bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

5 Jenis Sapi Kurban Paling Populer di Indonesia

Hewanians, apakah kamu saat ini sedang mencari jenis sapi kurban untuk Idul Adha 2023?

Di bulan Juni 2023 ini, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Tidak cuma shalat ied, tradisi lain dari Idul Adha adalah melakukan pemotongan hewan ternak atau sering disebut kurban.

Di Indonesia, umumnya hewan kurban yang biasa dipotong untuk keperluan kurban adalah domba, kambing, dan juga sapi.

Nah, buat kamu yang saat ini sedang mencari jenis sapi kurban, Hewania punya beberapa daftarnya di bawah ini. Yuk simak penjelasannya!!

Jenis Sapi Kurban Paling Banyak Dipilih di Indonesia

1. Sapi Limosin

Sapi Limosin adalah salah satu ras sapi yang berasal dari Prancis. Ras ini pertama kali dikembangkan pada abad ke-19 di daerah Limousin, Prancis. 

Sapi Limosin awalnya digunakan sebagai sapi kerja untuk menarik kereta, membantu dalam pertanian, dan juga sebagai sumber daging. 

Seiring waktu, mereka dikenal karena kualitas daging mereka yang baik, terutama dalam hal kelezatan, kelembutan, dan tingkat kandungan lemak yang rendah.

Di Indonesia, sapi Limosin lazim digunakan sebagai jenis sapi kurban. Saking terkenalnya di Indonesia, sapi Limosin bahkan kerap menjadi langganan sapi kurban dari Jokowi.

Dengan warna krem, merah dan juga hitam, secara umum, sapi jantan Limosin dewasa dapat mencapai berat badan antara 900 hingga 1.200 kilogram, sedangkan sapi betina dewasa biasanya memiliki berat badan antara 650 hingga 850 kilogram.

2. Sapi Brahman

Jenis sapi kurban yang terkenal di Indonesia adalah sapi Brahman. Berasal dari India, sapi ini memiliki ciri penampilan yang unik, yakni punuk yang besar di bagian bahunya. 

Punuk tersebut terdiri dari jaringan lemak dan otot yang membantu menyimpan cadangan energi dan memberikan isolasi termal. Mereka juga memiliki telinga yang panjang dan menggantung, yang membantu dalam proses pendinginan tubuh dengan meningkatkan permukaan radiasi panas.

Secara umum, sapi jantan Brahman dewasa bisa mencapai berat badan antara 900 hingga 1.100 kilogram, sementara sapi betina Brahman dewasa memiliki berat badan sekitar 500 hingga 700 kilogram.

3. Sapi Bali

Tak hanya sapi internasional, sapi lokal juga kerap menjadi pilihan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha. Salah satu jenis sapi kurban terbaik dari Indonesia adalah sapi Bali.

Seperti namanya, sapi ini berasal dari pulau Bali, yang terletak di wilayah Indonesia bagian tengah. Sapi Bali telah ada di Bali selama berabad-abad dan memiliki hubungan erat dengan budaya dan tradisi masyarakat setempat.

Sapi Bali biasanya memiliki ukuran sedang hingga kecil, dengan tubuh yang kuat dan kompak. Mereka memiliki ciri khas tanduk yang melengkung ke atas, dengan bentuk yang indah dan dihiasi dengan hiasan seperti kain atau hiasan lainnya pada beberapa kesempatan budaya.

Ada beberapa alasan kenapa sapi Bali menjadi jenis sapi kurban favorit masyarakat Indonesia. Selain dagingnya yang lezat, harganya yang lebih murah juga menjadi salah satu alasan kenapa masyarakat Indonesia memilih sapi Bali sebagai hewan kurban.

Baca Juga: Mengenal Ciri-ciri Sapi Bali, Sapi Asli Indonesia yang Potensial untuk Dikembangkan

4. Sapi Simental

Jenis sapi kurban selanjutnya adalah sapi simental. Sapi bertubuh kekar asal Swiss ini menjadi pilihan karena tubuhnya yang jumbo.

Ras sapi ini pertama kali dikembangkan di wilayah Swiss pada abad ke-19. Sapi Simmental awalnya dibiakkan sebagai sapi pekerja untuk pertanian dan juga sebagai penyedia daging dan susu.

Kualitas daging sapi Simmental yang baik, seperti kelezatan, kelembutan, dan ketebalan daging yang dihasilkan, membuatnya menjadi pilihan yang populer dalam industri daging sapi.

Secara umum, sapi jantan Simmental dewasa bisa mencapai berat badan antara 900 hingga 1.200 kilogram, sedangkan sapi betina Simental dewasa biasanya memiliki berat badan antara 600 hingga 800 kilogram.

Tertarik memilih sapi simental sebagai hewan kurban?

Baca Juga: Mengenal Simental, Sapi Kurban Jokowi yang Punya Ukuran Jumbo!

5. Sapi Ongole

Tidak hanya sapi Brahman, India juga menjadi salah satu negara yang berhasil memproduksi jenis sapi terbaik untuk kurban. Salah satunya adalah sapi Ongole.

Mereka berasal dari wilayah Ongole di negara bagian Andhra Pradesh, India. Ras sapi ini telah ada selama berabad-abad di daerah tersebut dan menjadi bagian penting dari budaya dan ekonomi lokal.

Sapi Ongole dikembangkan dan dipelihara oleh suku-suku peternak tradisional di daerah Ongole. Mereka telah dibiakkan secara selektif selama bertahun-tahun untuk sifat-sifat yang menguntungkan, seperti adaptabilitas terhadap iklim tropis, kekuatan fisik, dan ketahanan terhadap penyakit dan parasit.

Karena kualitasnya, sapi ini sudah diimpor ke berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Meski tidak se jumbo sapi Limosin ataupun Simental, Ongole dewasa bisa mencapai berat badan antara 800 hingga 1.100 kilogram, sedangkan sapi betina Ongole dewasa biasanya memiliki berat badan antara 400 hingga 550 kilogram.

Itulah deretan jenis sapi kurban paling populer di Indonesia. Yuk tunjukan kepedulian kamu pada sesama dan nikmati kebahagiaan berbagi di Hari Raya Idul Adha 2023 ini dengan membeli hewan kurban dari Hewania.

Dapatkan hewan kurban terbaik dari peternak terbaik. Hewania memiliki tim yang berpengalaman di bidangnya, sehingga akan membantu kamu dalam memilih hewan sesuai dengan preferensi kamu.

Beli hewan kurban terbaik disini!

 

 

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!