bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenapa Bulu Anjing Berubah Warna? Ini Alasannya

September 11, 2023by Galih Primananda0

Bagi pemilik anjing, perubahan apa pun dalam penampilan dan perilaku mereka pasti akan menjadi perhatian utama. Salah satu perubahan yang sering diperhatikan adalah perubahan warna bulu anjing.

Kenapa bulu anjing berubah warna? Ini mungkin jadi salah satu pertanyaan yang mungkin bikin kamu penasaran. Yuk ketahui penjelasan kenapa bulu anjing berubah warna pada artikel di bawah ini!

Kenapa Bulu Anjing Berubah Warna

Seiring bertambahnya usia anjing, tidak jarang terjadi perubahan warna bulu yang dapat mencakup bulu yang memutih, terutama di sekitar moncong dan mata.

Lalu, kenapa bulu anjing berubah warna? Hal ini disebabkan oleh penurunan produksi melanin, pigmen yang memberi warna pada bulu anjing. Proses ini dikenal sebagai graying atau depigmentasi. 

Ketika anjing menua, produksi melanin dalam folikel rambutnya dapat menurun, mengakibatkan perubahan gradual dalam warna bulu mereka.

Proses ini dapat berlangsung selama beberapa tahun, dan intensitas perubahan warna bulu dapat bervariasi antara individu. 

Perubahan warna bulu pada anjing adalah bagian alami dari penuaan dan seringkali tidak perlu dikhawatirkan, kecuali jika disertai dengan gejala kesehatan lain yang perlu dievaluasi oleh seorang dokter hewan.

Selama proses peralihan dari bulu anak anjing ke bulu dewasa, banyak anjing mengalami sedikit perubahan warna, meskipun ada yang mengalami perubahan yang lebih mencolok.

Tingkat perubahan ini sangat tergantung pada ras dan faktor genetika individu. Sebagai contoh, anak anjing Labrador berwarna kuning tidak akan berubah menjadi Labrador berwarna coklat saat dewasa.

Meski begitu, beberapa ras seperti Dalmatian, Bedlington Terrier, Kerry Blue Terrier, dan Shih Tzus mungkin mengalami perubahan warna yang signifikan seiring bertambahnya usia. Jika kamu ingin mengetahui apakah anak anjing kamu akan mengalami perubahan warna bulu saat dewasa, disarankan untuk memperhatikan rasnya. 

Bulu Anjing Bisa Menjadi Informasi Kesehatan yang Penting

Warna bulu anjing biasanya bukan masalah yang sangat penting bagi sebagian besar pemilik hewan. Namun, tetaplah penting untuk mengawasi kesehatan bulu anjing kamu, karena kondisi mantelnya dapat menjadi indikator kesehatan umum anjing.

Menurut American Kennel Club (AKC), mantel yang sehat, baik yang pendek maupun yang panjang, akan berkilau dan fleksibel, tanpa adanya ketombe, bintik-bintik botak, atau tingkat kelebihan minyak yang berlebihan.

Ciri-ciri Bulu Anjing yang Tidak Sehat

Tanda-tanda bahwa mantel bulu anjing tidak sehat dapat bervariasi tergantung pada masalah kesehatan yang mendasarinya, tetapi beberapa ciri umum yang dapat mengindikasikan masalah pada mantel bulu anjing adalah:

  • Ketombe: Jika kamu melihat ketombe yang berlebihan di mantel anjing kamu, ini bisa menjadi tanda bahwa kulitnya kering atau ada masalah kulit lainnya.
  • Bintik-bintik botak: Area di mana bulu anjing menjadi tipis atau botak tanpa alasan yang jelas dapat mengindikasikan masalah kulit seperti infeksi atau alergi.
  • Kelebihan Minyak: Bulu anjing yang terlalu berminyak atau berminyak secara berlebihan bisa menjadi tanda masalah dermatologis. Ini bisa terjadi pada beberapa ras yang memiliki masalah kelenjar sebasea yang overaktif.
  • Rambut Rontok Berlebihan: Kehilangan rambut yang signifikan di luar musim gugur bulu biasa dapat menunjukkan masalah kesehatan yang lebih serius, seperti masalah hormonal atau masalah nutrisi.
  • Gatal-gatal yang Berlebihan: Jika anjing terus-menerus menggaruk atau menjilat dirinya sendiri karena gatal-gatal yang tak teratasi, ini bisa menandakan alergi atau masalah kulit lainnya.
  • Kulit Kering atau Bersisik: Kulit yang terlihat kering, bersisik, atau merah bisa menjadi tanda masalah kulit yang memengaruhi kesehatan bulu anjing.

Pastikan kamu memberikan yang terbaik bagi hewan kesayangan kamu. Salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah dengan membawa hewan peliharaan kamu ke klinik hewan secara rutin untuk memeriksakan kesehatannya.

Di klinik hewan, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan terhadap hewan peliharaan kamu untuk mengetahui kondisi kesehatannya. Dokter hewan juga dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang perawatan yang tepat bagi hewan peliharaan kamu.

Jangan biarkan hewan peliharaan kamu menderita karena tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Segera buat janji dengan klinik hewan dan bawa hewan peliharaan kamu untuk diperiksa. 

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!