bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Pup Kucing Hitam: Penyebab hingga Ciri-cirinya

February 8, 2023by Galih Primananda5

Pup kucing hitam adalah fenomena umum yang sering terjadi pada anak kucing dan kucing dewasa. Pup hitam dapat terjadi karena berbagai hal, seperti konsumsi makanan tertentu, infeksi saluran pencernaan, atau masalah kesehatan lainnya.

Dalam artikel ini, Hewania akan membahas tentang pup kucing hitam dan mengapa hal ini terjadi. Yuk simak sampi habis!

Faktor Penyebab Pup Kucing Hitam

Pup kucing hitam adalah hal yang umum dialami oleh anak kucing dan kucing dewasa. Hal ini bisa menjadi tanda masalah kesehatan, seperti infeksi saluran pencernaan, masalah hati, atau penyakit usus.

Konsumsi Makanan Tertentu: Beberapa jenis makanan, seperti daging berwarna gelap atau makanan yang mengandung banyak bahan pewarna, dapat menyebabkan pup kucing menjadi hitam.

Infeksi Saluran Pencernaan: Infeksi saluran pencernaan seperti diare atau infeksi usus dapat menyebabkan pup kucing menjadi hitam dan berbau tidak sedap.

Masalah Kesehatan: Masalah kesehatan seperti batu ginjal, masalah hati, atau penyakit usus dapat menyebabkan pup kucing menjadi hitam.

Ciri-ciri Pup Kucing Hitam

Pup kucing yang hitam tidak hanya ditandai oleh warnanya yang gelap, tapi juga dari konsistensinya. Berikut ini beberapa ciri-ciri pup kucing hitam:

  • Warna: pup kucing yang sehat biasanya berwarna cokelat gelap atau cokelat kehitaman, namun pup kucing hitam akan berwarna hitam pekat.
  • Bau: pup kucing hitam biasanya memiliki bau yang tidak menyenangkan dan berlebihan.
  • Konsistensi: pup kucing hitam biasanya lebih encer atau lebih keras daripada pup kucing yang sehat.

Untuk memastikan pup kucing kamu tetap sehat, sangat penting untuk memberikan makanan yang baik dan berkualitas, dan memastikan area BAB tetap bersih. 

Jangan biarkan pup kucing hitam menjadi masalah yang tidak teratasi, segera berkonsultasi dengan dokter hewan untuk memastikan kesehatan kucing kamu.

Dokter hewan akan melakukan tes dan pemeriksaan untuk menentukan penyebab pup hitam dan memberikan rekomendasi perawatan yang sesuai.

Kamu bisa melakukan konsultasi secara online di aplikasi Hewania, dengan berbagai pilihan dokter hewan yang bisa kamu pilih. Yuk download aplikasi Hewania sekarang juga!

Writer: Galih Primananda Mulyana

5 comments

  • Yunita

    March 28, 2023 at 10:35

    Hallo dokter,
    Kucing saya sedang minum obat antibiotik dan vitamin C, Krn bbrp hari lalu terserang radang tenggorokan, tapi kenapa pup nya jadi hitam pekat, bentuk normal/tidak diare, tidak berbau busuk, kondisi sekarang recovery sudah 2 hari, pertanyaan saya , kenapa pup nya jadi hitam dokter?

    Reply

    • drh. Eka Deandra Rahayu

      April 2, 2023 at 20:26

      Halo kak Yunita,
      Feces hitam dapat terjadi karena adanya kandungan zat besi pada makanan atau ada kandungan tertentu pada obat yang dapat menyebabkan feces menghitam. Dalam hal ini, karena hanya fecesnya saja yang hitam dan tidak ada gejala yang lain maka feces hitam tersebut tidak diakibatkan karena adanya perdarahan pada saluran cerna melainkan dari komposisi obatnya. Mungkin bisa dilihat terlebih dahulu obat apa yang diberikan oleh dokternya, karena ada beberapa obat yang mengandung senyawa kimia yang memang berwarna hitam. Perhatikan apakah feces hitam tersebut terus berlanjut setelah pemberian obat selesai atau tidak. Jika iya, segera konsultasikan hal ini ke dokter hewan di aplikasi Hewania atau bawa langsung ke klinik terdekat.

      Reply

      • Jovanka

        June 6, 2023 at 19:04

        Halo dok mau bertanya kucing saya kan diare udah saya kasih obat tapi sekarang pulnya warna hitam dan bau, badannya juga makin kurus itu penyebabnya apa ya dok??

        Reply

  • Christin Alim

    May 11, 2023 at 05:10

    Halo dok.. Kucing saya 2 hari ini pup nya hitam & mencret, bab nya jg jd lebih sering, terakhir makan ikan tongkol yg biasanya saya beli di pasar
    Harus diminumi apakah dok?
    Kondisi badan ok, maksunya tdk lemas/ndak mau makan, msh aktif spt biasa
    Unt makanan nya tingkol sdh saya stop

    Reply

  • Vira

    June 6, 2023 at 20:00

    Halo dokter
    kucing saya poop nya hitam waktu pertama encer dan setelahnya padat, cukup demam dan lemas, karena sempat muntah 3 kali, sebelumnya sempat minum obat Karna kakinya pincang, apakah poop hitam bisa terjadi karna saluran pencernaan nya ya dok?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!