bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Kenapa Kucing Hamil Tidur Terus? Apakah Normal?

August 31, 2023by Galih Primananda0

Ketika kucing hamil, perilaku tidurnya yang lebih sering bisa menjadi hal yang wajar. Proses kehamilan mempengaruhi hormon dan energi tubuhnya, sehingga kucing cenderung lebih mengantuk. 

Perubahan fisik dan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan dapat membuatnya merasa lelah lebih cepat. Namun, jika kamu mengamati perubahan drastis dalam perilaku tidur kucing atau tanda-tanda kekhawatiran lainnya, konsultasikan dengan dokter hewan untuk memastikan kesehatan kucing hamil kamu.

Yuk ketahui alasan kenapa kucing hamil tidur terus di bawah ini!

Berapa Lama Kucing Hamil?

Sebelum mengetahui jawaban dibalik pertanyaan kenapa kucing hamil tidur terus, ada baiknya kamu mengetahui durasi kehamilan pada kucing itu sendiri.

Secara umum, kucing memiliki masa kehamilan selama 63-65 hari. Meski begitu, lama kehamilan ini akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Jika kucing kamu baru pertama kali hamil, maka durasinya bisa berlangsung lebih lama.

Apa Tanda-tanda Kucing Hamil?

Meskipun mungkin tidak ada tanda-tanda di minggu-minggu pertama, ada beberapa gejala awal kehamilan umum yang dapat muncul:

  • Kenaikan berat badan yang nyata dalam beberapa minggu
  • Pembengkakan, puting merah muda yang muncul sekitar tiga minggu setelah kehamilan
  • Muntah 
  • Nafsu makan meningkat
  • Tidur lebih banyak
  • Perubahan kepribadian, seperti menjadi lebih penyayang

Kenapa Kucing Hamil Tidur Terus? Apakah Normal?

Kenapa kucing hamil tidur terus? Saat sedang hamil, kucing kemungkinan ingin menghabiskan lebih banyak waktu di dalam rumah dan akan tidur lebih banyak. Hal ini karena kehamilan mengurangi tingkat energinya. Ketidakaktifan dan istirahat sangatlah normal selama kehamilan kucing.

Selama kehamilan, tubuh kucing bekerja keras untuk memfasilitasi pertumbuhan anak-anaknya. Tidur membantu menghemat energi, memastikan bahwa induk kucing dapat menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk anak-anak kucingnya yang sedang berkembang. 

Penting untuk dicatat bahwa tingkat pertumbuhan anak kucing di dalam rahim berlangsung dengan cepat, dan mereka membutuhkan sejumlah besar energi untuk berkembang dengan baik. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi kucing hamil untuk banyak istirahat.

Selain itu, tubuh induk kucing juga mengalami perubahan signifikan selama kehamilan. Metabolismenya melambat, dan suhu tubuhnya meningkat. Hal ini bisa melelahkan bagi induk kucing. 

Tidur dapat membantu tubuh induk kucing mengatasi perubahan ini, memungkinkannya untuk menghemat energi.

Tidur sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak kucing yang belum lahir. Selama tidur itulah tubuh memperbaiki dan beregenerasi, yang sangat penting untuk pertumbuhan janin.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kucing Hamil?

Cara terbaik dalam merawat dan memastikan kesehatan induk kucing maupun anaknya adalah dengan membawanya ke dokter hewan.

Dokter hewan dapat mengetahui kehamilan kucing kamu hamil dengan melakukan pemeriksaan perut, meskipun terkadang X-ray atau USG juga diperlukan. 

Selain itu, dokter hewan dapat memberikan perawatan yang tepat dan memastikan kesehatan optimal bagi kucing dan janin yang dikandungnya. 

Selama kehamilan, kucing rentan mengalami komplikasi seperti infeksi, masalah gizi, atau masalah dalam proses persalinan. 

Dokter hewan dapat memberikan nasihat mengenai nutrisi yang tepat, memantau kesehatan kucing secara berkala, dan memeriksa perkembangan janin melalui pemeriksaan medis yang diperlukan. 

Dengan mengikuti saran dari dokter hewan, kamu dapat memastikan bahwa kucing hamil mendapatkan perawatan terbaik dan mengurangi risiko masalah kesehatan yang mungkin timbul.

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat hewan peliharaan kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!