bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Tips agar menghentikan Puppy yang suka menggigit!

December 15, 2023by HEWANIA0

     Memiliki anak anjing atau puppy baru tentu sangat menyenangkan. Namun banyak hal yang perlu diperhatikan dan hal tersebut tidak hanya tentang bermain bersama puppy kecil anda. Anak anjing atau puppy anda akan menggigit apapun yang ada di dekat mulutnya. Apakah anda memahami mengapa anak anjing atau puppy anda suka menggigit apapun? Apakah kondisi tersebut normal? Berikut adalah rincian perilaku menggigit anak anjing atau puppy anda serta apa yang dapat anda lakukan untuk untuk membantu anjing anda menggunakan mulutnya dengan benar.

Baca Juga: Muntah Darah pada Anjing: Gejala dan Penyebabnya

 

Mengapa anak anjing atau puppy suka menggigit?

     Adalah hal yang normal saat anak anjing atau puppy anda menggunakan giginya saat bermain dan bereksplorasi.  Sehingga mereka dapat belajar mengenai dunia karena peran ini penting dalam sosialisasi mereka. Belum lagi anak anjing atau puppy mengunyah segala hal termasuk pakaian.

Berikut adalah alasan mengapa anak anjing atau puppy anda menggigit :

 1. Eksplor dunia

Anak anjing atau puppy belajar banyak hal dari menggigit benda termasuk menggigit anak anjing lainnya, induknya bahkan benda mati. Mereka belajar dan menerima informasi sensorik mengenai seberapa keras mereka menggigit objek benda tertentu seperti apa rasanya, dan apakah yang harus mereka ubah perilakunya. Tergantung pada umpan balik yang diterima oleh anjing, seperti rasa dan konsistensi benda atau reaksi yang didapat, anak anjing atau puppy mungkin mengubah tekanan gigitannya atau bahkan mereka berhenti sama sekali.

 2. Anak anjing anda sedang tumbuh gigi

Gigi anjing dewasa mulai muncul ketika anak anjing berusia 12- 16 minggu dan gusi anak anjing anda mungkin sedikit sakit pada usia tersebut. Oleh karena itu, gigitan anak anjing cenderung mencapai puncaknya saat anak anjing berusia sekitar 13 minggu. Selama waktu ini anda mungkin akan melihat peningkatan kebiasaan mengunyah benda- benda termasuk diri anda, pakaian bahkan rambut anda.

 3. Bermain

Beberapa anak anjing menggigit atau mengunyah untuk memancing permainan. Saat anak anjing saling menggigit mereka mempelajari keterampilan yang sangat penting yaitu pengendalian gigitan. Dengan bermain menggigit, anak anjing atau puppy belajar seberapa besar tekanan yang dapat mereka berikan dengan giginya dan apa yang terjadi jika mereka menggigit terlalu keras. Misalnya pada interaksi bermain anak anjing atau puppy A dengan puppy B. Saat puppy A menggigit puppy B terlalu keras maka puppy B akan menangis dan menolak untuk terus bermain bersama puppy A. Puppy B bahkan akan menjauh dari puppy A.

Melalui interaksi ini puppy akan mengetahui jika ia menggigit terlalu keras maka puppy lain tidak akan mau bermain dengannya. Sehingga puppy akan bermain dengan lebih lembut agar puppy lainnya bisa bermain bersama. Beberapa anak anjing mungkin belajar dalam 1 kali proses namun tidak jarang anak anjing yang lain memerlukan belajar dengan beberapa sesi bermain dengan banyak anak anjing lainnya untuk melunakkan gigitannya. Anak anjing atau puppy anda pasti akan mencoba ikut bermain dengan menggigit anda karena bagi mereka ini adalah perilaku yang normal. Jika hal ini terjadi maka anda perlu memahami cara meresponnya sehingga anak anjing mendapatkan bimbingan yang jelas dan lembut. 

 

Bagaimana membuat anak anjing atau puppy berhenti menggigit?

     Membatasi kebiasaan menggigit dan menggigit anak anjing anda sangat bergantung pada alasan ia melakukannya. Berikut langkah yang dapat anda lakukan :

  1. Jika anak anjing anda mengunyah barang anda. Pastikan anda menjadwalkan untuk berolahraga dan bermain bersama sehingga energinya yang ekstra atau bosan atau terlalu lelah dapat berkurang agar mereka tidak mengunyah benda anda secara acak. Selain itu hal ini juga dapat membantu mereka tidur nyenyak tanpa gangguan. Anda memberikan anak anjing anda mainan untuk dikunyah dan pastikan anda mengamankan barang- barang anda agar tidak mudah dijangkau dan tidak dikunyah oleh anak anjing anda. 
  2. Jika anak anjing anda sedang tumbuh gigi maka mainan akan membantu meredakan sakit gusinya. Pilihlah mainan yang berasal dari plastik yang lebih lembut sehingga tidak melukai gigi susu ataupun gigi dewasa yang akan datang. 

Saat anda sedang bermain dengan anak anjing anda lalu mereka menggigit anda, pastikan anda langsung pergi dari area bermain anak anjing anda dan pastikan mereka tidak dapat mengikuti anda. Diamlah selama 30 detik baru kemudian kembali bermain dengan anak anjing anda. Lakukan hal ini berulang kali agar anak anjing anda paham tidak boleh menggigit anda. 

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa langsung membawanya ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!