bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

AnjingKesehatan5 Penyebab Anjing Tidak Mau Makan dan Cara Mengatasinya

Desember 20, 2022by HEWANIA0

Hewanians, apakah anjing kamu pernah menolak makan? Saat hal ini terjadi, mungkin kamu akan langsung panik. Banyak sekali penyebab anjing tidak mau makan, mulai dari faktor usia ataupun perubahan diet. Dalam artikel ini, kamu akan belajar banyak hal tentang alasan kenapa anjing tidak mau makan. Yuk simak artikelnya sampai habis!
Baca juga: Ini 5 Cara Memberikan Makanan pada Anjing Kecil

Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Ada banyak penyebab mengapa anjing tidak mau makan, beberapa di antaranya adalah:

Masalah kesehatan: Anjing yang sedang sakit atau memiliki masalah kesehatan mungkin tidak akan merasa nafsu makan.

Stres atau kecemasan: Perubahan lingkungan atau rutinitas, atau masalah emosi lainnya dapat menyebabkan anjing tidak nafsu makan.

Gangguan pencernaan: Masalah pencernaan seperti diare, muntah, atau infeksi lambung dapat menyebabkan anjing tidak mau makan.

Masalah dengan makanan: Anjing mungkin tidak suka dengan rasa atau tekstur makanan yang diberikan, atau mungkin memiliki alergi terhadap kandungan tertentu dalam makanan.

Usia tua: Anjing yang sudah tua mungkin tidak memiliki nafsu makan yang sehat, terutama jika mereka memiliki masalah dengan gigi atau mulut.

Jika kamu mencurigai bahwa anjing kamu tidak mau makan karena masalah kesehatan, sebaiknya bawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut. Namun, jika kamu yakin bahwa masalahnya adalah karena faktor lain, coba tanyakan kepada dokter hewan tentang cara meningkatkan nafsu makan anjing kamu.

Baca juga: Hati-hati, 10 Makanan Berbahaya Untuk Anjing Ini Bisa Sebabkan Kematian

1. Masalah Kesehatan

Penyebab anjing tidak mau makan yang pertama adalah masalah kesehatan. Ada banyak masalah kesehatan yang dapat menyebabkan anjing tidak mau makan, beberapa di antaranya adalah:

  • Penyakit infeksi: Anjing yang terkena penyakit infeksi seperti demam, pilek, atau flu mungkin tidak akan merasa nafsu makan karena gejala yang menyertai penyakit tersebut.
  • Masalah pencernaan: Anjing yang mengalami diare, muntah, atau infeksi lambung mungkin tidak akan merasa nafsu makan karena tidak nyaman atau sakit.
  • Penyakit hati: Anjing yang mengalami masalah hati seperti hepatitis atau gagal hati mungkin tidak akan merasa nafsu makan karena mereka merasa lemah atau tidak enak badan.
  • Penyakit ginjal: Anjing yang mengalami masalah ginjal seperti gagal ginjal mungkin tidak akan merasa nafsu makan karena mereka merasa lemah atau tidak enak badan.
  • Penyakit onkologi: Anjing yang menderita penyakit kanker mungkin tidak akan merasa nafsu makan karena efek samping kemoterapi atau radioterapi, atau karena mereka merasa lemah atau tidak enak badan.

Jika kamu mencurigai bahwa anjing kamu tidak mau makan karena masalah kesehatan, sebaiknya bawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

2. Stress atau Cemas

Anjing dapat merasa stres karena berbagai alasan, seperti perubahan lingkungan atau rutinitas, kehilangan keluarga atau teman dekat, atau masalah emosi lainnya.

Stres dapat mempengaruhi nafsu makan anjing dengan cara yang sama seperti yang terjadi pada manusia, yaitu dengan menurunkan nafsu makan atau bahkan menyebabkan anjing tidak mau makan sama sekali. Anjing yang merasa stres juga mungkin mengalami masalah pencernaan seperti diare atau muntah, yang juga dapat menyebabkan anjing tidak mau makan.

Untuk mengatasi masalah nafsu makan yang disebabkan oleh stres, pertama-tama kamu perlu mencari tahu apa yang menyebabkan stres pada anjing kamu.

