bt_bb_section_bottom_section_coverage_image

Ternyata Anjing juga Bisa Sakit Gigi! Apa saja Gejalanya?

July 26, 2023by HEWANIA0

     Mungkin anda tidak akan menyangka bahwa anjing bisa mengalami sakit gigi. Dan jawabannya, memang betul kalau anjing bisa mengalami sakit gigi sama seperti pada manusia. Namun bedanya, sakit gigi pada anjing ini terkadang tidak anda sadari bahkan anjing pun terkadang tidak menunjukkan gejala yang jelas sedangkan jika anda mengalami sakit gigi tentu saja sudah meringis kesakitan. Sakit gigi pada anjing jika tidak mendapat pertolongan dapat menimbulkan abses pada mulut anjing. Bagaimana ya anjing bisa sakit gigi? Nah simak ulasan dibawah ini ya!.

Baca Juga: Rahang Anjing kamu mengunci rapat? Waspada Tetanus pada Anjing!

Sakit gigi pada anjing

    Sakit gigi pada anjing biasanya terjadi akibat adanya infeksi pada akar gigi. Sehingga biasanya disebut sebagai abses pada akar gigi. Abses pada akar gigi anjing terjadi akibat adanya kantung infeksi di sekitar akar gigi di bawah garis gusi. Biasanya terjadi akibat adanya bakteri yang masuk melalui gigi yang trauma atau patah. Abses akar gigi ini terasa menyakitkan dan dapat menyebabkan anjing berhenti makan atau bahkan tidak mau mengunyah mainan. Pada beberapa kasus akan muncul pembengkakan dibawah mata atau sepanjang rahang. 

 

Bagaimana anjing bisa sakit gigi?

Abses pada akar gigi terjadi akibat karena bakteri memasuki saluran akar gigi yang terbuka. Mahkota gigi yang sehat ditutupi oleh enamel.  Pada dasarnya enamel berfungsi untuk mencegah bakteri masuk ke dalam gigi. Sedangkan di bawah enamel terdapat jaringan keras gigi yang disebut sebagai dentin (mengandung 300- 400.000 tubulus yang berhubungan dengan bagian tengah gigi). Bagian tengah gigi tersebut terdapat pulpa yang berisi saraf, darah, jaringan limfatik yang berfungsi untuk memelihara kesehatan gigi. 

      Jika mahkota atau enamel mengelupas hingga terlihat dentin atau bahkan pulpa, maka bakteri akan dengan mudah masuk ke dalam bagian tengah gigi sehingga mudah terjadi infeksi. Pengelupasan atau bahkan patah pada gigi bisa terjadi akibat anjing sering mengunyah benda keras atau mungkin mainannya yang keras. Saat pulpa terjadi peradangan (pulpitis) hingga gigi mengalami kematian atau nekrosis akan terjadi infeksi bakteri yang jika dibiarkan lama kelamaan menyebabkan abses. Abses ini dapat bocor langsung ke rongga mulut (jika bagian yang terkena pada rahang bawah) atau ke bagian wajah (jika bagian yang terkena pada rahang atas). Kondisi ini tentu sangat menyakitkan untuk anjing anda. 

 

Penyebab abses pada akar gigi

    Penyebab abses pada akar gigi terjadi akibat infeksi pada ujung akar gigi yang terjadi akibat adanya bakteri. Penyebabnya antara lain :

  1. Bakteri yang masuk ke dalam retakan, mengelupas atau bahkan gigi berlubang sehingga menyebabkan pembengkakan di ujung akar. 
  2. Infeksi terjadi akibat adanya peradangan pada gusi (gingivitis) yang parah.
  3. Infeksi yang terjadi akibat penumpukan karang gigi besar yang menampung bakteri sehingga menyebabkan bau mulut.

    Gigi yang rentan mengalami infeksi atau abses akar gigi yaitu gigi carnassial. Pada anjing empat gigi carnassial tersebut yaitu 2 premolar bagian atas dan 2 molar pertama bawah. Semua anjing yang suka mengunyah memiliki resiko tinggi terkena abses akar gigi terutama pada gigi carnassial yang mengalami patah, retakan, mengelupas atau bahkan berlubang. 

 

Gejala saat anjing anda terkena abses pada akar gigi

Tidak semua anjing dengan abses pada akar gigi menunjukkan gejala atau tanda- tanda klinis. Namun beberapa gejala yang umum antara lain :

  1. Penurunan nafsu makan
  2. Halitosis atau bau mulut
  3. Kesulitan makan, biasanya hanya makan makanan lunak atau makan pada bagian satu sisi saja
  4. Kesulitan mengunyah makanan
  5. Sakit mulut
  6. Mengais- ngais pada wajah atau mulutnya
  7. Bengkak pada wajah atau bisa terlihat dibawah mata atau di rahang bawah
  8. Terdapat luka mengering di wajah atau di mulut
  9. Bengkak dan kemerahan pada gusi
  10. Keluar air liur 
  11. Ada gigi patah atau perubahan warna gigi
  12. Demam

 

Bagaimana pengobatannya?

    Abses akar gigi merupakan kondisi yang sangat menyakitkan dan perlu ditangani sesegera mungkin. Pengobatan akan dilakukan dengan pemberian antibiotik, dan antinyeri. Namun jika kondisi tidak membaik maka pembedahan perlu dilakukan untuk mencegah abses kembali datang. 

 

Pencegahan abses pada akar gigi

   Langkah- langkah pencegahan abses yang terbaik yaitu :

  1. Menjaga kesehatan gigi dengan rutin menggosok gigi anjing anda dua sampai tiga kali seminggu.
  2. Memberikan jenis pakan yang tepat dengan kibble yang sesuai untuk mengurangi akumulasi karang gigi dan membantu menjaga nafas hewan tetap bersih dan segar.
  3. Ajak anjing anda rutin melakukan dental cleaning dengan dokter hewan anda 

Jika anjing kamu mengalami gejala berikut, kamu bisa langsung konsultasi dengan dokter hewan di Hewania Vet Clinic karena kami siap memberikan perawatan terbaik untuk hewan peliharaan kamu. Klinik Hewania menawarkan berbagai jenis layanan, mulai dari pemeriksaan rutin hingga perawatan spesialis.

 

Jadi, tunggu apalagi? Segera buat janji dengan Hewania Vet Clinic untuk merawat hewan peliharaan kamu dan pastikan bahwa mereka mendapatkan perawatan yang terbaik.

Writer: drh. Ida Sukma Kuswardhani

Leave a Reply

hewania
appstore
playstore
Hewania HQ

PT Hewania Solusi Digital

Boulevard Elang Laut Blok D 50, Jl. Pantai Indah Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara 14470
+62 812 3000 9607
Anda Dokter Hewan?

Mari Berkolaborasi Mengedukasi Masyarakat Indonesia tentang Kesehatan Hewan!

Daftar Sekarang!