bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

AnjingTak Cuma Golden, Ini 3 Jenis Anjing Retriever yang Harus Kamu Ketahui!

Januari 20, 2023by HEWANIA0

Hewanians, sebagian besar dari kamu mungkin sudah mengenal anjing golden retriever. Namun ternyata, jenis retriever bukan hanya golden loh. Yuk simak 3 jenis anjing retriever pada artikel di bawah ini!

Jenis Anjing Retriever

Retriever adalah jenis anjing yang dikenal sebagai anjing yang tangguh, cerdas, dan dapat diajak bekerja. Anjing ini dikembangkan untuk menangkap dan mengejar binatang yang diburu, seperti ayam atau anjing lainnya. 

Retriever sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah Labrador Retriever, Golden Retriever, dan Chesapeake Bay Retriever. Masing-masing jenis anjing retriever memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. 

Yuk simak jenis-jenis anjing Retriever yang ada, serta perbedaan pada setiap jenisnya!

1. Chesapeake Bay Retriever

Chesapeake Bay Retriever adalah keturunan dari dua anjing yang diselamatkan dari kapal brig Inggris yang karam di lepas pantai Maryland pada tahun 1807. Bersama dengan kru dan kargo diselamatkan dua anak anjing Newfoundland St. bernama Kanton. 

Anjing-anjing itu kemudian diberikan kepada orang-orang di komunitas lokal. Keduanya tidak dikawinkan satu sama lain tetapi dikawinkan dengan anjing lain di daerah tersebut, dan persilangan lainnya juga dibuat, mungkin dengan Otterhound, Flat-Coat Retriever, dan Curly-Coated Retriever. 

Akhirnya, ras gundog yang cerdas dan bertubuh kuat ini dikembangkan, dengan karakteristik bulunya yang bergelombang, berwarna jerami hingga coklat.

2. Curly-Coated Retriever

Curly-Coated Retriever dianggap sebagai salah satu ras retriever tertua. Mereka dianggap sebagai keturunan dari Spaniel Air Inggris abad ke-16, Newfoundland St. John dan Pudel. 

Dibedakan oleh bulu ikalnya yang kecil, kencang, tahan air, dan renyah, anjing pemburu serbaguna ini dapat diandalkan, kokoh, dan sangat cerdas. Salah satu jenis anjing retriever yang lebih mandiri, Curly mungkin tampak menyendiri, tetapi dia selalu bersedia bermain jika diajak.

3. Flat-Coated Retriever

Nenek moyang Flat-Coat termasuk persilangan dari Newfoundland yang kemudian dibiakkan menjadi anjing gembala, dan anjing air yang mirip dengan spaniel. 

Terkait erat dengan Labrador tetapi lebih ramping dan lebih elegan, ras ini terkenal akan bulunya yang berkilau dan rata berwarna hitam pekat, dengan bulu di kaki dan ekor. 

Mantelnya yang khas melindungi anjing  ini dari cuaca yang keras, air yang sedingin es, dan cuaca ekstrim lainnya. Ciri trah lainnya adalah memiliki kepala panjang—paling unik di antara jenis anjing retriever lainnya—yang memancarkan ekspresi cerdas dan ramah.

4. Golden Retriever

Golden Retriever berasal dari Dataran Tinggi Skotlandia pada akhir 1800-an. 

Pendiri ras ini, seorang anggota bangsawan bernama Dudley Marjoribanks, yang kemudian dikenal sebagai Lord Tweedmouth, menginginkan seekor retriever hebat yang cocok dengan iklim Skotlandia. Akhirnya ia kemudian membiakkan anjing ini menjadi Tweed Water Spaniel betina (trah yang sekarang sudah punah). 

Anjing golden retriever kemudian dikenal sebagai anjing pekerja yang sangat baik. Sejak saat itu, kecantikan bulunya, kecerdasan tinggi, kemampuan fisik, dan kepribadian yang penuh kasih telah menjadi faktor mengapa jenis anjing retriever ini disukai banyak orang.

5. Labrador Retriever

Anjing Labrador Retriever adalah jenis anjing yang populer di seluruh dunia. Mereka dikenal sebagai anjing yang ramah, setia, dan mudah diajak bekerja. Labrador Retriever dikembangkan di Inggris pada abad ke-19 untuk menangkap dan mengejar binatang yang diburu seperti ayam atau anjing lainnya.

Labrador Retriever memiliki tubuh yang kuat dan atletis, serta bulu yang halus dan lembut. Warna bulu yang paling umum adalah hitam, coklat, dan kuning. Mereka memiliki wajah yang ramah dan ekspresi yang ceria. Labrador Retriever sangat cocok untuk keluarga, mereka senang bermain dan berinteraksi dengan anggota keluarga, serta sangat responsif terhadap pelatihan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara merawat anjing labrador retriever. Masih pertanyaan tentang jenis anjing ini? Yuk tanyakan langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Hewania.

Aplikasi Hewania menyediakan layanan konsultasi dokter hewan yang bisa kamu lakukan seacara online. Tak hanya itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi Hewania,

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!