bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Anjing5 Jenis Anjing Shepherd Paling Terkenal

Februari 22, 2023by HEWANIA0

Anjing shepherd atau anjing gembala merupakan salah satu ras anjing yang paling terkenal di dunia. Selain karena kecerdasan dan kemampuan mereka dalam melindungi ternak, anjing shepherd juga menjadi pilihan yang populer sebagai hewan peliharaan karena kepribadian yang ramah dan loyal.

Namun, ada banyak jenis anjing shepherd yang berbeda-beda, masing-masing memiliki ciri khas yang unik. Berikut ini adalah beberapa jenis anjing shepherd yang paling umum dikenal:

1. German Shepherd

German Shepherd atau anjing gembala Jerman merupakan salah satu jenis anjing shepherd yang paling populer di dunia. Mereka memiliki bentuk tubuh yang kokoh dan postur yang tegap. German Shepherd dikenal sebagai anjing yang cerdas, loyal, dan sangat patuh pada pemiliknya. Mereka juga sangat berani dan sering digunakan sebagai anjing polisi dan militer.

Menurut Siue Edu, di Eropa selama tahun 1850-an, upaya dilakukan untuk membiakan sebuah ras anjing pekerja dan pengembala domba. Anjing-anjing itu dibiakkan untuk melestarikan sifat-sifat yang membantu pekerjaan mereka menggembalakan domba dan melindungi ternak dari pemangsa.  

Di Jerman hal ini dipraktikkan oleh komunitas lokal, di mana para herder dipilih untuk dibiakan. Ras anjing herder Jerman memiliki keterampilan yang diperlukan untuk menggembala domba, seperti kecerdasan, kecepatan, kekuatan, dan indera penciuman yang tajam. 

2. Belgian Shepherd

Belgian Shepherd atau anjing gembala Belgia memiliki tubuh yang ramping dan otot yang kuat. Mereka memiliki postur yang elegan dan cenderung lebih cepat daripada German Shepherd. Belgian Shepherd juga sangat cerdas, dan sering digunakan sebagai anjing pelacak dan penjaga.

Berbeda dengan German Shepherd, Belgian Shepherd memiliki mantel tubuh yang lebih tebal. Sejarah anjing  gembala Belgia bisa dilacak kembali ke tahun 1880-an ketika anjing-anjing ini (dengan gembala Jerman, gembala Prancis, dan gembala Belanda) disebut anjing gembala kontinental.  Pada tahun 1891, Klub Anjing Gembala Belgia dibentuk.  

3. Australian Shepherd

Australian Shepherd adalah jenis anjing shepherd yang berasal dari Amerika Serikat, bukan dari Australia seperti namanya. Mereka dikenal sebagai anjing yang cerdas, atletis, dan energik. Australian Shepherd sering digunakan sebagai anjing penggembala, anjing pelacak, dan anjing peliharaan yang aktif.

Meski begitu, ada versi lain yang menyebutkan jika anjing ini berasal dari wilayah Basque di Spanyol.  Penggembala Basque pertama-tama membawa anjing mereka ke Australia dan kemudian ke Amerika Serikat. Atas dasar inilah, orang Amerika menyebut anjing itu sebagai Gembala Australia.  Trah ini, seperti yang kita kenal sekarang, dikembangkan secara eksklusif di Amerika Serikat.

4. Anatolian Shepherd

Anatolian Shepherd atau anjing gembala Anatolia merupakan jenis anjing shepherd yang berasal dari Turki. Mereka dikenal sebagai anjing yang besar, kuat, dan tangguh. Anatolian Shepherd sering digunakan sebagai anjing penggembala untuk melindungi kambing dan domba dari predator.

Anjing Gembala Anatolia adalah penjaga kawanan yang tangguh dan berasal dari garis keturunan kuno.  Pelindung dan teritorial, namun anjing ini  juga cerdas, sabar, dan sangat setia. Mereka dikenal sebagai anjing penjaga yang baik. 

5. Shiloh Shepherd

Shiloh Shepherd adalah jenis anjing shepherd yang relatif baru. Mereka berasal dari Amerika Serikat dan dikembangkan pada tahun 1970-an. Shiloh Shepherd memiliki bentuk tubuh yang besar dan lembut, dan mereka dikenal sebagai anjing yang sangat setia dan ramah.

Shiloh Shepherd adalah anjing pendamping cerdas yang bisa dilatih dengan baik.  Kepribadian lembut mereka menjadikan mereka sebagai anjing layanan atau anjing terapi yang sangat baik.  Penampilan mereka sangat mirip dengan Anjing Gembala Jerman, tetapi punya tubuh yang lebih besar.

Anjing ini  memiliki kombinasi dari beberapa ras dalam susunan genetik mereka yang mencakup Malamute Alaska dan Anjing German Shepherd.  Meski punya tubuh yang jumbo, anjing ini terkenal sebagai anjing penyayang.

itulah beberapa jenis anjing shepherd paling terkenal. Masih tertarik dengan ras anjing ini? Yuk tanyakan langsung pada dokter hewan di aplikasi Hewania.

Aplikasi Hewania menyediakan layanan konsultasi dokter hewan secara online. Tak hanya itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya dengan praktis.

Yuk downlod aplikasi Hewani sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!