bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

6 Tanda-tanda Kucing Kamu Sudah Tua

August 25, 2023by Galih Primananda0

Tanda-tanda kucing kamu sudah tua dapat menjadi petunjuk penting bagi pemilik hewan peliharaan dalam memberikan perawatan yang sesuai dan memahami kebutuhan yang berubah seiring waktu. 

Ketika kucing memasuki fase senior dalam kehidupannya, ada beberapa perubahan fisik, perilaku, dan kesehatan yang mungkin menjadi tanda-tanda kucing telah memasuki usia tua. Memahami tanda-tanda ini dapat membantu pemilik kucing merespon dengan bijak, memastikan kesejahteraan kucing yang dicintai selama masa menua mereka.

Yuk ketahui beberapa tanda-tanda kucing kamu sudah tua pada artikel di bawah ini!

Berapa Umur Kucing yang Dikategorikan Sudah Tua?

Dilansir I Cat Care, kucing dianggap tua ketika mereka mencapai usia 11 tahun, sedangkan kucing senior didefinisikan sebagai kucing yang berusia antara 11-14 tahun dan kucing super senior berusia 15 tahun ke atas.

6 Tanda-tanda Kucing Kamu Sudah Tua

Dilansir dari Hills Pet, selain usia, kucing kamu juga akan mengalami berbagai macam perubahan ketika menua. Berikut ini beberapa tanda-tanda kucing kamu sudah tua:

1. Tidur Sepanjang Waktu atau Bahkan Tidak Tidur Sama Sekali

Jika kamu melihat kucing kamu tidur sepanjang waktu atau lebih nyenyak dari biasanya, hal ini mungkin mengindikasikan masalah kesehatan yang lebih serius. Sebaliknya, kucing yang lebih aktif di malam hari dan kurang tidur mungkin mengalami perubahan terkait usia. 

Kucing senior yang tiba-tiba tampak memiliki lebih banyak energi mungkin menderita hipertiroidisme. Ketika perubahan tidur yang signifikan ini terjadi, maka kamu harus segera membawa mereka ke dokter hewan.

2. Kebingungan

Jika kucing kamu bingung dengan tugas atau objek biasa yang biasa ia lakukan seperti mencari tempat tidur, maka bisa jadi mereka sudah menua. Selain itu, perilaku ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah kognitif yang lebih besar, 

3. Kesulitan Menaiki Tangga Atau Melompat

Artritis, atau radang sendi, sering terjadi pada kucing yang lebih tua. Meskipun kucing kamu mungkin tidak pincang atau menunjukkan tanda-tanda nyeri persendian yang jelas, kamu mungkin menyadari bahwa ia mengalami kesulitan yang lebih besar dibandingkan saat ia melompat ke kotak kotoran, menaiki tangga, atau melompat ke atas furnitur.

4. Penurunan atau Penambahan Berat Badan

Pada kucing yang lebih tua, penurunan berat badan bisa menjadi tanda adanya sejumlah masalah, mulai dari penyakit jantung dan ginjal hingga diabetes.

Kebutuhan makanan dan energi mereka dapat meningkat saat menua, dan berat badan mereka mungkin turun lebih cepat daripada. Di sisi lain, seiring bertambahnya usia kucing, metabolisme mereka melambat sehingga mereka tidak membutuhkan kalori sebanyak biasanya. 

5. Perubahan Perilaku

Apakah kucing kamu mengalami kecelakaan yang belum pernah terjadi sebelumnya? Apakah dia menghindari interaksi dengan manusia? Ini bisa merupakan tanda-tanda kucing mengalami gagal ginjal, ataupun mengalami gangguan mental.

6. Perubahan pada Bulu

Kucing senior biasanya akan menurunkan kebiasaan mereka dalam melakukan perawatan diri. Hal ini bisa jadi karena kesakitan akibat radang sendi atau masalah gigi. Hal ini akan membuat penampilan bulu mereka menjadi kusut ataupun lebih kusam dari biasanya.  

Apa yang Harus Dilakukan untuk Merawat Kucing Senior?

Membawa kucing senior ke dokter hewan adalah langkah yang sangat tepat dan penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraannya. 

Saat kucing mencapai usia senior, mereka menjadi lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan penuaan, seperti masalah jantung, ginjal, diabetes, dan gangguan fungsi organ lainnya. 

Dengan mengatur pemeriksaan rutin oleh dokter hewan, kamu dapat mendeteksi masalah kesehatan sejak dini dan mengambil tindakan yang diperlukan sebelum masalah tersebut menjadi lebih serius.

Jika kamu mencari tempat yang tepat untuk merawat kucing senior  kamu, Klinik Hewania adalah pilihan yang tepat untuk kamu!

Klinik Hewania menyediakan berbagai pilihan dokter hewan yang berkualitas, siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Klinik Hewania untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!