bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Tenang, ini cara menangani Anjing tersedak!

December 29, 2023by HEWANIA0

   Suara mengerikan yang datang dari anjing anda di malam hari yang hampir mengingatkan anda pada suara angsa yang membunyikan klakson saat tidur, dan hampir selalu diikuti dengan suara tersedak yang keras. Meskipun anjing tersedak bisa menjadi perilaku tidak berbahaya, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan waspadai agar anda tahu kapan saatnya mengunjungi dokter hewan.

 

Perbedaan antara anjing tersedak, batuk, dan muntah, dan mengapa penting

    Anjing tersedak adalah semacam deskripsi non ilmiah tentang suara yang biasanya dikeluarkan hewan sebelum atau sesudah batuk. Kedengarannya seperti mereka mencoba muntah sambil batuk. Ada perbedaan antara batuk, muntah dan anjing tersedak dan penting untuk bisa membedakan keduanya. Jika anda dapat merekam video perilaku tersebut ini akan membantu dokter hewan anda membedakan apa yang terjadi. Namun secara sederhana ketika seekor anjing batuk, hal ini tidak menimbulkan apa- apa, selain mungkin mengeluarkan air liur atau lendir, yang biasanya langsung tertelan. Saat anjing muntah, biasanya terlihat jelas karena makanan atau isi perutnya berceceran di lantai.

   Anjing tersedak biasanya terjadi bersamaan dengan batuk. Saat anjing tersedak, mereka mungkin membuka mulut lebar- lebar dan mengeluarkan suara seperti muntah- muntah. Namun berbeda dengan muntah, tidak ada yang keluar dari mulut anjing kecuali hanya sedikit lendir yang mungkin tertelan atau tidak. Dengan tersedak, isi lambung tidak akan keluar, seperti halnya muntah.

    Penting untuk memperhatikan apakah anjing anda batuk lalu muntah atau GAGS lalu batuk. Percaya atau tidak, itu penting. Bagi seorang dokter hewan, urutan kejadiannya kedua tindakan ini dapat membantu mereka menentukan jenis penyakit apa yang perlu mereka pertimbangkan. 

 

Apa penyebab anjing tersedak?

    Tersedak disebabkan oleh peradangan pada area laring. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan anjing muntah, dan seringkali memerlukan pemeriksaan dokter hewan untuk mengatasi masalahnya. Ketika seekor anjing batuk terlebih dahulu dan kemudian muntah, kita biasanya memikirkan masalah yang menyebabkan bronkitis dan penyakit pernapasan bagian bawah.  Ketika seekor anjing muntah terlebih dahulu dan kemudian batuk kita sedang mempertimbangkan hal- hal seperti disfungsi laring. 

   Dua hal umum yang dapat menyebabkan tersedak pada anjing adalah masalah infeksi dan kelumpuhan laring. 

   Batuk kennel  yang merupakan salah satu jenis infeksi pernapasan adalah penyebab umum anjing tersedak, yang mengakibatkan batuk yang keras seperti angsa, terkadang diikuti dengan muntah. Ada penyakit menular lain juga yang lebih parah seperti pneumonia terkadang juga dapat menyebabkan tersedak pada anjing. Kelumpuhan laring sering terjadi pada labrador retriever yang lebih tua. Pada kondisi ini, laring tidak lagi menutup dengan baik sehingga sebagian makanan dan cairan dapat mengakses saluran napas. Ciri lain dari kondisi ini adalah suara terengah- engah yang sangat keras dan keras. Kelumpuhan laring sering kali dimulai secara tidak kentara dan memburuk seiring berjalannya waktu. 

 

Kapan harus khawatir mengenai anjing tersedak?

    Sama seperti kita setiap anjing terkadang salah menelan dan mengalami batuk dan tersedak, jadi ini bukan masalah yang perlu segera dikhawatirkan. Jika hewan peliharaan anda segar, alert, bernapas normal, makan dan minum sesuai harapan, san tampak baik- baik saja maka anda harus memantau masalahnya selama 32- 72 jam. Jika tersedak berlangsung lebih lama dari ini, hal ini mungkin merupakan sesuatu yang lebih signifikan daripada sekedar reaksi kecil akibat kesalahan menelan. Jika ada gejala lain yang muncul anjing anda tampak khawatir atau tertekan, mengalami kesulitan bernapas, semakin sering mengeluarkan suara bising saat bernapas, atau merasa tidak enak badan. Saya akan merekomendasikan pemeriksaan sesegera mungkin. Setiap kali sistem pernapasan tidak berfungsi dengan baik, maka dokter hewan akan menyarankan untuk mengambil langkah untuk diagnosis.

 

Apa yang dapat dilakukan dokter hewan untuk menolong anjing tersedak?

    Dokter hewan anda mendiagnosis kondisi anjing anda secara terkini dalam kondisi yang lebih spesifik. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik secara lengkap, dokter hewan anda akan membutuhkan beberapa pemeriksaan lanjutan yang mungkin diperlukan. Kemudian dokter hewan anda akan memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan gejala tersedak anjing anda

Untuk menjaga kesehatan anabulmu konsultasikan secara rutin dengan Dokter Hewan! Anda bisa membawanya langsung ke Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!