bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ketahui Hiperkeratosis: penebalan pada paw Anjing anda!

December 18, 2023by HEWANIA0

Apa itu hiperkeratosis pada anjing?

   Hiperkeratosis terjadi pada anjing ketika tubuhnya memproduksi keratin terlalu banyak. Keratin. Adalah sejenis protein yang menyusun kulit, rambut,dan kuku di tubuh anjing. Jika anjing memiliki terlalu banyak keratin, is akan tampak seperti kapalan kering yang menebal di bantalan kakinya. 

    Produksi keratin yang berlebihan juga bisa terlihat seperti tonjolan berbulu di telapak kaki. Tempat lain yang sering terkena yaitu pangkal hidung dan titik- titik tekanan di mana kapalan terbentuk seperti siku. Nama medis umum untuk kondisi ini termasuk hiperkeratosis anjing, hiperkeratosis nasodigital, dan hiperkeratosis pada kaki anjing. Hiperkeratosis jarang dianggap sebagai gangguan atau keadaan darurat medis. Meskipun demikian gangguan ini menyebabkan ketidaknyamanan saat berjalan jika kulit yang mengeras dan retak, atau jika anjing anda mengalami infeksi kulit sekunder.

    Kebanyakan anjing dengan hiperkeratosis dapat diperiksa oleh dokter hewan. Jika anjing anda tampak merasa nyaman dan berperilaku normal di rumah, cobalah membawa mereka ke dokter hewan setelah menyadari munculnya gejalanya. 

Baca Juga: Tips agar menghentikan Puppy yang suka menggigit!

 

Gejala hiperkeratosis pada anjing 

   Pada anjing hiperkeratosis muncul gejala diantaranya seperti:

  1. Kulit menebal dan keras pada bantalan kaki, hidung, atau titik tekanan lainnya
  2. Tonjolan seperti rambut tumbuh dari bantalan kaki
  3. Kulit pecah- pecah dan kering pada bantalan kaki atau hidung
  4. Bantalan kaki berdarah atau retak
  5. Ketimpangan atau pincang 

 

Apa penyebab hiperkeratosis pada anjing?

   Hiperkeratosis umum terjadi pada banyak ras anjing. Dan sering didiagnosis pada anjing jenis brachycephalic. Mereka memiliki moncong yang pendek dan wajah yang halus, contohnya seperti berikut :

  1. English bulldog
  2. French bulldog
  3. Boston terrier
  4. Pug
  5. Boxer

   Trah atau ras diatas merupakan anjing yang sering mengalami hiperkeratosis di hidung atau terkadang di kaki mereka. 

   Lapisan luar kulit biasanya terkelupas saat anjing berjalan, berlari, atau menggosokkan wajahnya ke mangkuk makanan saat makan. Ciri- ciri fisik tersebut dapat menyebabkan penumpukan keratin di atas hidung atau di bantalan kaki :

  1. Saat hidung anjing rata dan tidak menyentuh mangkuknya. 
  2. Jika seekor anjing memiliki kaki yang tertekuk 
  3. Ciri- ciri lain yang menyebabkan anjing tidak bisa meratakan cakarnya sampai ke lantai

    Hiperkeratosis pada anjing juga sering terjadi pada :

  1. Anjing labrador retriever
  2. Anjing cocker spaniel
  3. Anjing irish terrier
  4. Anjing dogues de bordeaux

     Hiperkeratosis mungkin juga terlihat seperti kulit berbulu keras di siku pada hewan senior. Tekanan terus menerus pada kulit tipis, seperti di atas siku, dapat menyebabkan produksi keratin berlebihan untuk perlindungan. Karena hewan peliharaan senior menghabiskan lebih banyak waktu berbaring dan tidur, hiperkeratosis sering terjadi pada anjing berusia 8 hingga 12 tahun.

    Jika anda mencurigai anjing anda mengalami hiperkeratosis maka segera konsultasikan dengan dokter hewan anda. Hiperkeratosis didiagnosa oleh dokter hewan melalui pemeriksaan fisik. Jika seekor anjing memiliki kulit kapalan yang menebal dan berlebih di kaki, hidung, atau sikunya, kemungkinan besar ia terkena hiperkeratosis, terutama jika ia lebih tua, atau merupakan ras yang memiliki kecenderungan demikian. Meskipun sebagian besar kasus disebabkan oleh faktor genetik atau pembentukan kalus terkait usia, kondisi ini terkadang bisa menjadi tanda adanya kondisi yang mendasarinya. 

    Dokter hewan anda mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan dasar untuk memastikan bahwa anjing anda anda bebas dari penyakit lainnya yang dapat menyebabkan kelebihan keratin. Seperti penyakit autoimun, hormonal, virus dan nutrisi yang dapat menimbulkan gejala seperti hiperkeratosis. Penyakit pemphigus foliaceus, lupus erythematosus, cushing, bahkan virus distemper hingga kekurangan seng merupakan masalah kesehatan yang dapat menyebabkan pengerasan dan penebalan kulit pada bantalan kaki anjing. 

 

Pengobatan hiperkeratosis

   Hiperkeratosis anjing tidak dapat disembuhkan, namun dapat ditangani. Perawatan seringkali ditujukan untuk melembutkan kulit yang menebal dan keras. Perawatan mungkin tidak diperlukan bagi anjing yang memiliki kulit menebal atau tonjolan seperti rambut di bantalan kaki, hidung, atau sikunya. Jika mereka merasa nyaman dan berperilaku normal tanpa tanda- tanda infeksi kulit sekunder maka perawatan mungkin tidak akan disarankan oleh dokter hewan. Pastikan anda membantu menghidrasi dan melembutkan kulit kering anjing anda dengan merendam kakinya dengan air hangat lalu mengoleskan petroleum jelly ke area yang terkena. Jika kondisi hiperkeratosisnya cukup parah mungkin anjing perlu dilakukan pengangkatan sebagian kulit yang terkena. 

 

Pencegahan apa yang dapat dilakukan?

    Anjing senior mungkin yang paling rentan mengalami hiperkeratosis ini, meskipun ini merupakan kondisi genetik namun anda dapat melakukan perawatan untuk anjing anda untuk mencegahnya. Berikanlah balsem pelembab secara rutin pada bantalan kaki, hidung dan sikunya untuk membantu menjaga kulit tetap lembut dan bebas dari retakan. Dan pastikan tempat tidurnya empuk untuk menopang siku dan area lainnya yang rentan terhadap kelebihan keratin. 

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan rutin dengan Dokter Hewan! Anda juga bisa langsung membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!