Kemudian, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti memberikan anjing kamu tempat yang aman dan nyaman, memastikan bahwa anjing kamu mendapat cukup waktu untuk bermain dan berolahraga, dan memberikan anjing kamu perhatian yang cukup. Jika kamu merasa bahwa stres anjing kamu tidak dapat ditangani dengan cara-cara tersebut, sebaiknya bawa anjing kamu ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

3. Gangguan Pencernaan

Penyebab anjing tidak mau makan selanjutnya adalah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan seperti diare, muntah, atau infeksi lambung dapat menyebabkan anjing tidak mau makan karena tidak nyaman atau sakit.

Anjing yang mengalami masalah pencernaan juga mungkin akan merasa kehilangan cairan dan elektrolit, yang dapat menyebabkan anjing merasa lemah atau tidak enak badan. Gangguan pencernaan yang terus-menerus juga dapat menyebabkan anjing kehilangan berat badan dan mengalami masalah nutrisi.

Untuk mengatasi masalah nafsu makan yang disebabkan oleh gangguan pencernaan, pertama-tama kamu perlu mencari tahu apa yang menyebabkan gangguan pencernaan pada anjing kamu.

Kemudian, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti memberikan anjing kamu makanan yang lebih mudah dicerna, memastikan bahwa anjing kamu mendapat cukup cairan, dan menghindari memberikan anjing kamu makanan yang dapat menyebabkan masalah pencernaan.

Jika kamu merasa bahwa gangguan pencernaan anjing kamu tidak dapat ditangani dengan cara-cara tersebut, sebaiknya bawa anjing kamu ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

4. Masalah Makanan

Anjing mungkin tidak suka dengan rasa atau tekstur makanan yang diberikan, atau mungkin memiliki alergi terhadap kandungan tertentu dalam makanan.

Anjing yang tidak suka dengan makanan yang diberikan mungkin akan menolak makan atau bahkan tidak mau makan sama sekali. Masalah dengan makanan juga dapat menyebabkan anjing mengalami masalah pencernaan seperti diare atau muntah.

Untuk mengatasi masalah nafsu makan yang disebabkan oleh masalah dengan makanan, pertama-tama kamu perlu mencari tahu apa yang tidak disukai anjing kamu tentang makanan yang diberikan.

Kemudian, kamu bisa mencoba memberikan anjing kamu makanan yang berbeda atau mencoba mencampurkan makanan baru dengan makanan yang disukai anjing kamu untuk melihat apakah itu membantu meningkatkan nafsu makannya. Jika kamu merasa bahwa masalah dengan makanan anjing kamu tidak dapat ditangani dengan cara-cara tersebut, sebaiknya bawa anjing kamu ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

5. Penyakit Onkologi

Penyakit onkologi seperti kanker dapat menjadi penyebab anjing tidak mau makan karena efek samping kemoterapi atau radioterapi, atau karena mereka merasa lemah atau tidak enak badan. Penyakit onkologi juga dapat menyebabkan anjing mengalami masalah pencernaan seperti diare atau muntah, yang juga dapat menyebabkan anjing tidak mau makan.

Untuk mengatasi masalah nafsu makan yang disebabkan oleh penyakit onkologi, pertama-tama kamu perlu membicarakan masalah ini dengan dokter hewan yang merawat anjing kamu. Dokter hewan kamu mungkin akan merekomendasikan obat-obatan yang dapat menstimulasi nafsu makan atau memberikan saran tentang cara meningkatkan nutrisi anjing kamu dengan cara lain, seperti dengan menyuntikkan diet cair dengan suntik atau memasukkan selang makan.

Jika kamu merasa bahwa masalah nafsu makan anjing kamu tidak dapat ditangani dengan cara-cara tersebut, sebaiknya bawa anjing kamu ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Baca juga: Ini Porsi Makanan yang Tepat Untuk Anjing Kesayanganmu

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab anjing tidak mau makan. Segera konsultasikan ke dokter hewan jika hal ini terjadi. Kamu bisa melakukan konsultasi dokter hewan secara online di aplikasi Hewania. Tersedia berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih.

Tunggu apalagi? Yuk download aplikasi Hewania dan jaga kesehatan hewan kamu!

Writer: Galih Primananda Mulyana

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!