan basah.
  4. Jika anda terbiasa memberikan makanan yang sudah anda mix, coba tawarkan makanan sederhana tanpa dicampur atau biarkan kucing anda makan ditempat yang tenang tanpa suara.
  5. Jika kucing anda sangat picky eater atau pemilih maka cobalah makanan yang konsistensinya berbeda setiap hari. Namun berikan 1 menu tetap yang dicampurkan.
  6. Jika anda memberikan makanan basah maka panaskan di dalam microwave selama 10 menit terlebih dahulu untuk meningkatkan aromanya.
  7. Anda bisa mencoba memberikan potongan ayam rebus di dalam makanannya karena kebanyakan kucing menyukai aroma dan rasa ayam. Pastikan anda memberikan daging bukan kulitnya ya! Selain itu anda bisa menambahkan kaldu ayamnya untuk menambah aroma dan meningkatkan nafsu makannya.

Beberapa kucing hanya membutuhkan dengan kalori yang lebih tinggi untuk menaikkan berat badannya. Selain itu pastikan makanan kucing anda kaya akan antioksidan, asam lemak, omega 3 dan omega 6 serta prebiotik yang baik untuk perkembangan serta mampu mempertahankan berat badan untuk kucing senior.

  Pastikan anda selalu mengkonsultasikan perkembangan berat badan kucing anda selama program berlangsung ataupun setelah program selesai dilakukan untuk menjaga berat badannya tetap stabil.

 Untuk menjaga kondisi kesehatan dan berat badannya anda bisa konsultasi langsung dengan Dokter Hewan di Hewania Vet Clinic, karena klinik kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani 

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!