bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Seberapa Penting Kolostrum untuk Anabul! Simak Penjelasannya!

June 19, 2023by HEWANIA0

Terdapat banyak sekali manfaat kolostrum bagi anabul anda. Kitten dan puppy yang baru lahir mempunyai sistem kekebalan yang sangat lemah. Oleh karena itu pemberian kolostrum sangat wajib untuk anabul anda. Kolostrum juga mempunyai banyak manfaat. Yuk kita simak pembahasan mengenai pengertian kolostrum, maanfaat kolostrum apa saja, kandungan kolostrum dan waktu pemberian kolostrum. 

Baca Juga: Semua yang perlu diketahui tentang Ringworm pada Kucing!

Apa itu Kolostrum? 

Kolostrum adalah Cairan kekuningan yang keluar pertama kali setelah melahirkan (kadang-kadang ada sebelum melahirkan). Kolostrum pertama ini sangat penting bagi anak-anak yang baru lahir. Kolostrum mengandung zat kekebalan tubuh (antibodi). Jika kolostrum habis indukan akan menghasilkan susu biasa. Proses transisi kolostrum ke susu induk akan terjadi di hari kedua dan ketiga masa menyusui. Jumlah sebenarnya kolostrum anjing dan kucing betina tidak diketahui. Kucing betina 4kg di perkirakan menghasilkan kolostrum sebanyak 160 ml/ hari. Dan anjing beagle 10 kg, diperkirakan menghasilkan kolostrum 270 ml/per hari. 

 

Apa Saja kandungan Kolostrum? 

Kolostrum mempunyai warna yang lebih kuning dan tekturnya lebih kental dibandingkan dengan susu induk. Kandungan kolostrum dihasilkan oleh sintesis dari epithelial mammary cells dan aliran darah induk. Dari segi kualitatif kolostrum memiliki konsentrasi protein yang lebih tinggi dari susu biasa. Kadar protein biasanya di antara 4%-13%, kadar karbohidrat di antara 1.7-2.3%, Selain itu kolostrum terdapat nutrisi lipid/lemak, Laktosa, kalsium, phosphor, energi dan Immunoglobulin (IgG, IgM dan IgA).

 

Kenapa pemberian kolostrum itu penting ?

Ketika Kitten dan puppy yang baru lahir susu induknya menyediakan antibodi untuk menyokong sistem pertahanan tubuhnya yang masi lemah. Namun pada saat di sapih pertahanan tubuh akan menurun dan akan mudah diserang penyakit. Oleh karena itu, pemberian kolostrum sangat penting. Berikut maanfaat pemberian kolostrum bagi puppy dan kitten;

  1. Meningkatkan immunitas tubuh pasca melahirkan, mengandung zat aktif seperti immunoglobulin (Ig). Ig berperan dalam melindungi kitten atau puppy dari berbagai serangan penyakit pada awal masa kehidupannya, 
  2. Kandungan nutrisi dalam kolostrum membantu metabolisme tubuh untuk tumbuh dan berkembang berbagai organ, termasuk sistem pencernaan, 
  3. Kolostrum alami menjaga keseimbangan bakteri baik dan buruk dalam usus untuk melindungi terhadap gangguan pencernaan dan membantu penyerapan nutrisi lebih optimal. 
  4. Membantu mengeluarkan feses pertama kali (mekonium).

 

Kapan pemberian Kolostrum? 

Usahakan agar kitten dan puppy menyusu pada puting susu induknya. Kenyataannya ada induk yang tidak mau menyusui anaknya,susu tidak keluar dan mati setelah melahirkan.  Anak tersebut tentu tidak mendapatkan kolostrum. Padahal 90-95% antibodi yang mereka butuhkan adanya kolostrum induk. Kolostrum harus dikonsumsi selama 8 jam pertama. Oleh karena itu, diberikan stimulasi pada anak yang baru lahir untuk segera menyusui. Jumlah rata-rata kolostrum yang harus di konsumsi puppy 1.3 ml/ 100g BB dalam 8 jam pertama. Sementara kitten jumlah kolosrum yang dikonsumsi 16 ml/100g BB/ hari. 

Yuk, konsultasikan mengenai Kesehatan anabul anda ke dokter hewan melalui aplikasi Hewania. Selain melalui aplikasi anda juga dapat melalukan konsultasi dengan dokter hewan di Hewania Vet Clinic. Klinik kami menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Sumber:

Maharani,A.D., dkk. 2022. Neonatologi pada anjing dan kucing. IPB Press, Bogor

Writer : drh. Mella Risky Prima 

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!