bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

KucingKesehatanKucing Keracunan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Januari 4, 2023by HEWANIA0

Hewanians, kucing dapat teracuni oleh berbagai macam hal, seperti makanan yang kadaluarsa, racun hewan, obat-obatan tertentu, atau bahan kimia rumah tangga. 

Ketika kamu curiga kucing keracunan, segera hubungi dokter hewan atau layanan emergensi hewan. Jangan mencoba untuk mengobati kucing yang teracuni sendiri, karena ini bisa berbahaya bagi kucing kamu.

Yuk pelajari informasi lengkap soal artikel kucing keracunan pada artikel di bawah ini!

Baca juga: Bolehkah Kucing Makan Nasi? Ini Jawabannya!

Penyebab Kucing Keracunan

Terdapat berbagai macam penyebab kucing keracunan yang harus kamu waspadai, diantaranya adalah:

1. Bahan pembersih rumah tangga: 

Penyebab kucing keracunan yang pertama adalah bahan pembersih rumah tangga. Pemutih, deterjen cucian, dan lembaran pengering dapat menyebabkan kucing kamu mengalami masalah kesehatan sakit maag dan mulut, muntah, dan masalah lainnya lainnya.

2. Obat-obatan Manusia

Selanjutnya, penyebab kucing keracunan adalah obat-obatan yang biasa dikonsumsi manusia. Bahkan, obat penghilang rasa sakit yang tampaknya tidak berbahaya dapat menyebabkan konsekuensi serius jika kucing kamu menelannya. 

Acetaminophen (Tylenol) dan NSAID seperti aspirin dan ibuprofen dapat merusak sel darah merah dan ginjal dan menyebabkan bisul di saluran pencernaan. 

3. Tumbuhan

Tak hanya makanan, ada beberapa tumbuhan yang juga dapat membuat kucing kamu keracunan. Beberapa diantaranya adalah bunga lili, azalea, dan rhododendron. Tumbuhan-tumbuhan ini dapat menyebabkan gagal ginjal yang parah, koma, dan bahkan kematian pada kucing. 

Baca juga: 

4. Makanan Manusia

Banyak makanan yang umumnya aman bagi manusia tapi sebenarnya beracun bagi tubuh kucing, seperti buah beri. Bawang merah dan bawang putih juga dapat merusak sel darah merah dan menyebabkan anemia pada kucing. 

Selain itu, anggur dan kismis dapat menyebabkan muntah, diare, sakit perut, dan bahkan gagal ginjal pada kucing maupun anjing. Kucing juga  dapat menderita tremor otot, detak jantung yang cepat, dan kejang setelah menelan cokelat. 

Baca makanan manusia yang ternyata beracun bagi kucing kamu lebih lengkap disini.

5. Minyak atsiri (Essential Oil) 

Minyak esensial juga bisa berbahaya dan membuat kucing kamu keracunan. Mereka rentan terhadap penyakit pernapasan, bahkan hanya dengan cara menghirupnya dari diffuser.

Makanan yang Beracun untuk Kucing Kamu

Ada beberapa makanan yang dapat membuat kucing keracunan, seperti:

  1. Chocolate: Kucing tidak dapat mencerna theobromine yang terkandung dalam cokelat, yang dapat menyebabkan keracunan.
  2. Bawang: Bawang merah dan bawang putih mengandung zat yang dapat merusak sel-sel darah merah pada kucing, yang dapat menyebabkan anemia.
  3. Daging asap: Daging asap mengandung sodium yang tinggi, yang dapat menyebabkan hipernatremia (kadar sodium yang terlalu tinggi dalam darah) pada kucing.
  4. Makanan manusia yang mengandung bahan pengawet: Beberapa makanan yang dibuat untuk manusia mengandung bahan pengawet yang tidak aman bagi kucing, seperti sianida.
  5. Makanan yang mengandung alkohol: Kucing yang memakan makanan yang mengandung alkohol dapat mengalami kejang, kehilangan kesadaran, dan bahkan kematian.

Jika kamu merasa bahwa kucing kamu mungkin telah memakan makanan yang tidak aman, segera hubungi dokter hewan atau layanan emergensi hewan.

Baca juga: 6 Makanan Manusia yang Bisa Dimakan Kucing. Apa Saja?

Cara Mengatasi Kucing Keracunan

Tanda-tanda  kucing keracunan cenderung muncul secara tiba-tiba, sehingga penting untuk kamu waspadai dengan cepat. Meskipun kamu hanya curiga kucing kamu telah menelan atau menyentuh sesuatu yang beracun, kamu harus bertindak cepat. 

Jika hal ini terjadi, segera hubungi dokter hewan sesegera mungkin. Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di Hewania. Aplikasi Hewania menyediakan konsultasi dokter hewan online dengan berbagai macam pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu juga bisa membaca artikel kesehatan hewan lainnya pada aplikasi ini.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!