bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Jangan Khawatir! Ini 10 List Buah yang Aman untuk Anjing

May 24, 2023by HEWANIA0

       Buah merupakan salah satu makanan yang memiliki sumber vitamin yang tinggi. Banyak buah yang mengandung vitamin yang tidak dimiliki oleh makanan. Oleh karena itu buah tentu saja menjadi salah satu bahan makanan konsumsi yang sangat penting. Tentu saja kita pasti selalu menyelipkan atau menambahkan buah di antara jadwal makan kita, entah saat sarapan, makan siang, atau mungkin makan malam. Karena dengan buah tentu akan memberikan dampak kesehatan untuk tubuh kita. Saat anda makan bersama keluarga mungkin teman kecil berbulu anda sangat kepo dengan makanan yang anda makan. Mereka pasti merengek untuk minta diberi makan.

       Apakah anda pernah mendapati anjing anda mencuri buah yang anda makan? Atau mereka mengemis dengan mata memohonnya untuk mendapatkan buah juga? Anjing adalah omnivora, mereka memakan semua jenis makanan yang mengandung daging dan nabati. Jika pakannya sudah memiliki nutrisi yang lengkap, anjing anda tidak perlu memakan buah meskipun mereka merengek.

Baca Juga: 7 Tips Bermain dengan Anjing. Simak Disini!

        Buah memiliki kandungan gula yang tinggi, saat anda memutuskan untuk memberinya buah pastikan bahwa gula di dalam tubuhnya rendah sehingga tidak terjadi hiperglikemia pada anjing anda. Dan pastikan anda memberikan buah dalam porsi yang sedikit dan sesekali saja untuk selingannya.

        Namun tidak semua jenis buah boleh dimakan oleh anjing anda. Berikut adalah beberapa jenis buah yang boleh teman berbulu anda konsumsi:

 1. Apel

         Apel adalah camilan enak yang mengandung vitamin A dan C tinggi, pastikan anda tidak memberikan bijinya karena itu beracun untuk anjing anda! Biji apel mengandung sianida yang dapat membahayakan tubuh, serta potong apel dengan ukuran kecil-kecil untuk menghindari anjing anda tersedak.

 2. Pisang

      Pisang tinggi akan potassium, serat, biotin hingga vitamin. Berikan sedikit saja untuk anjing anda karena pisang juga mengandung tinggi glukosa meskipun pisang juga termasuk makanan dengan kolesterol dan sodium yang rendah. Pastikan untuk mengupas kulitnya dulu.

 3. Blueberry

       Blueberry mengandung antioksidan dan vitamin. Buah ini berukuran kecil sehingga lebih mudah untuk dimakan, berikan buah ini secukupnya saja dan pastikan anjing tidak tersedak saat memakannya.

 4. Mangga

        Mangga juga boleh anda berikan untuk teman kecil anda, yang pasti berikan dengan ukuran yang tepat dan jangan berikan kulitnya karena bisa menimbulkan gangguan pencernaan. Mangga mengandung vitamin A, B6, C, E serta potasium.

 5. Jeruk

    Pastikan saat memberinya anda tidak menyertakan kulit dan bijinya. Berikan secukupnya karena mengandung gula yang tinggi. Selain itu mengkonsumsi jeruk dalam jumlah banyak juga tidak diperbolehkan karena jeruk dapat membuat gangguan pencernaan pada anjing karena terlalu asam atau kadar asamnya tinggi.

 6. Pir

      Pir tergolong aman untuk anjing anda, jadi anda dapat memberikan buah ini secukupnya. Buah ini mengandung serat, vitamin C dan vitamin K. Lebih baik anda memberikan buah secara langsung daripada memberikan buah dalam bentuk kalengan karena buah pir kalengan mengandung banyak gula. 

 7. Persik

      Buah ini juga baik untuk anjing anda karena segar dan menarik. Buah persik mengandung tinggi serat, rendah kalori dan rendah lemak. Serta mengandung antioksidan dan vitamin serta mineral. Pastikan anda membuang bijinya terlebih dahulu sebelum memberikannya pada anjing anda.

 8. Nanas

       Nanas memiliki gula yang sangat tinggi. Saat anda memutuskan untuk memberikannya untuk anak anda berikan hanya beberapa gigitan dalam acara tertentu saja. Meskipun demikian nanas baik untuk menghidrasi, sebagai antioksidan, dan mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin B6, dan mangan. Buah ini dapat membantu meningkatkan sistem imun dan sistem pencernaan. 

 9. Strawberry

       Sama seperti buah yang lain berikan buah strawberry  ini dalam jumlah kecil. Strawberry merupakan sumber vitamin C, potassium, serat, dan sumber antioksidan serta sebagai membantu memperkuat sistem imun tubuhnya. 

 10. Watermelon

      Buah ini mengandung banyak air sehingga, anjing anda dapat memakannya 2- 3 potong namun jangan berikan kulitnya yaa!

 

     Pastikan anda memberikan buah- buah diatas dalam jumlah yang secukupnya saja karena saat anda memberikannya berlebihan kemungkinan terjadinya obesitas dan diabetes pada anjing sangat tinggi karena kandungan gulanya yang tinggi bagi anjing.          

     Itulah 10 buah yang aman untuk dikonsumsi anjing anda, meskipun aman buah-buahan diatas memiliki kandungan gula yang tinggi sehingga pemberiannya pun dibatasi dan tidak boleh terlalu sering apalagi banyak. Pemberian buah untuk anjing kecil anda masih diperbolehkan dengan 10 daftar buah yang aman diatas namun buah- buah diatas hanya dijadikan sebagai selingan saja bukan menu tambahan selain pakan sehari-harinya ya. Menu tambahan disini artinya anda hanya bisa memberikan satu potong jenis buah dalam 1 minggu,

Menu Anjing anda sehari-hari juga dapat dikonsultasikan langsung dengan Dokter Hewan yang berkualitas di Hewania Vet Clinic, menu dapat disesuaikan juga dengan kebutuhan Anabul anda. Di Hewania Vet Clinic menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

     Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!